Presiden Jokowi Beli Sapi Kurban Seberat 1,4 Ton di Lombok 

Dibeli seharga Rp142 juta

Mataram, IDN Times - Presiden RI, Joko "Jokowi" Widodo membeli seekor sapi kurban seberat 1,4 ton di Desa Genggelang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Sapi tersebut dibeli dari seorang peternak, Sabri seharga Rp142 juta.

Sapi yang dibeli Presiden Jokowi itu akan disumbangkan untuk dipotong pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah/2022 Masehi. Sapi kurban sumbangan Presiden Jokowi akan dipotong di Masjid Agung Al Mujahidin Selong, Lombok Timur.

1. Sapi simmental seberat 1,42 ton

Presiden Jokowi Beli Sapi Kurban Seberat 1,4 Ton di Lombok Sapi kurban yang dibeli Presiden Jokowi di Lombok Utara. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Pemilik sapi, Sabri mengatakan sapi jenis simmental itu dengan berat 1,42 ton seharga Rp142 juta. Sdangkan tingginya sekitar 165 cm dan panjang 285 cm. "Tiba-tiba datang 3 orang tim dari Jakarta datang membeli sapi saya. Umurnya 4,5 tahun," tutur Sabri.

Petugas Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi NTB drh. Lutfiansyah mengatakan sapi tersebut dalam keadaan sehat dan siap untuk dipotong berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium.

"Kita sudah mengambil sampel darah untuk uji lab pemeriksaan darah. Kemudian diambil feses atau kotorannya untuk kita periksa apakah ada penyakit dan pemeriksaan secara langsung sapi ini. Hasilnya negatif terhadap penyakit. Jadi sapi ini dinyatakan dalam keadaan sehat," kata Lutfiansyah.

Baca Juga: Hari Raya Idul Adha, Wapres : Boleh Ikut Muhammadiyah atau Pemerintah 

2. Sapi kurban Jokowi diserahkan ke Lombok Timur

Presiden Jokowi Beli Sapi Kurban Seberat 1,4 Ton di Lombok Masjid Agung Al Mujahidin Selong. (Dok. Istimewa)

Kepala Bagian Keagamaan Biro Kesra Setda NTB Abdul Aziz Fahmi yang dikonfirmasi IDN Times di Mataram, Kamis (7/7/2022) mengatakan Presiden Jokowi menyumbang satu ekor sapi untuk NTB. Jokowi menyumbang satu ekor sapi untuk masing-masing provinsi di Indonesia.
"Satu ekor sapi kurban dari presiden untuk masing-masing provinsi. Mau disalurkan ke Lombok Timur di Masjid Al Mujahidin Selong, beratnya 1 ton lebih," kata Aziz.

3. Hewan kurban terkumpul di PHBI NTB baru 4 ekor sapi dan 6 ekor kambing

Presiden Jokowi Beli Sapi Kurban Seberat 1,4 Ton di Lombok Masjid Hubbul Wathan Islamic Center Kota Mataram, salah satu masjid terbesar di NTB (IDN Times/Muhammad Nasir)

Aziz mengungkapkan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) NTB telah menerima sebanyak 4 ekor sapi dan 6 ekor kambing sampai Kamis (7/7/2022). PHBI NTB akan menerima hewan kurban sampai Sabtu (9/7/2022).

Tahun lalu, jumlah hewan kurban yang terkumpul sebanyak 28 ekor sapi dan 30 ekor kambing. Tahun ini, ditargetkan jumlah hewan kurban melebihi tahun lalu. Untuk salat Hari Raya Idul Adha sendiri akan dipusatkan di Masjid Raya Hubbul Wathan Islaamic Center, Kota Mataram.

Khatib salat Hari Raya Idul Adha adalah Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram dan imam TGH. Ibrahim Lukman dari Ponpes Al Islahuddiny Kediri Lombok Barat.

Baca Juga: Warga Klaim 300 Hektare Lahan KEK Mandalika Belum Dibebaskan 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya