WSBK 2023, Xplorin Gaet 3 Agensi Tarik Penonton Asia dan Eropa

Penonton WSBK Mandalika didominasi masyarakat lokal

Lombok Tengah, IDN Times - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) melalui anak usahanya PT. ITDC Nusantara Xplorin menyiapkan strategi baru untuk penjualan tiket World Superbike (WSBK) 2023 yang akan digelar pada bulan Maret tahun depan. PT. ITDC Nusantara Xplorin bekerja sama dengan tiga agensi penjualan tiket luar negeri untuk menarik penonton WSBK dari Asia dan Eropa.

"Kita ada strategi-strategi baru. Kalau untuk menarik penonton luar negeri mungkin strateginya, saat ini kita ada kerja sama dengan tiga agensi luar negeri. Dan kita memang menyerahkan ke mereka. Mereka mau menjualnya ke Asia atau Eropa," kata Head of Corporate Secretary PT ITDC Nusantara Xplorin Norman Haka dikonfirmasi IDN Times, Senin (14/11/2022).

1. Kepanjangan tangan Xplorin jual tiket di luar negeri

WSBK 2023, Xplorin Gaet 3 Agensi Tarik Penonton Asia dan EropaHead of Corporate Secretary PT ITDC Nusantara Xplorin Norman Haka. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Namun Norman tak menyebutkan tiga agensi penjualan tiket luar negeri tersebut. Tetapi, tiga agensi itu akan menjadi perpanjangan tangan Xplorin untuk memaksimalkan penjualan tiket WSBK Mandalika 2023 kepada penonton yang berasal dari Asia dan Eropa.

"Mereka bilang pasarnya ada di Asia kemudian ada beberapa di Eropa. Tiga agensi inilah yang akan menjadi kepanjangan tangan kita untuk menjual tiket WSBK di luar negeri," terangnya.

Setelah gelaran WSBK Mandalika 2022, sekitar 3,5 bukan lagi balapan Superbike kembali digelar di Sirkuit Mandalika. WSBK Mandalika 2023 masuk seri kedua di awal bulan Maret setelah seri pembuka di Sirkulit Philip Island, Australia pada bulan Februari.

Baca Juga: Jumlah Penonton WSBK di Mandalika Melampaui Donington Park Inggris 

2. Penonton WSBK Mandalika didominasi masyarakat lokal

WSBK 2023, Xplorin Gaet 3 Agensi Tarik Penonton Asia dan EropaPenonton WSBK Mandalika memadati tribun merah putih pada final race WSBK Mandalika, Minggu (13/11/2022). (dok. MGPA)

Dalam gelaran WSBK Mandalika 2022, jumlah penonton mencapai 51.629 orang berdasarkan hitung-hitungan Dorna Sports setelah event berakhir pada Minggu (13/11/2022). Menurut Norman, terjadi peningkatan penjualan tiket yang cukup signifikan menjelang final race WSBK Mandalika 2022.

Dari jumlah penonton yang mencapai lebih dari 51.000 orang, sebagian besar merupakan masyarakat lokal NTB. Untuk itu, pada gelaran WSBK Mandalika 2023, pihaknya akan mengoptimalkan penonton dari luar NTB dan luar negeri melalui sejumlah strategi baru yang telah dipersiapkan.

"Kita cukup happy dengan feedback Dorna. Hitungan mereka lebih dari 51.000 penonton. Dorna melihat penonton sangat antusias. Mereka juga cukup takjub. Penonton di hari kedua memang agak sedikit. Tapi begitu hari ketiga ternyata yang nonton banyak banget," ungkap Norman.

3. Hari pertama dan kedua WSBK Mandalika sepi penonton

WSBK 2023, Xplorin Gaet 3 Agensi Tarik Penonton Asia dan EropaPemeriksaan penonton WSBK Mandalika sebelum masuk royal box . (IDN Times/Muhammad Nasir)

Dibandingkan dengan gelaran WSBK di negara lain, kata Norman bahwa memang penonton pada hari pertama dan kedua di Sirkuit Mandalika agak sepi. Namun, ia mengatakan bukan berarti tidak ada yang menonton.

"Kalau di negara lain memang hari pertama free practice tidak terlalu ramai. Hari keduanya cukup ramai tapi tak sesepi di Mandalika. Tapi kita gak bilang sepi itu artinya kosong," terangnya.

Untuk itu, pihaknya akan meningkatkan lagi kerja sama dengan Pemprov NTB supaya penonton WSBK Mandalika 2023 semakin ramai di hari pertama, dan kedua. Selain menjual tiket secara online dan offline, pihaknya juga melakukan direct selling.

"Strategi kita akan lebih banyak lagi kerja sama. Nanti mungkin ada beberapa strategi untuk menginprove dari hasil yang sekarang. Mungkin kerja sama dengan Pemda, Pemprov NTB dan swasta," tandasnya.

Baca Juga: Pembalap Veda Ega Pratama Tampil Perkasa di Sirkuit Mandalika 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya