Pembalap Mario Aji Akan Debut pada Moto3 di Sirkuit Mandalika

Banyak warga Jatim diperkirakan akan datang menonton

Mataram, IDN Times - Pembalap Indonesia, Mario Suryo Aji akan melakukan debutnya di Moto3 musim 2022. Pembalap muda asal Jawa Timur (Jatim) itu juga akan tampil di Sirkuit Mandalika pada Maret mendatang.

Dengan tampilnya Mario Suryo Aji di Moto3, penonton MotoGP asal Jatim diperkirakan akan membeludak datang ke Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Sehingga Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB akan memanfaatkan aula-aula kantor pemerintahan dan sekolah untuk dijadikan tempat penginapan penonton yang datang dari luar NTB.

"Dengan adanya ikon anak Jawa Timur yang akan tampil di Mandalika, penonton dari Jawa Timur akan membeludak ke NTB," kata Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Lalu Gita Ariadi dikonfirmasi usai rapat koordinasi penyiapan UMKM saat gelaran MotoGP Mandalika di Kantor Gubernur NTB, Jumat (21/1/2022).

1. Gubernur Jatim akan bawa bupati/walikota saksikan penampilan Mario Aji di Mandalika

Pembalap Mario Aji Akan Debut pada Moto3 di Sirkuit MandalikaGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menjajal Sirkuit Mandalika, Rabu (19/1/2022) (Dok. Diskominfotik NTB)

Pada Rabu, 19 Januari lalu, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa berkunjung langsung ke Sirkuit Mandalika menyaksikan Mario Aji latihan. Mario Aji latihan di Sirkuit Mandalika selama tiga hari.

Pada saat akan pulang ke Jatim, Gubernur Khofifah menyampaikan akan membawa seluruh bupati/walikota se - Jatim datang ke NTB saat gelaran MotoGP Mandalika, 18 - 20 Maret mendatang.

"Gubernur Jatim akan datang lagi dengan semua bupati/walikota se-Jawa Timur. Pak Presiden juga sudah membolehkan penonton jumlahnya sampai100.000 orang. Sehingga penonton dari Jawa Timur akan membeludak ke NTB untuk menyaksikan putra daerahnya," ucap Gita.

Mario Aji merupakan pembalap nasional yang baru duduk di bangku kelas 2 SMA atau usianya 17 tahun. Pada musim 2022, Mario Aji memulai debutnya di Moto3. Pekan depan Mario Aji akan mulai mengikuti race di 21 seri Moto3 di 16 negara. Di antaranya nanti juga akan tampil di Sirkuit Mandalika.

Baca Juga: 900 Kru dan Pembalap MotoGP Akan Ikuti Tes Pramusim di Mandalika

2. Rute langsung transportasi Jatim - Lombok

Pembalap Mario Aji Akan Debut pada Moto3 di Sirkuit MandalikaIlustrasi Infrastruktur (Pelabuhan) (IDN Times/Arief Rahmat)

Gita menuturkan akses transportasi dari Jatim ke Lombok sekarang sangat mudah. Setidaknya ada tiga rute pelayaran dari Jatim langsung ke Pelabuhan Gili Mas Lombok Barat.

Ketiga rute pelayaran langsung tersebut adalah Surabaya - Lembar, Banyuwangi - Lembar dan Probolinggo - Lembar. Selain itu ada juga rute penerbangan langsung Surabaya - Lombok. Dengan mudahnya akses transportasi ke Lombok, penonton MotoGP dari Jatim diperkirakan akan sangat banyak.

3. Siapkan aula kantor pemerintah dan sekolah jadi penginapan

Pembalap Mario Aji Akan Debut pada Moto3 di Sirkuit MandalikaSekretaris Daerah Provinsi NTB, Lalu Gita Ariadi (IDN Times/Muhammad Nasir)

Mengantisipasi lonjakan penonton MotoGP dari Jatim dan daerah-daerah lainnya, Pemprov NTB menyiapkan seluruh aula kantor pemerintahan dan sekolah untuk dijadikan penginapan. Karena jumlah kamar penginapan yang tersedia di NTB masih sangat kurang dibandingkan dengan penonton yang sudah diizinkan sebanyak 100.000 orang.

"Aula pemerintah siap dipersiapkan untuk menampung penonton MotoGP. Gedung Pendidikan yang ada di Islamic Center, silakan disiapkan. Belum lagi sekolah-sekolah juga kita siapkan," ujarnya.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata Provinsi NTB, jumlah akomodasi pariwisata di daerah ini sebanyak 22.038 kamar. Sebanyak 22.038 kamar penginapan yang tersedia terdiri dari hotel bintang 11.108 kaamar, hotel melati 6.637 kamar, villa 104 kamar, bungallow 172 kamar, homestay 2.599 kamar, camping ground 940 kamar, rusunawa 80 kamar dan sarana hunia pariwisata (sarhunta) sebanyak 398 kamar.

Sebanyak 22.038 kamar penginapan tersebut tersebar di 9 kabupaten/kota di NTB. Dengan rincian, Kota Mataram 4.914 kamar, Lombok Barat 3.132 kamar, Lombok Tengah 4.286 kamar, Lombok Timur 1.172 kamar, Lombok Utara 6.719 kamar, Sumbawa Barat 400 kamar, Sumbawa 773 kamar, Dompu 27 kamar dan Bima 615 kamar.

Baca Juga: NTB Usulkan Pembalap dan Kru MotoGP Tes PCR Setiap Dua Hari 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya