Rekrut 120 Marshal MXGP Samota, 70 Persen dari Sumbawa 

Tidak gunakan marshal Mandalika

Mataram, IDN Times - Ikatan Motor Indonesia (IMI) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akan merekrut sebanyak 120 marshal untuk kejuaraan dunia Motocross Grand Prix (MXGP) Samota. MXGP Samota akan berlangsung di Rocket Motor Circuit Kabupaten Sumbawa pada 24 - 26 Juni 2022.

Ketua IMI Provinsi NTB dr. Lalu Herman Mahaputra mengungkapkan 120 marshal yang direkrut berasal dari Lombok dan Sumbawa. Namun sekitar 70 persen tenaga marshal MXGP Samota berasal dari Pulau Sumbawa.

"Untuk marshal akan ada pelatihan. Kita akan rekrut sebanyak 120 orang dari Lombok dan Sumbawa. Tetapi kebanyakan dari Pulau Sumbawa," kata Herman Mahaputra dikonfirmasi IDN Times di Mataram, Selasa (7/6/2022).

1. Supaya ada rasa memiliki

Rekrut 120 Marshal MXGP Samota, 70 Persen dari Sumbawa Ketua IMI NTB dr. Lalu Herman Mahaputra (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ia menjelaskan alasan tenaga marshal lebih banyak dari Pulau Sumbawa. Karena event MXGP Samota bukan hanya digelar tahun 2022. Tetapi penyelenggaraan MXGP Samota akan berlangsung selama empat tahun, dari 2022 - 2025.

"Jadi kita melatih warga sana jadi marshal. Supaya merasa ikut memiliki event itu. Kita lebih banyak ngambil marshal dari sana. Sebanyak 70 persen dari Sumbawa. Sisanya kita ambil dari Lombok," jelas Dokter Jack - sapaan akrabnya.

Baca Juga: Transformasi Kesehatan, Menkes: Kita Lebih Siap Kalau Ada Pandemik

2. Tidak gunakan marshal Mandalika

Rekrut 120 Marshal MXGP Samota, 70 Persen dari Sumbawa Sejumlah Marshal Mandalika yang bertugas pada saat MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika (IG Marshal Mandalika)

Dokter Jack mengatakan pihaknya tidak akan menggunakan marshal yang pernah bertugas saat perhelatan MotoGP Mandalika pada Maret lalu. Karena marshal MotoGP dan MXGP ada perbedaannya.

Tetapi sistem penanganan pembalap yang mengalami kecelakaan tetap sama. Sehingga marshal MXGP Samota harus tetap diberikan pelatihan.

"Supaya nanti pada saat jumping ada pembalap yang jatuh. Marshal itu harus memberikan respons cepat. Supaya yang di belakang tak menabrak pesertanya," ucapnya.

IMI sudah bergerak dalam penyiapan marshal MXGP Samota. Nantinya, beberapa hari sebelum event dimulai, semua marshal akan diberikan pelatihan selama dua hari. "Tinggal menunggu trainernya. Trainernya dari IMI Pusat," tandasnya.

3. MXGP Samota akan dihadiri 500 kru dan pembalap

Rekrut 120 Marshal MXGP Samota, 70 Persen dari Sumbawa instagram.com/hoff259

Pagelaran MXGP Samota akan dihadiri 500 kru dan pembalap dari 19 negara. Kepala Dinas Pariwisata NTB Yusron Hadi mengungkapkan para kru dan pembalap MXGP Samota akan tiba di Sumbawa pada 21 Juni mendatang.

Yusron menyebutkan MXGP Samota diikuti 84 pembalap. Terdiri dari 42 pembalap MX2 dan 42 pembalap MXGP. Sebanyak 84 pembalap itu merupakan bagian dari 500 kru dan pembalap yang akan tiba di Sumbawa pada 21 Juni 2022.

Kru dan pembalap MXGP Samota akan tiba di Lombok sehari sebelumnya. Mereka akan menginap selama semalam di Lombok sebelum keesokan harinya berangkat ke Sumbawa.

Baca Juga: MXGP Samota Segera Digelar, Penjualan Tiket Online sampai 20 Juni 2022

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya