Pembangunan Dimulai, Ini Nama Resmi Sirkuit dan Balapan MXGP Samota 

Panitia siapkan 6 lokasi penukaran tiket dan kantong parkir

Mataram, IDN Times - Pembangunan Sirkuit Motocross Grand Prix (MXGP) Samota di Kabupaten Sumbawa mulai dilakukan Senin (25/4/2022). Pembangunan Sirkuit MXGP Samota beserta fasilitas pendukungnya ditargetkan rampung dalam sebulan mendatang.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah yang dikonfirmasi di Mataram, Rabu (27/4/2022) mengatakan sejauh ini proses pembangunan sirkuit MXGP Samota berjalan lancar. Dirinya telah meninjau secara langsung dimulainya pembangunan Sirkuit MXGP Samota pada Senin (25/4/2022).

1. Nama resmi sirkuit dan balapan MXGP Samota

Pembangunan Dimulai, Ini Nama Resmi Sirkuit dan Balapan MXGP Samota instagram.com/hoff259

Kejuaraan dunia MXGP Samota akan digelar pada 24 - 26 Juni 2022. Dalam rapat koordinasi yang digelar di Kabtor Bupati Sumbawa, beberapa hari lalu terungkap nama resmi sirkuit dan balapan MXGP Samota.

Nama resmi yang akan digunakan untuk event ini adalah “MXGP of Indonesia Samota Sumbawa 2022”. Sedangkan nama resmi sirkuit yang diusulkan adalah “Samota Adventure Land”.

Dalam waktu tidak lama lagi, kawasan Samota Sumbawa akan menjadi saksi dilaksanakannya kejuaraan dunia MXGP yang akan diikuti para pembalap dari 20 negara. Keberadaan event international MXGP dan para pembalap di Sumbawa menjadi trigger untuk mengenalkan Sumbawa ke dunia.

“Kita harus bisa memberikan kesan yang baik dan mengagumkan kepada mereka, sehingga nantinya yang akan kita dengar adalah berita yang baik dari mereka (pembalap). Kita akan membaca semua postingan di media sosial bahwa Sumbawa is amazing. Sumbawa is beautiful," kata Gubernur Zulkieflimansyah.

Baca Juga: Limbah di Teluk Bima Diduga Fenomena Sea Snot Akibat Pemanasan Global

2. Bentuk sirkuit berkelok dan seperti mangkok

Pembangunan Dimulai, Ini Nama Resmi Sirkuit dan Balapan MXGP Samota Desain Sirkuit MXGP Samota Sumbawa (facebook.com/Bang Zul Zulkieflimansyah)

Sirkuit MXGP Samota dibangun di atas lahan seluas 18 hektare dengan panjang lintasan mencapai 1.800 meter. Naantinya di dalam sirkuit tersebut akan dilaksanakan sejumlah gelaran balapan selama 3 hari berturut-turut mulai dari free practice atau latihan bebas, babak kualifikasi, MX2, dan MXGP.

Bentuk sirkuit yang berkelok seperti mangkok memberikan benefit tersendiri bagi para pecinta balap motor cross. Sebab penonton dapat menyaksikan jalannya balapan secara langsung dari semua sisi. Selain itu, desain konstruksinya tetap memperhatikan kearifan lokal. Dimana tidak ada satupun pohon yang ada di lokasi sirkuit yang ditebang.

3. Launching MXGP Samota di Jakarta

Pembangunan Dimulai, Ini Nama Resmi Sirkuit dan Balapan MXGP Samota Kepala Dinas PUPR NTB Ridwan Syah (IDN Times/Muhammad Nasir)

Komandan Lapangan MXGP Samota Ridwan Syah mengatakan pada tanggal 12 Mei mendatang akan dilaksanakan launching MXGP di Jakarta Convention Center serta beberapa promosi di kota-kota besar lainnya.

Untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan ini, panitia lokal juga telah menyiapkan titik-titik penukaran tiket (ticket box) pada 6 lokasi sekaligus akan dijadikan sebagai kantong parkir. 6 lokasi tersebut adalah Taman Mangga, GOR Mampis Rungan, Stadion Pragas, Terminal Sumer Payung, Gedung DPRD, dan Lapangan Kodim Sumbawa.

Event MXGP Samota akan dibuat dalam bentuk festival. Di mana, akan ada sejumlah event pendukung yang merupakan rangkaian dari kegaitan selain balapan utama.

Para penonton yang hadir dan datang menyaksikan balapan nantinya akan dimanjakan dengan sejumlah pagelaran mulai dari atraksi kembang api, balapan kerbau, pacuan kuda, dan akan ditutup dengan gelaran konser dari salah satu band papan atas Indonesia yaitu Slank pada hari ketiga.

Baca Juga: Limbah di Teluk Bima, Pertamina: Terminal BBM Bima Tidak Ada Masalah

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya