Pemda Sumbawa Beli Lahan Sirkuit MXGP Samota Seharga Rp53 Miliar

Kawasan Sirkuit MXGP Samota bakal dijadikan sport center

Sumbawa, IDN Times - Mulai 2023, Pemda Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) tidak lagi meminjam lahan untuk venue kejuaraan dunia balap motocross atau Motocross Grand Prix (MXGP). Lahan seluas 70 hektare yang dulunya milik mantan Bupati Lombok Timur Ali Bin Dachlan, kini sudah dibeli dengan harga mencapai Rp53 miliar.

"Kalau tahun kemarin masih kita pinjam lahannya. Tetapi tahun 2023, alhamdulillah sudah milik Pemkab Sumbawa yang luasnya sebesar 70 hektare. Hampir Rp53 miliar kita bayar," ungkap Wakil Bupati Sumbawa Dewi Noviany dikonfirmasi di sela-sela menghadiri Musrenbang Tingkat Provinsi NTB di Mataram, Kamis (4/5/2023).

1. Kawasan Sirkuit MXGP Samota bakal dijadikan sport center

Pemda Sumbawa Beli Lahan Sirkuit MXGP Samota Seharga Rp53 MiliarKawasan Sirkuit MXGP Samota (IDN Times/Muhammad Nasir)

Adik kandung Gubernur NTB Zulkieflimansyah ini menjelaskan Kawasan Sirkuit Samota bakal dijadikan sport center oleh Pemda Kabupaten Sumbawa. Nantinya, selain ada Sirkuit MXGP Samota, di kawasan tersebut juga akan dibangun sarana dan prasarana olahraga serta gelangang olahraga (GOR).

Apalagi, pada tahun 2028, provinsi NTB dan NTT menjadi tuan rumah bersama Pekan Olahraga Nasional (PON). Sumbawa sendiri menjadi salah satu venue atau lokasi pertandingan atau perlombaan cabang olahraga yang dipertandingkan di PON 2028.

"Kita jadikan pusat olahraga, sirkuit MXGP sudah ada. Kemudian GOR, sarana dan prasarana olahraga. Kita kolaborasi dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat," ujarnya.

Baca Juga: Wisata Balon Udara Hadir di Sembalun Lombok Timur, Tiket Rp400 Ribu 

2. Lahan clear and clean memudahkan pengelolaan dan pemanfaatan

Pemda Sumbawa Beli Lahan Sirkuit MXGP Samota Seharga Rp53 MiliarWakil Bupati Sumbawa Dewi Noviany. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Dengan menjadi aset Pemda Sumbawa, lahan Sirkuit MXGP Samota seluas 70 hektare kini sudah menjadi clear and clean. Sehingga akan mempermudahkan dalam pengelolaan dan pemanfaatannya.

Pemda Sumbawa dapat berkolaborasi dengan Pemprov NTB maupun kementerian/lembaga terkait untuk pengembangan lahan tersebut. "Ketika tanahnya sudah menjadi aset Pemda Sumbawa, insyaallah yang lainnya bisa dibantu oleh kementerian. Yang penting sudah clear and clean tanahnya," ucapnya.

3. Perhelatan MXGP Samota 2022 sukses digelar

Pemda Sumbawa Beli Lahan Sirkuit MXGP Samota Seharga Rp53 MiliarSirkuit MXGP Samota, Sumbawa. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Novi menambahkan Pemkab Sumbawa berharap perhelatan MXGP Samota 2023 akan kembali sukses seperti pada 2022 lalu. Untuk itu berbagai persiapan menjelang MXGP Samota 2023 sedang dipersiapkan mulai dari kejuaraan nasional balap motocross dan lomba pacuan kuda.

MXGP Samota 2023 akan digelar pada 23 - 25 Juni mendatang. Mulai tahun ini, NTB kebagian dua seri yaitu MXGP Samota Sumbawa, 23 - 25 Juni 2023 dan MXGP Selaparang Kota Mataram, 1 - 2 Juli 2023.

Pada saat perhelatan MXGP Samota 2022, jumlah penonton sebanyak 55.000 orang. Dimana, 98 persen merupakan penonton lokal dari NTB, sisanya luar NTB dan penonton asing. Dari 98 persen penonton lokal, sebesar 65 persen dari Kabupaten Sumbawa.

Kemudian 16 persen dari kabupaten/kota lainnya di Pulau Sumbawa. Sedangkan penonton dari Pulau Lombok sebanyak 14 persen. Untuk penonton yang berasal dari luar NTB sebanyak 1-2 persen dan penonton luar negeri 0,36 persen.

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTB menyebut berdasarkan hasil kajian dampak ekonomi pelaksanaan MXGP Samota di Kabupaten Sumbawa pada 24 - 26 Juni 2022, perputaran uang mencapai Rp154 miliar lebih. Sektor akomodasi dan makan minum mendapatkan dampak ekonomi terbesar mencapai Rp35 miliar lebih.

Kemudian sektor konstruksi mencapai Rp34 miliar, dan sisanya sektor transportasi, pertanian dan lainnya. Khusus untuk sektor pertanian perputaran uang mencapai Rp12 miliar lebih.

Baca Juga: PUTRI NTB Sertifikasi 150 Pemandu Wisata Jelang MXGP Indonesia 2023 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya