Comscore Tracker

Sandiaga Uno Sarankan Paket MotoGP di Gili Trawangan Mulai Rp1,5 Juta 

Baru 30 persen hotel dan penginapan beroperasi

Lombok Utara, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan kerja ke Gili Trawangan, Meno dan Air (Tramena) Desa Gili Indah Kecamatan Pemenang Lombok Utara, Sabtu (19/2/2022).

Demi membangkitkan pariwisata di Gili Trawangan, Sandiaga Uno menyarankan paket nonton dan menginap saat MotoGP 2022 dimulai dengan harga Rp1,5 juta. Karena dia yakin dengan adanya paket ini dapat menjadi awal kebangkitan pariwisata di kawasan tiga gili.

“Saya merasakan ada kebangkitan ekonomi di sini dan semoga paket yang direncanakan benar-benar dapat memulihkan kondisi di Gili Tramena," kata Sandiaga, Sabtu (19/2/2022).

1. Peningkatan kapasitas pengelola homestay

Sandiaga Uno Sarankan Paket MotoGP di Gili Trawangan Mulai Rp1,5 Juta Peningkatan kapasitas pengelola homestay di Gili Trawangan, Sabtu (19/2/2022) (Dok. Dispar NTB)

Kunjungan Sandiaga ke Gili Tramena dirangkaikan dengan kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Pengelola Homestay di Desa Wisata. Dengan harapan dapat memperkuat potensi kunjungan di Gili Tramena.

Dia berharap kepada pengelola homestay di Gili Tramena untuk segera bersiap dalam menyambut MotoGP 2022. Caranya dengan melakukan peningkatan pelayanan dan membuat paket wisata.

Baca Juga: Sandiaga Uno Kecam Hotel yang Naikkan Tarif Tak Rasional saat MotoGP

2. Buat paket wisata agar Gili Tramena jadi daya tarik

Sandiaga Uno Sarankan Paket MotoGP di Gili Trawangan Mulai Rp1,5 Juta Pantai Gili Trawangan (indonesia.travel)

Sandiaga menyatakan peningkatan pelayanan dan membuat paket wisata penting dilakukan pengelola homestay. Sehingga dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk menginap di Gili Tramena sembari menonton MotoGP.

"Pelayanannya semua harus disiapkan, fasilitasnya ditingkatkan, gabung dengan ekraf-nya dan bisa dipaketkan dengan menonton MotoGP," pintanya.

3. Hanya 30 persen hotel dan penginapan beroperasi di Gili Tramena

Sandiaga Uno Sarankan Paket MotoGP di Gili Trawangan Mulai Rp1,5 Juta Gili Trawangan. Unsplash/Kym Ellis

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata NTB Yusron Hadi menyebutkan jumlah kamar hotel dan penginapan di Gili Tramena sebanyak 6.013 kamar. Dari jumlah hotel dan penginapan yang ada di sana, baru 30 persen yang beroperasi.

Bahkan, kata Yusron, sebanyak 98 homestay yang ada di Gili Tramena masih kosong alias belum terisi saat event MotoGP 2022. Dengan adanya paket menginap dan menonton sebesar Rp1,5 juta diharapkan tingkat keterisian homestay di Gili Tramena menjadi optimal pada saat event MotoGP yang akan digelar 18 - 20 Maret mendatang.

Baca Juga: Minim Pengunjung, Sandiaga Uno Akan Menginap di Gili Trawangan 

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya