Siap-siap! Pemprov NTB Buka Lowongan 4.062 Formasi ASN 2022 

Formasi tenaga guru PPPK tidak melalui seleksi

Mataram, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB akan segera membuka penerimaan calon Aparatur Sipil Negara (ASN) 2022. Pemprov NTB telah menerima kuota atau jatah penerimaan calon ASN dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) sebanyak 4.062 formasi.

"Sesuai keputusan Menteri PAN-RB, kebutuhan ASN lingkup Pemprov NTB tahun 2022 sebanyak 4.062 formasi," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi NTB Muhamad Nasir dikonfirmasi di Mataram, Rabu (14/9/2022).

1. Rincian formasi penerimaan calon ASN Pemprov NTB 2022

Siap-siap! Pemprov NTB Buka Lowongan 4.062 Formasi ASN 2022 Kepala BKD NTB Muhammad Nasir. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Nasir menjelaskan dari 4.062 formasi yang diperoleh Pemprov NTB dari Kemen PAN-RB, hanya untuk lowongan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Sedangkan untuk lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), tidak ada formasi yang didapatkan.

Ia menjelaskan antara PPPK dan CPNS, semuanya adalah ASN. Adapun rincian 4.062 formasi PPPK yang diperoleh Pemprov NTB, terdiri dari tenaga guru 3.412 formasi, tenaga kesehatan 446 formasi dan tenaga teknis 204 formasi.

"Kalau usulan kita kemarin untuk formasi PPPK sebanyak-banyaknya, CPNS sekitar 300 formasi tapi tak keluar. Formasi yang diperoleh sekarang PPPK semua," ungkap Nasir.

Baca Juga: Tuan Rumah PON 2028, NTB akan Miliki Stadion Besar Kelas Dunia 

2. Seleksi sekitar bulan Oktober dan November

Siap-siap! Pemprov NTB Buka Lowongan 4.062 Formasi ASN 2022 Ilustrasi CPNS (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Terkait jadwal pendaftaran dan seleksi, Nasir mengatakan pihaknya masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari Kemen PAN-RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Namun, ia memperkirakan seleksi ASN 2022 ini akan dimulai sekitar bulan Oktober dan November mendatang.

Kemen PAN-RB dan BKN menargetkan SK pengangkatan ASN atau PPPK tahun 2022 terbit pada Januari 2023."Direncanakan SK pengangkatan ASN terbit Januari 2023. Cuma permasalahan kita di darah sama-sama tahu soal keterbatasan anggaran. Kalau banyak anggaran, cepat selesai," katanya.

3. Khusus formasi tenaga guru tidak dilakukan seleksi

Siap-siap! Pemprov NTB Buka Lowongan 4.062 Formasi ASN 2022 Pppk Guru

Dalam rekrutmen ASN 2022, lanjut Nasir, khusus untuk formasi tenaga guru tidak melalui seleksi. Nantinya, hanya akan dilakukan perangkingan guru honorer yang lulus passing grade pada saat seleksi Guru PPPK 2021.

Untuk itu, pihaknya akan melibatkan kepala sekolah, Kantor Cabang Dinas (KCD) Dikbud kabupaten/kota dan Dinas Dikbud NTB. Sementara untuk rekrutmen tenaga kesehatan dan tenaga teknis akan tetap melalui seleksi sama persis dengan tes CPNS.

Baca Juga: 3 Mahasiswa NTB Jadi Delegasi Indonesia pada Simulasi Sidang PBB 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya