Simak! Ada 4 Pos Penyekatan Penonton saat Gelaran MXGP Samota 

Tak punya tiket, langsung diputar balik

Mataram, IDN Times - Dinas Perhubungan (Dishub) bersama Ditlantas Polda NTB akan melakukan penyekatan bagi masyarakat yang akan menuju Sirkuit MXGP Samota di Kabupaten Sumbawa Provinsi NTB. Petugas Dishub dan polisi akan melakukan pemeriksaan pada 4 pos penyekatan menuju Sirkuit MXGP Samota.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Provinsi NTB Chairy Chalidyanto dalam keterangannya, Sabtu (18/6/2022) menjelaskan rekayasa lalu lintas kendaraan menjadi sangat perlu dilakukan pengaturan saat event MXGP digelar untuk mengurangi kemacetan. Mengingat lokasi MXGP memiliki ruas jalan yang terbatas di kawasan Samota.

1. Pembatasan kendaraan menuju Sirkuit MXGP

Simak! Ada 4 Pos Penyekatan Penonton saat Gelaran MXGP Samota Rocket Motor Circuit MXGP Samota (Dok. Diskominfotik NTB)

Chairy mengatakan akan dilakukan pembatasan-pembatasan kendaraan yang menuju lokasi perhelatan MXGP Samota. Karena masyarakat atau penonton sudah diimbau jauh-jauh sebelumnya agar menggunakan kendaraan roda dua.

Dikatakan, tidak semua orang bisa masuk menuju jalan raya Samota apalagi menuju sirkuit. "Kita melakukan pembatasan ini guna meminimalisir terjadinya kemacetan," jelasnya.

Baca Juga: Ternyata ini Alasan Kadisnakeswan NTB Dimutasi saat PMK Merebak

2. Siapkan shuttle bus

Simak! Ada 4 Pos Penyekatan Penonton saat Gelaran MXGP Samota Ilustrasi bus antar kota. (dok. DAMRI)

Bagi penonton yang tidak bisa menggunakan sepeda motor, akan disiapkan shuttle bus di Pelabuhan Badas dan Terminal Sumer Payung. Sehingga bagi penonton yang berasal dari luar Sumbawa bisa memanfaatkan shuttle bus yang telah disediakan agar memudahkan akses masuk ke kawasan sirkuit.

Begitu juga dengan masyarakat atau penonton dari Sumbawa dan sekitarnya, mereka bisa memanfaatkan shuttle bus yang telah disiapkan. "Kendaraan bisa parkir di area pelabuhan dan terminal, setelah itu mereka nanti akan diangkut menggunakan bus medium untuk diantar langsung ke sirkuit," imbuhnya.

3. Petugas siaga di pos penyekatan

Simak! Ada 4 Pos Penyekatan Penonton saat Gelaran MXGP Samota Ilustrasi pengaturan lalu lintas (ANTARA FOTO/Rahmad)

Chairy menambahkan para petugas akan mengatur lalu lintas di pertigaan Jalan Raya Samota, alan masuk Jembatan Samota, depan Sirkuit MXGP Samota, dan Jembatan Penyaring.

"Itu semua sebagai tempat pos penyekatan bagi kendaraan roda 4 dan 2 yang tidak memiliki tiket. Yang jelas bagi yang tidak memiliki tiket kita minta putar balik," tegasnya.

Pada setiap pos penyekatan melibatkan TNI dan Polri termasuk Satpol PP dan Pramuka.
Sementara itu, Dirlantas Polda NTB Kombes Pol Djoni Widodo mengatakan event MXGP adalah sesuatu yang baru. Pihaknya mengubah skema paparan berkali-kali. Misalnya titik shuttle bus awalnya berada di lima titik, namun mengerucut ke tiga dan sekarang menjadi dua titik saja yaitu di Terminal Sumer Payung dan Pelabuhan Badas.

Kemudian yang menjadi konsentrasi persiapan Ditlantas Polda dan jajaran yaitu terkait dengan penyekatan pengguna jalan yang mengarah ke lokasi MXGP Samota.

“Bagaimana menyekat di 4 titik seperti di Poto Tano, Pelabuhan Badas, Bandara Sultan Kaharuddin dan wilayah Dompu yang menuju Sumbawa. Kemudian bagaimana memberikan akses stiker dan non stiker. Dengan memiliki modal pengalaman di WSBK dan MotoGP sehingga itulah yang akan kita terapkan saat MXGP,” kata Djoni.

Baca Juga: Kronologis Lengkap Tenggelamnya Kapal TKI Ilegal Asal NTB di Batam 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya