Pemprov Turun Tangan, Jenazah TKW Asal Loteng Tertahan di Jakarta 

Surati Pemda Loteng tapi tak ada jawaban

Mataram, IDN Times - Jenazah Tenaga Kerja Wanita (TKW) atas nama Baiq Azmiatun tertahan di Kargo Serang. Penguriman jenazah TKW asal Mawun Desa Tumpak Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah itu tertahan karena persoalan biaya kargo jenazah almarhumah dari Jakarta - Lombok.

Kepala Desa Tumpak, Rosadi telah bersurat ke Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah (Loteng) meminta bantuan tiket pemulangan jenazah almarhumah dari Jakarta - Lombok. Namun hingga Selasa (5/7/2022), belum ada jawaban dari Pemda Lombok Tengah.

1. Pemprov NTB turun tangan

Pemprov Turun Tangan, Jenazah TKW Asal Loteng Tertahan di Jakarta Kepala Dinsos Provinsi NTB, Ahsanul Khalik (IDN Times/Muhammad Nasir)

Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB Ahsanul Khalik di Mataram, Sekasa (5/7/2022) menjelaskan Pemprov NTB turun tangan mengatasi persoalan tersebut. Sesuai arahan Gubernur NTB Zulkieflimansyah kepada Dinas Sosial untuk menindaklanjuti surat dari Kepala Desa Tumpak Kecamatan Pujut, Loteng, untuk segera mencarikan solusi terkait pemulangan jenazah TKW yang tertahan di Kargo Serang.

Gubernur meminta Dinas Sosial berkoordinasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi NTB. "Karena biaya kargo pengiriman jenazah almarhumah dari Jakarta ke Lombok, sampai pagi Selasa 5 Juli 2022, belum ada jawaban dari Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah," terangnya.

Baca Juga: Pencarian TKI NTB Korban Kapal Tenggelam di Batam Dihentikan 

2. Baznas Provinsi NTB bersedia biayai kepulangan jenazah Jakarta - Lombok

Pemprov Turun Tangan, Jenazah TKW Asal Loteng Tertahan di Jakarta Pekerja sosial berkoordinasi dengan BAZNAS Provinsi NTB untuk membiayai pemulangan jenazah TKW asal Loteng dari Jakarta -. Lombok. (Dok. Disos NTB)

Selanjutnya, Pekerja Sosial Dinas Sosial NTB melakukan koordinasi dengan Baznas Provinsi NTB dan UPT BP2MI NTB beserta Sekretaris Desa Tumpak dan keluarga TKW yang meninggal dunia di Arab Saudi. TKW asal Loteng Baiq Azmiatun, sudah sering bolak-balik ke Timur Tengah dan 3 tahun terahir ini mengalami sakit sesak dan meninggal dunia di Arab Saudi pada awal bulan Juni 2022.

Hasil koordinasi, kata Khalik, pihak Baznas Provinsi NTB bersedia untuk memfasilitasi dan membiayai kepulangan jenazah almarhumah yang saat ini tertahan di Kargo Serang. Baznas Provinsi NTB akan membelikan tiket kargo kepulangan jenazah almarhumah untuk hari Rabu, 8 Juli 2022 dan langsung akan diantar dengan ambulans Baznas Provinsi NTB menuju rumah duka.

3. UPT BP2MI tak punya anggaran memulangkan jenazah ke daerah asal

Pemprov Turun Tangan, Jenazah TKW Asal Loteng Tertahan di Jakarta Kantor UPT BP2MI Mataram (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sebelumnya, Kepala Desa Tumpak, Rosadi bersurat ke Pemda Lombok Tengah yang ditujukan ke Bupati dan Wakil Bupati perihal permohonan bantuan tiket pemulangan jenazah TKW atas nama Baiq Azniatun. Informasi yang diterima, jenazah almarhumah tiba di Jakarta dari Arab Saudi pada Selasa (5/7/2022).

Tiket pemulangan jenazah dari Arab Saudi - Bandara Soekarno Hatta ditanggung oleh majikan. Sedangkan Jakarta - Lombok dibebankan kepada keluarga. Sementara, kondisi keluarga TKW yang meninggal tersebut adalah tidak mampu.

Dalam suratnya, Kepala Desa Tumpak telah berkonsultasi dan meminta bantuan UPT BP2MI NTB untuk memulangkan jenazah sampai kampung halamannya. Tetapi pihak UPT BP2MI menyatakan tidak memiliki anggaran untuk memulangkan jenazah almarhumah sampai daerah asalnya.

Baca Juga: Ayah Perkosa Dua Anak Kandungnya di Lombok Dituntut 15 Tahun Penjara

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya