Comscore Tracker

Selain MotoGP, Mobil Pembalap F1 juga Akan "Ngaspal" di Mandalika

Sirkuit penuhi syarat, tinggal negosiasi commitment fee

Mataram, IDN Times - Perwakilan penyelenggara balapan Formula One (F1), Mr. Gerwin Beran telah meninjau Sirkuit Mandalika. Dia menyatakan Sirkuit Mandalika telah memenuhi syarat untuk gelaran balapan jet darat.

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah menyatakan Sirkuit Mandalika lebih dari siap untuk menjadi lokasi gelaran F1. Saat ini yang perlu dibahas terkait commitment fee untuk penyelenggaraan F1 di Sirkuit Mandalika.

"Sangat besar kemungkinan F1 di Mandalika," kata Geran dikonfirmasi usai bertemu Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Senin sore (14/2/2022).

1. Penyelenggara F1 sebut Sirkuit Mandalika cantik dan indah

Selain MotoGP, Mobil Pembalap F1 juga Akan Ngaspal di MandalikaPerwakilan penyelenggara F1 Mr. Gerwin Geran bertemu Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Senin (14/2/2022) (Dok. Diskominfotik NTB)

Setelah meninjau Sirkuit Mandalika, Beran mengungkapkan sirkuit tersebut sangat indah dan cantik. Ia sependapat dengan Dorna Sports sebagai penyelenggara MotoGP yang menyebut Sirkuit Mandalika terindah di dunia.

"MotoGP senang, itu sirkuit terindah di dunia. Formula 1 juga senang. Sirkuit Mandalika sangat cantik dan indah. Mandalika mantap," ungkap Geran.

Baca Juga: Epidemiolog UI : Puncak Kasus Omicron di NTB pada Akhir Februari 

2. Commitment fee penyelenggaraan F1 bisa dinegosiasikan

Selain MotoGP, Mobil Pembalap F1 juga Akan Ngaspal di MandalikaPerwakilan penyelenggara F1 Mr. Gerwin Geran (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ditanya berapa commitment fee yang harus dibayarkan untuk dapat menggelar F1 di Sirkuit Mandalika. Beran mengatakan besaran commitment fee bisa dinegosiasikan. Karena besaran commitment fee untuk penyelenggaraan balapan F1 sama di semua race.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengatakan besaran commitment fee untuk penyelenggaraan F1 lebih besar dari MotoGP. Namun Gubernur tak menyebutkan angka pastinya. Meskipun commitment fee yang dibayar cukup besar, tetapi Pemerintah Pusat mendukung gelaran F1 di Sirkuit Mandalika. Dengan gelaran F1 atau MotoGP, Indonesia akan mendapatkan country branding.

"Kalau dihitung dari penyelenggaraan, gak mungkin dengan uang tiket bisa menutupi," katanya.

3. Sirkuit Mandalika lebih dari siap gelar F1

Selain MotoGP, Mobil Pembalap F1 juga Akan Ngaspal di MandalikaWisatawan dalam negeri menyaksikan tikungan 10 Sirkuit Mandalika dari Bukit Pantai Seger Kuta Mandalika (IDN Times/Muhammad Nasir)

Orang nomor satu di NTB ini menjelaskan perwakilan penyelenggara F1, Mr. Gerwin Beran sudah melihat secara langsung Sirkuit Mandalika. Ia menyatakan Sirkuit Mandalika lebih dari siap menjadi tuan rumah Formula 1.

"Tentu saja yang paling penting fee-nya itu yang besar. Lebih mahal dari MotoGP," kata Gubernur.

Ia berharap Sirkuit Mandalika segera menjadi tempat gelaran balap F1. Karena Sirkuit Mandalika sudah memenuhi syarat untuk menjadi lokasi balapan jet darat.

"Kita sih berharap 2023. Karena sirkuitnya sudah memenuhi syarat. Tinggal negosiasi commitment fee-nya saja. Dan ada sedikit modifikasi sirkuitnya, tapi gak banyak. Karena motor sama mobil beda," tandas Gubernur.

Baca Juga: Ada Tulisan "Tolong Dikuburkan" pada Jasad Bayi yang Dibuang di Lombok

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya