Comscore Tracker

Uni Eropa Melalui Hivos Gelar Hari Pasar Pertanian di Jogja hingga NTB

Tingkatkan akses peluang pasar baru bagi masyarakat rentan

Mataram, IDN Times - Uni Eropa melalui proyek ACTION (Active Citizens Building Solidarity and Resilience in Response to COVID-19) atau Warga aktif membangun solidaritas dan ketahanan dalam merespons COVID-19 menggelar Hari Pasar Pertanian (Urban Farming Market Day) di Kota Yogyakarta, Senin (13/6/2022). Hari Pasar Pertanian juga digelar hingga Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Acara ini diselenggarakan oleh Yayasan Hivos dalam rangka mendukung ketahanan pangan keluarga prasejahtera dan terpinggirkan. Dengan cara meningkatkan akses kepada pendapatan melalui peningkatan akses terhadap peluang pasar baru.

1. Eksplorasi peluang pasar baru

Uni Eropa Melalui Hivos Gelar Hari Pasar Pertanian di Jogja hingga NTBHari Pasar Pertanian di Kota Yogyakarta. (Dok. Istimewa)

Direktur Eksekutif ad Interim Hivos, Michel Farkas dalam keterangan yang diterima IDN Times, Rabu (15/6/2022) mengatakan Hari Pasar Pertanian Perkotaan yang diselenggarakan adalah cerminan dari keyakinan terhadap manusia tanpa batas (People Unlimited). Yang berakar pada bentuk determinasi individu dan kepemilikan lokal untuk memberikan dampak jangka panjang.

Melalui kegiatan yang diselenggarakan Proyek ACTION, Michael berharap dapat mendorong kelompok pertanian perkotaan serta pemilik UMKM lokal yang terlibat untuk dapat memasarkan produk mereka dan mengeksplorasi peluang pasar baru. Sehingga memungkinkan masyarakat rentan dalam mengakses ketahanan pangan bagi keluarga mereka serta dalam rangka pemberdayaan masyarakat daerah.

Baca Juga: Khabib Investasi Rp400 Miliar Bangun Resort Terapung di Lombok

2. Promosikan produk petani lokal dan rumah tangga kelompok rentan

Uni Eropa Melalui Hivos Gelar Hari Pasar Pertanian di Jogja hingga NTBHari Pasar Pertanian di Kota Yogyakarta. (Dok. Istimewa)

Hari Pasar Pertanian merupakan rangkaian acara untuk mempromosikan produk yang dihasilkan oleh petani lokal, UMKM pertanian, serta rumah tangga kelompok rentan. Mereka yang telah menerima rangkaian peningkatan kapasitas dalam meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mengenai pertanian perkotaan, perencanaan produksi pangan, dan akses pasar.

Selain itu, acara tersebut juga merupakan penanda dimulainya rangkaian acara Hari Pasar Pertanian yang akan diselenggarakan di wilayah lain seperti di Kabupaten Bogor, Kabupaten Lombok Timur, dan Kota Makassar pada 11-17 Juni 2022.

Di lokasi kegiatan, pengunjung dapat menemukan berbagai macam makanan segar, produk makanan olahan, maupun kerajinan buatan lokal yang diproduksi dengan dukungan dari Proyek ACTION. Bahan makanan segar seperti sayuran juga tersedia untuk dibeli oleh seluruh pengunjung.

Diselenggarakan di RTHP (Ruang Terbuka Hijau Publik ) Tinalan, beberapa langkah dari lokasi kebun percontohan pertanian perkotaan yang didirikan oleh Proyek ACTION di Kelurahan Prenggan. Acara ini mengundang pengunjung untuk dapat berkeliling kebun, belajar mengenai ilmu dasar bertani, dan secara langsung memanen sayuran yang ditanam oleh komunitas setempat.

Sebagai bentuk tindak lanjut dari rangkaian kegiatan pengembangan kapasitas pertanian perkotaan, melalui dana hibah dari Uni Eropa. Proyek ACTION berupaya menghubungkan kelompok masyarakat prasejahtera dan termarjinalkan kepada komunitas usaha pangan lokal.

3. Ruang fasilitasi penjajakan kolaborasi petani dengan pengusaha

Uni Eropa Melalui Hivos Gelar Hari Pasar Pertanian di Jogja hingga NTBBendera Uni Eropa dan beberapa bendera anggota dari Uni Eropa. (Pixabay.com/Dusan_Cvetanovic)

Seiring dengan meningkatnya minat inisiatif pertanian perkotaan di Yogyakarta, Hari Pasar Pertanian juga menjadi ruang fasilitasi penjajakan kolaborasi petani kota dengan pengusaha UMKM pangan, pedagang pasar segar, dan eksplorasi pasar online. Sebagai wadah masyarakat untuk memenuhi ketahanan pangan keluarga serta membuka akses terhadap peluang pasar baru.

Di lain sisi, pembeli dapat menemukan produk-produk pangan dan pertanian berkualitas yang dihasilkan oleh komunitas binaan Proyek ACTION. Hari Pasar Pertanian Perkotaan di Kota Yogyakarta dihadiri oleh perwakilan pemerintah daerah, media, serta warga setempat.

Perwakilan calon pembeli,seperti perwakilan kelompok UMKM pangan dan pertanian daerah juga diundang sebagai bagian dari komitmen Proyek ACTION dalam menghubungkan kelompok rentan terhadap dukungan yang berkelanjutan dalam meningkatkan akses pasar.

Uni Eropa adalah kesatuan ekonomi dan politik antara 27 negara anggota dengan populasi 470 juta. Bersama-sama, mereka telah membangun zona yang stabil, berlandaskan demokrasi dan pembangunan berkelanjutan sambil mempertahankan keanekaragaman budaya, toleransi dan kebebasan individu.

Pada tahun 2012, Uni Eropa dianugerahi Penghargaan Nobel Perdamaian karena upayanya dalam menjunjung perdamaian, rekonsiliasi, demokrasi dan hak asasi manusia di Eropa. Uni Eropa adalah blok perdagangan terbesar di dunia dan merupakan sumber dan tujuan investasi langsung asing terbesar di dunia.

Secara kolektif, Uni Eropa dan Negara-negara Anggotanya adalah donor terbesar untuk Bantuan Pembangunan Resmi (ODA) dengan menyediakan lebih dari setengah ODA secara global. 27 negara anggota Uni Eropa (dalam urutan protokol) adalah: Belgia, Bulgaria, Republik Ceko, Denmark, Jerman, Estonia, Irlandia, Yunani, Spanyol, Perancis, Kroasia, Italia, Siprus, Latvia, Lituania, Luksemburg, Hongaria, Malta, Belanda, Austria, Polandia, Portugal, Romania, Slovenia, Slovakia, Finlandia dan Swedia.

Baca Juga: 28.252 Ternak Terpapar PMK di Lombok, 108 Ekor Dipotong Paksa 

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya