Sirkuit Bintan Dibangun, Balap Formula 1 Batal Digelar di Mandalika? 

Sirkuit Mandalika khusus untuk MotoGP

Mataram, IDN Times - Perhelatan balap Formula 1 kecil kemungkinan akan digelar di Sirkuit Mandalika. Saat ini, Sirkuit Formula 1 akan dibangun di Bintan, Provinsi Kepulauan Riau.

Pembangunan Sirkuit Formula 1 Bintan rencananya akan dilakukan grounbreaking oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada bulan ini. Sehingga tahun depan di-launching balap Formula 1 2023.

1. Sirkuit Mandalika khusus untuk MotoGP

Sirkuit Bintan Dibangun, Balap Formula 1 Batal Digelar di Mandalika? Pembalap Repsol Honda Team Marc Marquez memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 1 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan Sirkuit Mandalika akan dikhususkan untuk gelaran MotoGP. Sementara, balap roda 4 seperti Formula 1 akan disiapkan di Bintan Kepulauan Riau.

"Mandalika itu spesial untuk MotoGP. Sementara balap roda empat F1 itu ada di Bintan. Agar pariwisata melebar di seluruh Tanah Air," kata Bamsoet dikonfirmasi usai melantik pengurus IMI NTB periode 2022 - 2026 di Mataram, Sabtu (28/5/2022).

Baca Juga: Bang Zul Nilai Raffi Ahmad Pantas Dicalonkan PKS di Pilpres 2024

2. Groundbreaking Sirkuit Formula 1 Bintan

Sirkuit Bintan Dibangun, Balap Formula 1 Batal Digelar di Mandalika? Ketua Umum IMI Pusat Bambang Soesatyo (IDN Times/Muhammad Nasir)

Bamsoet mengungkapkan pada bulan ini, groundbreaking pembangunan Sirkuit Formula 1 Bintan akan dilakukan. Groundbreaking pembangunan Sirkuit Formula 1 Bintan rencananya akan dilakukan Presiden Jokowi.

"Kalau Mandalika untuk sirkuit MotoGP, berikutnya dengan agenda balap yang telah disusun IMI bersama ITDC dan MGPA tahun ini paling tidak ada 2 atau 3 event lagi yang akan digelar di Mandalika," terangnya.

Pembangunan Sirkuit Formula 1 Bintang direncanakan selama 8 bulan. Jika groundbreaking dilakukan bulan ini, maka pada tahun depan sudah siap menggelar balap Formula 1.

"Kita akan launching tahun depan untuk seri F1 2023. Tidak ada dana pemerintah yang masuk di Bintan. Seluruhnya swasta dan PMA (penanaman modal asing)," tuturnya.

3. Jokowi diberikan anugerah bapak otomotif Indonesia

Sirkuit Bintan Dibangun, Balap Formula 1 Batal Digelar di Mandalika? Presiden Jokowi berikan trofi ke juara MotoGP Mandalika 2022, Miguel Oliveira (dok. Setpres)

Bamsoet menyatakan NTB baru saja berhasil mengukir sejarah di dunia otomotif dengan suksesnya gwlaran MotoGP Maandalika pada 18 - 20 Maret lalu. Event balap motor bergengsi di dunia itu diklaim ditonton 1,6 miliar orang di seluruh penjuru dunia.

Selain itu, mampu mendorong pertumbuhan ekonomi NTB bahkan berimbas ke Bali dalam jumlah signifikan di tengah pandemik Covid-19. Ia mengatakan Presiden Jokowi cukup antusias dalam pengembangan olahraga otomotif.

Sehingga cukup beralasan IMI menganugerahkan Jokowi sebagai bapak otomotif Indonesia. "Karena gagasan beliau mendorong Mandalika dengan dibangunnya sirkuit maka hampir seluruh daerah berlomba-lomba untuk punya sirkuit. Jadi mereka iri dengan NTB," ucap Ketua MPR RI ini.

Baca Juga: Polisi Bongkar Sindikat Narkoba Antar-provinsi di Lombok 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya