Kerugian Negara Dugaan Korupsi RSUD Praya Sebesar Rp1,7 Miliar

Sudah ada gambaran calon tersangka

Lombok Tengah, IDN Times - Kejaksaan Negeri Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah menghitung kerugian berdasarkan hasil pemeriksaan dan audit kerugian negara pada kasus dugaan korupsi dana Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Praya. Kerugian tercatat mencapai Rp1,7 miliar.

"Besar kerugian negara sementara didapatkan dari mark up harga Rp900 juta, potongan Rp850 juta dan suap Rp10-Rp15 juta," kata Kepala Kejaksaan Negeri Lombok Tengah, Fadil Regan Wahid seperti dilansir dari Antara pada Rabu (24/8/2022).

1. Direktur RSUD Praya diperiksa

Kerugian Negara Dugaan Korupsi RSUD Praya Sebesar Rp1,7 MiliarIlustrasi Koruptor (IDN Times/Mardya Shakti)

Fadil Regan Wahid mengatakan, kerugian negara yang ditemukan saat ini jauh lebih besar dari kerugian negara sebelumnya pada saat penyelidikan Rp750 juta. Sehingga pihaknya saat ini terus melakukan pendalaman dalam kasus tersebut dengan kembali melakukan pemeriksaan terhadap beberapa saksi yang terlibat.

"Hari ini kita kembali periksa Direktur RSUD Praya," katanya.

Baca Juga: Jaksa Periksa Petani Penerima Dana KUR di Lombok Timur

2. Ada 40 saksi

Kerugian Negara Dugaan Korupsi RSUD Praya Sebesar Rp1,7 MiliarIlustrasi KPK (IDN Times/Mardya Shakti)

Untuk tersangka dalam kasus tersebut telah ada gambaran, namun pihaknya belum bisa memberikan penjelasan lebih jauh untuk siapa tersangka yang terlibat dalam dugaan korupsi anggaran RSUD Praya.

Jumlah saksi yang telah diperiksa dalam kasus itu cukup banyak yakni sekitar 40 saksi, baik itu dari pihak RSUD Praya maupun pejabat di Pemerintah Daerah Lombok Tengah.

"Tersangka kita tunggu hasil pemeriksaan dulu. Yang jelas sudah ada kerugian negara berdasarkan hasil audit," katanya.

3. Tunggu hasil audit ahli

Kerugian Negara Dugaan Korupsi RSUD Praya Sebesar Rp1,7 MiliarIlustrasi uang (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Sebelumnya, Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Lombok Tengah, Bratha Hary Putra, mengatakan, hasil audit inspektorat akan menentukan langkah penyidik dalam penetapan tersangka pada kasus dugaan korupsi dana Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) pada RSUD Praya.

"Jadi, gambaran calon tersangka sudah ada, tetapi untuk pastinya kami menunggu hasil audit ahli," katanya.

4. Penghitungan libatkan auditor

Kerugian Negara Dugaan Korupsi RSUD Praya Sebesar Rp1,7 MiliarIlustrasi uang rupiah (IDN Times/Anggun Puspitoningrum).

Terkait dengan hasil hitung mandiri kejaksaan yang menemukan indikasi potensi kerugian negara sedikitnya Rp750 juta, Bratha mengaku bukti tersebut belum bisa menguatkan penyidik dalam penetapan tersangka.

"Itu makanya mengapa kami gunakan auditor, hasil dari kami (hitungan mandiri), belum cukup kuat," katanya.

5. Berkaitan dengan pungli

Kerugian Negara Dugaan Korupsi RSUD Praya Sebesar Rp1,7 Miliarilustrasi memberi dan menerima uang (IDN Times/Aditya Pratama)

Fadil Regan Wahid memastikan pihaknya mendapatkan gambaran calon tersangka berdasarkan hasil koordinasi terakhir dengan ahli. Peran tersangka dari kasus ini pun masih berkaitan dengan dugaan awal, yakni pungutan liar (pungli) dalam pengelolaan anggaran dari tahun 2017-2020.

"Kita tunggu hasil audit dari Inspektorat," katanya.

Baca Juga: Bos Honda Berharap Marc Marquez Fit untuk Tes Pra Musim MotoGP

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya