Rekrutmen 4.062 PPPK Pemprov NTB 2022, 'Fresh Graduate' Gigit Jari 

Pelamar PPPK minimal pengalaman 3 tahun

Mataram, IDN Times - Pemprov NTB akan membuka rekrutmen sebanyak 4.062 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2022. Terdiri dari tenaga guru, tenaga kesehatan dan tenaga teknis.

Lulusan terbaru atau fresh graduate nampaknya harus siap-siap gigit jari. Pasalnya, dalam rekrutmen PPPK, salah satu persyaratannya adalah berpengalaman bekerja di bidangnya minimal selama 3 tahun.

"Karena rekrutmen PPPK itu bukan tanpa pengalaman tapi minimal 3 tahun pengalaman syaratnya," kata Kepala Bidang Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB, Syamsul Buhari dikonfirmasi IDN Times di Mataram, Sabtu (24/9/2022).

1. Prioritas selesaikan tenaga honorer

Rekrutmen 4.062 PPPK Pemprov NTB 2022, 'Fresh Graduate' Gigit Jari Pppk Guru

Dalam rekrutmen PPPK, kata Syamsul, pemerintah akan menuntaskan persoalan tenaga honorer. Sehingga, ada prioritas 1, 2 dan 3. Tenaga honorer yang menjadi prioritas 1, 2 dan 3 dituntaskan terlebih dahulu.

"Kalau yang fresh graduate nanti pada saat tidak terpenuhinya prioritas 1, 2, dan 3. Karena ini prioritas yang sudah masuk di Dapodik untuk tenaga guru. Kalau untuk formasi tenaga kesehatan dan tenaga teknis bisa saja ikut. Tapi PPPK ini ada syarat minimal pengalaman 3 tahun di bidangnya," terang Syamsul.

Baca Juga: Logistik WSBK Mandalika Direncanakan Diangkut 2 Pesawat Kargo 

2. Seleksi diperkirakan dibuka bulan November

Rekrutmen 4.062 PPPK Pemprov NTB 2022, 'Fresh Graduate' Gigit Jari Kepala Bidang Informasi Kepegawaian BKD NTB Syamsul Buhari (Dok. BKD NTB)

Syamsul menambahkan seleksi PPPK tahun 2022 kemungkinan akan dibuka pada November mendatang. Saat ini, Pemda sedang mengusulkan perbaikan beberapa formasi khususnya untuk tenaga guru.

Karena dari formasi yang diperoleh, ada sekolah yang sudah berubah namanya dan gurunya juga sudah tidak ada di sekolah tersebut. Namun, kata Syamsul, formasinya tetap seperti yang sudah ditetapkan Kementerian PAN-RB.

"Masih bisa berubah beberapa formasi. Kita akan konfirmasi lagi ke Kemen PAN-RB untuk menggantikan beberapa formasi. Terutama penyesuaian formasi guru, kita kroscek lagi di Dikbud. Karena ada beberapa sekolah bukan itu lagi namanya," tuturnya.

3. Rincian formasi PPPK Pemprov NTB tahun 2022

Rekrutmen 4.062 PPPK Pemprov NTB 2022, 'Fresh Graduate' Gigit Jari Kepala BKD NTB Muhammad Nasir. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Kepala BKD Provinsi NTB Muhamad Nasir menyebutkan jumlah formasi yang diberikan Kementerian PAN-RB untuk Pemprov NTB sebanyak 4.062 formasi. Dari 4.062 formasi yang diperoleh Pemprov NTB, terdiri dari tenaga guru 3.412 formasi, tenaga kesehatan 446 formasi dan tenaga teknis 204 formasi.

Dalam rekrutmen PPPK 2022, lanjut Nasir, khusus untuk formasi tenaga guru tidak melalui seleksi. Nantinya, hanya akan dilakukan perangkingan guru honorer yang lulus passing grade pada saat seleksi Guru PPPK 2021.

Untuk itu, pihaknya akan melibatkan kepala sekolah, Kantor Cabang Dinas (KCD) Dikbud kabupaten/kota dan Dinas Dikbud NTB. Sementara untuk rekrutmen tenaga kesehatan dan tenaga teknis akan tetap melalui seleksi sama persis dengan tes CPNS.

Baca Juga: Kinerja Penyaluran DAK Fisik di Provinsi NTB Peringkat 2 Nasional 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya