SAR Hentikan Pencarian Warga Prancis yang Tenggelam di Lombok Utara

Pencarian korban terkendala cuaca buruk

Mataram, IDN Times - Tim SAR menghentikan pencarian terhadap wisatawan Prancis bernama Lydie Annie Mauricette (50) yang hilang di perairan Gili Trawangan Lombok Utara pada Minggu 18 Desember 2022 lalu. 

Selama sepekan terakhir, tim gabungan sudah melakukan pencarian di sejumlah titik di mana korban dilaporkan tenggelam

Pelaksana Tugas Kepala Kantor SAR Mataram Muhdar menghentikan pencarian setelah berkoordinasi dengan unsur SAR.

“Kami hentikan pencarian pada hari ketujuh pukul pada Sabtu 24 Desember 2022 pukul 18.00 Wita dengan hasil nihil,” katanya, Minggu (25/12/2022). 

1. Pencarian dilakukan di darat dan perairan

SAR Hentikan Pencarian Warga Prancis yang Tenggelam di Lombok UtaraProses pencarian korban oleh Tim SAR gabungan. (dok. SAR Mataram)

Muhdar mengatakan, tim SAR sudah berupaya maksimal dalam melakukan pencarian korban. Radius pencarian di perairan laut bahkan sudah mencapai puluhan nautical mile (NM) dari lokasi di mana korban dilaporkan tenggelam. 

Mereka melakukan pencarian dengan mempergunakan kapal sea rider dan speedboat. Pencarian di darat pun dilakukan dengan menyisir sepanjang Pantai Sire dan Impos di Lombok Utara.  Selain itu, penyebaran informasi ke nelayan-nelayan dan warga setempat juga telah dilakukan.

Baca Juga: Wisatawan Prancis Hilang saat Berenang dari Trawangan ke Gili Meno

2. Hujan lebat disertai angin kencang dan gelombang tinggi

SAR Hentikan Pencarian Warga Prancis yang Tenggelam di Lombok UtaraIlustrasi gelombang tinggi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Selama pencarian tersebut, lanjut Muhdar, pihaknya terkendala cuaca yang kurang bersahabat. Khususnya bagi tim di perairan laut yang harus menghadapi persoalan hujan lebat, angin kencang, arus kuat, hingga ombak tinggi. 

Tim SAR terdiri pelbagai unsur, di antaranya Pos Siaga SAR Bangsal, Pos Angkatan Laut Gili Indah, Polair Polda NTB, Polres Lombok Utara, Polsek Pemenang, BKKPN, Barasiaga, Pokmaswas, Diver Gili Trawangan, Share Love, Diver 3 Gili, Potensi SAR Lombok Utara, dan masyarakat setempat.

3. Korbn hilang saat berenang dari Gili Trawangan ke Gili Meno

SAR Hentikan Pencarian Warga Prancis yang Tenggelam di Lombok UtaraTim SAR gabungan saat melakukan pencarian di perairan Gili Trawangan. (dok. SAR Mataram)

Seperti diketahui, warga Prancis tersebut dilaporkan hilang saat mencoba berenang dari Gili Trawangan menuju Gili Meno di Desa Gili Indah Kecamatan Pemenang Lombok Utara pada Minggu 18 Desember 2022.

Kantor SAR Mataram langsung menerjunkan tim rescue untuk melakukan pencarian di lokasi tempat kejadian bencana. Tetapi selama sepekan terakhir, proses pencarian tidak membuahkan hasil hingga terpaksa harus dihentikan. 

Baca Juga: Waspada! Potensi Hujan Sangat Lebat dan Angin Kencang Melanda NTB  

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya