DLHK NTB akan Tanam Pohon Kayu Putih Seluas 40 Ribu Hektare

Merupakan ikhtiar untuk merehabilitasi hutan dan lahan

Mataram, IDN Times - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nusa Tenggara Barat (DLHK NTB) menargetkan penanaman pohon kayu putih seluas 40 ribu hektare sebagai upaya rehabilitasi hutan dan lahan (RHL) di wilayah itu. Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) NTB, Syamsuddin mengatakan, penanaman bibit kayu putih merupakan bagian dari rehabilitasi hutan dan lahan yang ada di provinsi ini.

"Penanaman 40 ribu hektare bibit pohon kayu putih ini merupakan target keseluruhan di tahun 2022 untuk rehabilitasi hutan dan lahan (RHL), termasuk menutupi lahan kritis yang ada di NTB," ujarnya seperti dikutip dari ANTARA pada Jumat (23/12/2022).

1. Dukung industrialisasi minyak kayu putih

DLHK NTB akan Tanam Pohon Kayu Putih Seluas 40 Ribu Hektareilustrasi minyak oles (gaearoyals.com)

Ia menjelaskan, penanaman bibit pohon kayu putih ini tidak hanya untuk rehabilitasi hutan dan lahan (RHL), namun juga ke depan diharapkan mendukung pengembangan industrialisasi hasil hutan bukan kayu berupa produk minyak kayu putih.

"Tapi untuk penanaman ini 40 ribu hektar tidak bisa kami lakukan sendirian, karena kemampuan finansial yang terbatas, sehingga kami menjalin kemitraan dengan pihak lain. Pengembangannya pun kami fokuskan di KPH-KPH, baik itu di hutan lindung maupun di kawasan yang sudah ada izinnya. Termasuk di lahan milik masyarakat dalam bentuk hutan rakyat," kata Syamsuddin.

Baca Juga: Dua Terdakwa Kredit Fiktif BPR Lombok Tengah Divonis Dua Tahun Penjara

2. Berharap tingkatkan PAD

DLHK NTB akan Tanam Pohon Kayu Putih Seluas 40 Ribu HektareIlustrasi Pohon Kayu Putih/Melaleuca Cajuputi (IDN Times/Sunariyah)

Syamsuddin mengatakan, dari hasil kunjungannya ke KPH Pelangan Tastura beberapa waktu lalu, tanaman Kayu Putih di kawasan tersebut sudah siap dipanen. Di sana sudah ada bantuan dari Menteri LHK berupa mesin pengolahan minyak kayu putih dan sudah berproduksi. Begitu juga di KPH Rinjani Barat sudah ada pabrik mini pengolahan minyak Kayu Putih dan aktivitas usaha tersebut telah menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Pemda.

Ia menjelaskan, di dalam RPJMD NTB dari tahun 2019 hingga tahun 2023 mendatang, target penanaman pohon untuk memperbaiki lahan kritis sebanyak 152 ribu hektar selama lima tahun. Namun lagi-lagi karena kondisi fiskal yang masih terbatas, sehingga perlu menjadi atensi bersama untuk menangani kawasan yang kritis ini.

3. Pohon jenis lain juga akan ditanam

DLHK NTB akan Tanam Pohon Kayu Putih Seluas 40 Ribu HektareIlustrasi pohon-pohon produktif (Dok. Google Image)

Misalnya dari anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) ditargetkan penanaman bibit pohon sebanyak 4.500 hektar, selanjutnya anggaran berasal dari perusahaan yang mengelola kawasan hutan melalui program Rehab DAS, para mitra Islamic Relief serta dari CSR perusahaan.

Meski demikian, lanjutnya tidak hanya dengan menanam pohon kayu putih, namun banyak jenis pohon keras yang ditanam untuk kebaikan lingkungan dan sekaligus untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

"Pohon kayu putih ini hampir di semua tempat cocok, bahkan di kawasan bebatuan. Cuma bagaimana kita meyakinkan masyarakat yang menggarap itu. Sebab dominan-nya sekarang kan tanaman semusim. Misalnya di Sumbawa bagian timur, kami harus meyakinkan masyarakat agar mereka beralih ke tanaman kayu putih atau kelor," katanya.

Baca Juga: Pentingnya Perempuan Memperhatikan Kesehatan Organ Reproduksinya

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya