Pendaftar Capai 1.000 Orang, Rinjani 100 Kembali Digelar di Lombok

Dua tahun tertunda akibat pandemik

Lombok Timur, IDN Times - Event lari internasional Rinjani 100 kembali akan digelar di Lombok Timur pada 3 - 5 Juni mendatang. Lebih dari 1.000 peserta telah mendaftar hingga Selasa (17/5/2022).

Bupati Lombok Timur M. Sukiman Azmy mengecek kesiapan panitia jelang dua pekan perhelatan event tersebut, Selasa (17/5/2022) untuk mendukung kegiatan tersebut. Event Rinjani 100 sempat tertunda selama dua tahun akibat pandemik COVID-19.

1. Cukup strategis mendukung promosi pariwisata Lombok Timur

Pendaftar Capai 1.000 Orang, Rinjani 100 Kembali Digelar di Lombokwisata Sembalun, Lombok, NTB (unsplash.com/Koes Nadi)

Sukiman mengatakan event Rinjani 100 sangat strategis dalam mendukung promosi pariwisata Lombok Timur. Pasalnya, event ini tidak hanya melibatkan secara nasional tetapi juga internasional. Karena itu lomba yang akan berlangsung 3-5 Juni tersebut harus didukung sesuai kemampuan daerah.

Dari segi fasilitas, Bupati meminta agar dinas terkait menyediakan toilet portable, tenda, dan fasilitas pendukung lainnya. Mengingat banyaknya peserta kegiatan ini, ia berharap semua elemen dapat dilibatkan.

Baca Juga: Pemda NTB Akan Izinkan Warga Gak Pakai Masker di Area Terbuka

2. Promosikan kuliner dan atraksi seni budaya

Pendaftar Capai 1.000 Orang, Rinjani 100 Kembali Digelar di LombokUpacara adat ngayu-ayu di Sembalun Lombok Timur (Dok. Rinjani Geopark)

Elemen yang dikibatkan dari gerakan Pramuka, PMI, KONI, organisasi wanita, hingga masyarakat setempat. Ia juga meminta persiapan dan kesiapan masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) sudah dapat dipastikan sepekan ke depan.

Promosi kuliner serta atraksi seni dan budaya diharapkan dapat ditampilkan di sela-sela kegiatan tersebut. Diharapkan pula akomodasi peserta dapat dipenuhi oleh hotel dan homestay yang ada di Sembalun.

3. Tertunda dua tahun akibat pandemik

Pendaftar Capai 1.000 Orang, Rinjani 100 Kembali Digelar di LombokBupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy (Dok. Prokopim Lombok Timur)

Rinjani 100 tahun ini adalah penyelenggaraan ke tujuh dengan jumlah peserta yang telah mendaftar sampai 17 Mei mencapai lebih dari 1.000 orang. Ajang ini sempat tertunda dua tahun karena pandmik COVID-19.

Ada lima kategori dalam ajang Rinjani 100 yaitu 162 Km, 119 Km, 75 Km, dan 36 Km serta 27 Km. Tiga kategori pertama akan mengambil start di Belanting dan finish di Sembalun. Sedangkan dua kategori lainnya start dan finish di Sembalun.

Baca Juga: Produksi 1,4 Juta Ton, Pabrik Pakan Siap Serap Jagung di Pulau Sumbawa

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya