Segera Diangkut ke Lombok, Logistik WSBK Mandalika Sudah di Surabaya

Logistik dibawa ke Lombok seminggu sebelum gelaran WSBK

Mataram, IDN Times - Logistik untuk kejuaraan balap dunia World Superbike (WSBK) Mandalika 2022 mulai berdatangan di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur. Logistik WSBK Mandalika diangkut melalui jalur laut dan transportasi udara.

Untuk logistik utama seperti motor pembalap dan sparepart akan diangkut menggunakan pesawat kargo melalui Bandara Internasional Lombok. Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengaku sudah melakukan korespondensi dengan Dorna Sports dua Minggu yang lalu kaitan dengan kedatangan logistik WSBK 2022.

"Beberapa barang-barang (logistik) sudah datang ke Indonesia melalui laut. Sudah ada di Tanjung Perak beberapa kontainer," kata Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria dikonfirmasi di Mataram, Sabtu (22/10/2022).

1. Logistik WSBK masih ditaruh di Tanjung Perak

Segera Diangkut ke Lombok, Logistik WSBK Mandalika Sudah di SurabayaDirektur Utama MGPA Priandhi Satria. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Priandhi mengatakan logistik WSBK yang sudah diangkut melalui jalur laut masih ditaruh di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Pihaknya masih menunggu jumlah logistik dengan jumlah tepat kemudian akan dibawa ke Lombok.

Logistik WSBK yang diangkut menggunakan jalur laut berupa barang-barang penunjang. Seperti hospitality, tenda dan barang-barang lainnya yang bukan untuk balap. Sedangkan logistik yang digunakan untuk balap diangkut menggunakan pesawat kargo.

"Barang-barang yang sudah datang kita masih taruh di sana, kita masih menunggu jumlah yang tepat untuk sekaligus dibawa ke Sirkuit Mandalika. Rencananya akan kita bawa ke sirkuit seminggu sebelum gelaran WSBK," terang Priandhi.

Baca Juga: Diskon 50 Persen, ini Rincian Harga Tiket WSBK Khusus Warga NTB 

2. Motor pembalap datang seminggu sebelum WSBK

Segera Diangkut ke Lombok, Logistik WSBK Mandalika Sudah di SurabayaToprak di Sirkuit Mandalika

Priandhi menambahkan untuk logistik utama atau main cargo yang berisi motor pembalap dan sparepart akan tiba di Lombok seminggu sebelum gelaran WSBK. Logistik utama akan diangkut menggunakan pesawat kargo.

Namun pihaknya belum menerima jadwal kedatangan logistik utama yang akan diangkut pesawat kargo dari Dorna. Namun, pihaknya pihaknya sudah berkoordinasi dengan PT. Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok. Karena sejumlah pesawat delegasi G20 akan parkir di Bandara Internasional Lombok.

Supaya bisa dikondisikan ketika pesawat kargo yang mengangkut logistik WSBK Mandalika. "Detail surat resminya belum dikeluarkan oleh mereka beserta jenis pesawat dan nomor penerbangannya," tutur Priandhi.

3. Diangkut menggunakan 2 pesawat kargo

Segera Diangkut ke Lombok, Logistik WSBK Mandalika Sudah di SurabayaGubernur NTB bersama otoritas Angkasa Pura melihat pendaratan perdana Qatar Airways yang membawa logistik WSBK 2021. (Dok Diskominfotik NTB)

Pengelola Bandara Internasional Lombok menyatakan telah mempersiapkan infrastruktur untuk menyambut gelaran WSBK Mandalika pada 11 - 13 November mendatang. Berdasarkan informasi yang diperoleh, logistik WSBK Mandalika 2022 akan diangkut menggunakan 2 pesawat kargo.

Manajer Humas PT Angkasa Pura (AP) I Kantor Cabang Bandara Internasional Lombok, Arif Haryanto mengungkapkan pihaknya sudah punya pengalaman melayani logistik dan penumpang saat gelaran WSBK 2021 dan MotoGP Mandalika 2022. Untuk event WSBK, jumlah logistik tidak sebanyak pada saat MotoGP 2022.

Saat gelaran WSBK 2021, ada 2 pesawat kargo yang mengangkut logistik. Logistik kargo WSBK masing-masing seberat 86.627 kilogram dan 59.046 kilogram. Kargo itu berisi logistik WSBK seperti motor pembalap Asia Talent Cup (ATC) dan pembalap WSBK.

Pada saat gelaran WSBK Mandalika 2021, jumlah penumpang yang tiba dan berangkat dari Bandara Internasional Lombok selama pekan penyelenggaraan event WSBK, 17-23 November 2021, tercatat rata-rata 5.700 penumpang per hari. Angka ini meningkat 50 persen jika dibandingkan dengan pergerakan penumpang pada hari-hari sebelumnya di bulan November 2021 yang rata-rata ada di angka 3.800 penumpang per hari.

Puncak arus kedatangan terjadi pada 19 November 2021, dimana terdapat 4.241 orang yang tiba di BIZAM Lombok. Sedangkan puncak arus keberangkatan terjadi pada 21 November 2021 dengan jumlah penumpang berangkat sebanyak 4.077 orang.

Sementara untuk pergerakan pesawat, tercatat mengalami kenaikan sebesar 43 persen pada periode yang sama. Pada 1-16 November 2021 rata-rata ada 37 pergerakan pesawat per hari, sedangkan pada 17-23 November 2021 rata-rata mencapai 53 pergerakan pesawat per hari. Jumlah rata-rata harian pergerakan penumpang dan pergerakan pesawat selama event WSBK ini merupakan yang tertinggi sepanjang tahun 2021.

Baca Juga: Dua Pasien Gagal Ginjal Akut Asal NTB Kini Dirawat di RS Sanglah Bali 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya