Spesialis Pencuri HP Turis Asing di Gili Trawangan Ditangkap Polisi 

Pelaku bekerja sebagai pedagang jagung di Gili Trawangan

Lombok Utara, IDN Times - Anggota Polsubsektor Gili Indah bersama Anggota Pam Obvit serta Anggota Polsek Pemenang berhasil mengamankan terduga pelaku pencurian handphone (HP) di Dusun Gili Trawangan Desa Gili Indah Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB). Penangkapan dilakukan pada Selasa (16/05/2023).

Terduga pelaku inisial MR (25) asal Desa Sangkong Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah yang bekerja sebagai pedagang jagung di Gili Trawangan. Terduga pelaku merupakan spesialis pencurian HP milik turis asing dan daftar pencarian orang (DPO) di Polres Lombok Tengah dalam kasus pencurian perahu.

1. Berawal dari laporan turis asing asal Jerman

Spesialis Pencuri HP Turis Asing di Gili Trawangan Ditangkap Polisi Seorang wisatawan berkeliling Gili Trawangan menggunakan sepeda di Gili Trawangan beberapa waktu lalu. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Kasat Reskrim Polres Lombok Utara I Made Sukadana menjelaskan penangkapan terduga pelaku berawal dari laporan turis asing asal Jerman bernama Rafael Thomas (28) bersama pacarnya ke Pos Polisi Pam Obvit di Gili Trawangan. Korban melaporkan kehilangan HP dan barang milik pribadinya.

"Korban menaruh HP dan barang bawaannya dalam tas pribadi di pinggir pantai saat berenang. Berselang sekitar 10 menit kemudian barang tersebut sudah tidak berada di tempatnya atau hilang," kata Made Sukadana.

Baca Juga: Kasus COVID-19 di NTB Naik, Tercatat 46 Kasus Aktif 

2. Posisi HP korban berhasil dilacak

Spesialis Pencuri HP Turis Asing di Gili Trawangan Ditangkap Polisi ilustrasi lacak HP dengan Find My Device (pixabay.com/Rawpixel)

Atas peristiwa tersebut, polisi langsung melacak posisi HP korban dengan cara tracking menggunakan iCloud akun iPhone milik korban. Setelah dilakukan tracking, polisi mengetahui posisi HP milik korban masih berada di Gili Trawangan.

Kemudian sekitar pukul 10.00 Wita, personel Polsek Pemenang dan Polsubsektor Gili Indah bersama korban menuju lokasi tempat posisi HP terlacak di kos-kosan dekat Koperasi Janur Indah yang terletak di sebelah lapangan bola Gili Trawangan. Tiba di lokasi, dilakukan pengecekan di kamar milik terduga pelaku MR. Polisi menemukan 5 jenis HP dengan merek yang berbeda.

3. Diamankan ke Polsek Pemenang

Spesialis Pencuri HP Turis Asing di Gili Trawangan Ditangkap Polisi Ilustrasi borgol. (IDN Times/Mardya Shakti)

Made Sukadana mengatakan terduga pelaku diamankan beserta barang bukti ke Polsek Pemenang. Barang bukti yang ditemukan berupa 1 buah charger dan headset, 1 buah kacamata, uang tunai Rp1 juta dan 5 buah HP. Antara lain, 2 buah HP milik korban merek IPhone 12 dan IPhone 11 serta 3 buah HP masih diamankan di Polsek Pemenang untuk dilakukan penyelidikan dan pengembangan kasus lebih lanjut.

"Mengingat terduga pelaku MR merupakan DPO Polres Lombok Tengah, maka penanganan perkaranya akan dikoordinasikan dengan Satreskrim Polres Lombok Tengah," kata Made Sukadana.

Baca Juga: Wagub NTB: Pabrik Bata Plastik Pertama di Asia Pasifik Beroperasi Juni

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya