25 Ribu Pengunjung Diperkirakan Ramaikan Event Bau Nyale di Mandalika

Event tahunan yang menarik banyak wisatawan

Mataram, IDN Times - Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat (Dispar NTB) memperkirakan lebih dari 25.000 warga akan meramaikan Festival Pesona Bau Nyale (menangkap cacing laut) di kawasan wisata Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah pada 10-11 Februari 2023.

Kepala Dispar NTB Jamaluddin Malady mengatakan, puncak Festival Pesona Bau Nyale 2023 akan berlangsung hari Jumat sampai Sabtu, 10-11 Februari yang dipusatkan di dua tempat, Pantai Seger dan Pantai Aan, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

"Untuk kegiatan Bau Nyale sendiri akan lebih banyak digelar di Pantai Seger lantaran diyakini nyale akan banyak keluar di sana pada hari Sabtu tersebut," ujar Jamaludin Malady seperti dikutip dari ANTARA pada Jumat (10/2/2023).

1. Sebelum pandemik, jumlah pengunjung lebih dari 25 ribu

25 Ribu Pengunjung Diperkirakan Ramaikan Event Bau Nyale di MandalikaTradisi Bau Nyale (Foto: kesiniaja.com)

Ia mengatakan, setelah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dicabut oleh pemerintah, diperkirakan jumlah masyarakat yang akan memadati Pantai Seger dan Aan akan semakin banyak. Diperkirakan lebih dari 25 ribu warga akan datang untuk menggelar Bau Nyale.

"Perkiraan ini muncul karena Festival Pesona Bau Nyale Tahun 2020 yang digelar sebelum pandemik dihadiri oleh sedikitnya 25 ribu masyarakat," ujar Jamaluddin Malady.

"Apalagi sekarang kami sudah bersurat kepada seluruh OPD agar ikut Bau Nyale. Ada imbauan Pak Gubernur supaya pemerintah, ASN itu memberi contoh kepada masyarakat," ujarnya lagi.

Baca Juga: Kronologis Kades di Lombok Diduga Minta Foto Bugil Istri Warganya

2. ASN juga digerakkan

25 Ribu Pengunjung Diperkirakan Ramaikan Event Bau Nyale di MandalikaIlustrasi ASN (https://radarmadura.jawapos.com/)

Dia menambahkan, dengan digerakkannya ASN Pemprov NTB di Festival Pesona Bau Nyale kali ini dalam rangka menggerakkan perekonomian masyarakat. Pelaku UMKM yang berjualan di lokasi Bau Nyale ini diharapkan mampu meraup keuntungan dari aktivitas ekonomi yang dilaksanakan.

"Sebab jika kegiatan itu sepi, tidak ada yang berbelanja. Kegiatan itu akan sukses jika ada multiplier effect-nya bagi masyarakat berjalan," katanya pula.

Rangkaian Festival Pesona Bau Nyale 2023 diselenggarakan mulai 4 Februari sampai dengan 1 Maret 2023. Dimulai dengan Pemilihan Putri Mandalika 4 Februari dan akan dinobatkan pada malam perayaan Pesona Bau Nyale pada 10 Februari oleh Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah yang mewakili pemerintah pusat.

"Jadi perbedaan Festival Pesona Bau Nyale tahun ini dengan sebelumnya yaitu kegiatan tahun ini rangkaian acaranya dilakukan setelah acara puncak sampai dengan menjelang WSBK Mandalika tanggal 3-5 Maret," katanya lagi.

3. Rangkaian festival bau nyale

25 Ribu Pengunjung Diperkirakan Ramaikan Event Bau Nyale di Mandalikainstagram.com/tengakarta

Rangkaian acara Festival Pesona Bau Nyale 2023 adalah atraksi peresean yang akan digelar 13-19 Februari di Pantai Kuta Mandalika. Kemudian Festival Pesona Bau Nyale akan ditutup dengan Mandalika Fashion Carnival yang akan digelar 1 Maret 2023.

"Ini juga menjadi momentum pembuka untuk menyambut wisatawan dan pembalap yang akan mengikuti WSBK Mandalika," ujarnya lagi.

Di Pantai Aan akan ditampilkan talenta-talenta berbakat dari NTB yang akan tampil dengan lagu-lagu menarik, penampilan tari kolosal mengenai legenda Putri Mandalika dan Penobatan Putri Mandalika 2023.

Sedangkan di Pantai Seger akan ditampilkan ragam budaya khas Suku Sasak, mulai dari pertunjukan teater, Betandak, musik Cilokak, Maos Aksara Lontar, dan pertunjukan wayang kulit.

Baca Juga: Isu Penculikan Anak, Kades dan Sekdes di Lombok Dikenai Wajib Lapor 

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya