Pembalap Indonesia : Sirkuit MXGP Samota Gokil dan Keren

Pembalap MX2 asal Indonesia targetkan masuk 10 besar

Sumbawa, IDN Times - Pembalap motocross asal Indonesia yang turun di kelas MX2, Diva Ismayana mengatakan Sirkuit MXGP Samota di Kabupaten Sumbawa merupakan sirkuit yang paling keren dan gokil di dunia. Dalam ajang MXGP of Indonesia Samota Sumbawa, Diva menargetkan masuk 10 besar.

"Dari segi fisik aku sudah prepare 100 persen. Latihan juga sudah mengikuti pembalap-pembalap luar. Untuk motor dan tim sudah siap 100 persen juga dan aku siap menghadapi MXGP Samota," kata Diva dikonfirmasi di Kantor Bupati Sumbawa, Jumat sore (24/6/2022).

1. Handicap Sirkuit MXGP Samota sangat menantang

Pembalap Indonesia : Sirkuit MXGP Samota Gokil dan KerenRocket Motor Circuit MXGP Samota (Dok. Diskominfotik NTB)

Diva mengaku sudah empat kali turun balapan di MXGP kelas MX2. Dikatakan, karakter Sirkuit MXGP Samota sangat menantang. Ia menyebut Sirkuit MXGP Samota yang berada di Sumbawa i i salah satu sirkuit motocross paling keren dan gokil.

"Selama aku jadi pembalap, ini adalah salah satu sirkuit yang paling keren. Baik handicap, view, dan tanahnya. Ini yang paling sempurna. Aku dan pembalap nasional yang lain jarang ketemu handicap kayak gini. Mungkin ini yang salah satu tantangan yang berat bagi aku. Jadi ini menantang banget," ungkapnya.

Baca Juga: Tim Gajser Akan Berikan Performa Terbaik di MXGP Samota

2. Usulkan Sirkuit MXGP Samota sebagai tempat latihan dan event nasional

Pembalap Indonesia : Sirkuit MXGP Samota Gokil dan Kerenmxgp.com

Diva berharap Sirkuit Samota tidak saja digunakan sebagai perhelatan MXGP. Tetapi juga bisa digunakan untuk event motocross tingkat nasional dan regional. Selain itu, Sirkuit MXGP Samota juga diharapkan dapat menjadi tempat latihan untuk mencetak pembalap motocross dari NTB dan nasional.

"Sirkuit ini sudah standar internasional. Jadi agar bisa mencetak bibit baru lagi dari Sumbawa maupun nasional. Supaya bisa digunakan untuk latihan, tidak setop pada MXGP saja," ucapnya.

Diva menceritakan pembalap lainnya juga mengagumi Sirkuit MXGP Samota. Namun, cuaca yang panas menjadi tantangan tersendiri bagi para pembalap yang berasal dari Eropa.

"Beberapa teman aku dari luar katanya ini sirkuitnya gila, keren banget. Dari segi tanah, tidak terlalu keras dan lembek. Terus handicap banyak jumpingannya. Kemudian derajat jalan lurusnya tidak terlalu lurus, ini naik turun. Mereka suka. Viewnya juga menarik," ungkapnya.

3. Sirkuit terbaik di dunia

Pembalap Indonesia : Sirkuit MXGP Samota Gokil dan KerenJembatan Samota, salah satu ikon Kabupaten Sumbawa yang lokasinya dekat Rocket Motor Circuit MXGP Samota. (Dok. Diskominfotik NTB)

Sementara itu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah memastikan sirkuit Samota menjadi yang terbaik dan bermanfaat bagi masyarakat. Ia mengatakan Sirkuit MXGP Samota sudah diakui menjadi yang terbaik dunia.

"Selain untuk gelaran MXGP lima tahun, kedepan juga bagi pembalap kita sendiri," kata Zulkieflimansyah.

Usai gelaran MXGP Samota yang diikuti juga empat pembalap Indonesia, Gubernur memberikan alternatif agar Zirkuit Samota dapat digunakan untuk event nasional bahkan untuk training camp.

Pembalap asal NTB Nakami Makarim mengakui sirkuit Samota akan menjadi sejarah baru perkembangan olahraga motocross terutama di NTB. "Salah satunya untuk menambah jam terbang wildcard bagi pembalap berbakat untuk berkompetisi di event internasional," ucapnya.

Baca Juga: Rute Senggigi-Padangbai Dibuka, Kini Bali-Lombok Ditempuh 1 Jam Saja

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya