RSUD Kota Mataram akan Dijadikan RS Rujukan Pembalap MXGP Lombok 

RSUD NTB akan terjunkan 200 tenaga kesehatan

Mataram, IDN Times - Mulai tahun 2023, perhelatan kejuaraan dunia balap motocross atau Motocross Grand Prix (MXGP) akan digelar di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). MXGP Lombok akan digelar di Sirkuit Selaparang pada 1 - Juli 2023.

Komandan Lapangan MXGP Lombok dr. Lalu Herman Mahaputra mengatakan RSUD Kota Mataram akan dijadikan rumah sakit (RS) rujukan bagi pembalap MXGP yang mengalami kecelakaan saat berlaga di Sirkuit Selaparang, Lombok.

"Kalau melihat demografi, RSUD Kota Mataram paling dekat dengan Sirkuit Selaparang. Sehingga akan menjadi RS rujukan bagi pembalap MXGP," kata Herman Mahaputra dikonfirmasi di Mataram, Jumat (12/5/2023).

1. Akan terjunkan 200 tenaga kesehatan

RSUD Kota Mataram akan Dijadikan RS Rujukan Pembalap MXGP Lombok Direktur RSUD Provinsi NTB dr. Lalu Herman Mahaputra (IDN Times/NTB)

Pada saat perhelatan MXGP Lombok di Sirkuit Selaparang, pada 1 - 2 Juli mendatang, RSUD NTB akan menerjunkan sebanyak 200 tenaga kesehatan. Mereka akan ditempatkan pada ring 1, ring 2 dan ring 3. Untuk ring 1 dan ring 2 berada di areal dalam sirkuit, sedangkan ring 3 untuk area penonton.

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) NTB ini menjelaskan meskipun RSUD Kota Mataram dijadikan RS Rujukan Pembalap MXGP Lombok. Tetapi RSUD NTB akan tetap menjadi Chief Medical Officer (CMO) MXGP Indonesia, baik yang digelar di Sirkuit Samota Sumbawa maupun Sirkuit Selaparang.

Baca Juga: UPP Saber Pungli Bidik 'Mark Up' Harga Tiket di Pelabuhan Kayangan 

2. Siapkan seratusan Marshal

RSUD Kota Mataram akan Dijadikan RS Rujukan Pembalap MXGP Lombok Marshal MXGP Samota Sumbawa. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sebagai Ketua IMI NTB, pria yang akrab disapa Dokter Jack ini mengatakan dirinya juga akan menyiapkan Racing Commitee dan Marshal untuk MXGP Sumbawa dan MXGP Lombok. Berdasarkan pengalaman pada saat MXGP Sumbawa di Sirkuit Samota pada 2022 lalu, jumlah Marshal sekitar 100 orang.

Marshal kita bagi sesuai daerah masing-masing. Kita akan koordinasi dengan tim yang ada di Samota dan Selaparang. Berapa yang harus kita terjunkan karena bukan hanya Marshal tapi juga Racing Commitee yang kita datangkan dari IMI Pusat dan IMI NTB," ucap Dokter Jack.

Untuk efisiensi biaya, nantinya Marshal akan diambil dari Pengurus Cabang (Pengcab) IMI kabupaten/kota di NTB. Namun, tetap akan ada juga dari IMI NTB dan IMI Pusat.

3. Infront akan tinjau pembangunan Sirkuit Selaparang

RSUD Kota Mataram akan Dijadikan RS Rujukan Pembalap MXGP Lombok Groundbreaking pembangunan Sirkuit MXGP Selaparang Lombok. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Saat ini, pembangunan Sirkuit Selaparang Lombok sudah dimulai pada Selasa (9/5/2023) lalu. Ditargetkan pembangunan Sirkuit MXGP Selaparang tuntas dua minggu sebelum event atau pertengahan Juni mendatang.

Pada tanggal 15 Mei mendatang, lanjut Dokter Jack, Tim Infront Moto Racing akan meninjau pembangunan Sirkuit Selaparang. Sirkuit Selaparang memiliki panjang lintasan 1,6 kilometer dengan 16 tikungan. Meskipun Sirkuit Selaparang berada di tengah-tengah kota, namun dipastikan akan tetap indah karena background-nya Gunung Rinjani.

Baca Juga: Ternyata 3 Alasan ini Penyebab Ratusan CJH NTB Belum Lunasi Biaya Haji

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya