Pasca Kebakaran, Gili Trawangan Dipastikan Aman Dikunjungi Turis

NTB ajukan permohonan bantuan pompa apung pemadam kebakaran

Mataram, IDN Times - Pasca kebakaran hebat yang menghanguskan 59 kamar hotel Ocean Resort Jambu Luwuk Gili Trawangan, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara, Pemprov Nusa Tenggara Barat (NTB) memastikan destinasi wisata tujuan turis mancanegara itu aman dikunjungi.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB Yusron Hadi menyampaikan, bahwa keadaan saat ini sudah terkendali dan dipastikan tidak akan mengganggu kehadiran wisatawan untuk berwisata ke Gili Trawangan.

"Silakan berwisata ke gili, masih aman untuk di kunjungi. Jajaran pemerintahan sudah hadir sejak tadi malam untuk memastikan langkah-langkah antisipatif," kata Yusron di Mataram, Minggu (31/7/2022).

1. NTB ajukan bantuan pompa apung pemadam kebakaran ke BNPB

Pasca Kebakaran, Gili Trawangan Dipastikan Aman Dikunjungi TurisKepala Dispar NTB, Yusron Hadi (IDN Times/Muhammad Nasir)

Yusron mengatakan, mereka membutuhkan alat pompa apung pemadam kebakaran atau floating pump. Keberadaan alat ini dirasakan mendesak guna mencegah peristiwa kebakaran yang terus berulang di Gili Trawangan.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB agar meminta bantuan pengadaan 15 floating pump ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Jika permohonan itu disetujui, maka floating pump akan ditempatkan di kawasan tiga gili yang menjadi tujuan utama wisatawan domestik dan mancanegara. Yaitu, Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno.

"Kebutuhan mendesak adalah floating pump sebagai langkah antisipasi. Kita sudah koordinasi dengan BPBD untuk meminta bantuan BNPB dan tadi BNPB minta kita bersurat permohonan bantuan floating pump ke BNPB," ungkapnya.

Baca Juga: Hotel Oceano Resort di Gili Trawangan Hangus Terbakar

2. Sebanyak 59 kamar hotel hangus terbakar

Pasca Kebakaran, Gili Trawangan Dipastikan Aman Dikunjungi TurisHotel Oceano Resort Jambu Luwuk Gili Trawangan yang hangus terbakar. (Dok. Istimewa)

Seperti diketahui, bencana kebakaran melanda Hotel OceanoResort Jambu Luwuk Gili Trawangan Desa Gili Indah Kecamatan Pemenang Lombok Utara pada 30 Juli 2022 lalu. 

Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran ini, tetapi sejumlah saksi menyampaikan, api diduga berasal dari bagian belakang bangunan dan merembet ke seluruh bangunan resort. 

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut, namun bencana ini menghanguskan sebanyak 59 unit kamar Hotel Oceano Resort Jambu Luwuk. Dari total kamar hotel sebanyak 94 unit, sebanyak 35 unit kamar berhasil diselamatkan dari kobaran api. Termasuk di antaranya ruang lobi, meeting room, mes, ruang server, restoran, dapur dan ruang spa.

3. Pemadaman gunakan alat seadanya

Pasca Kebakaran, Gili Trawangan Dipastikan Aman Dikunjungi TurisPemadaman kobaran api yang menghanguskan 59 kamar hotel Oceano Resort Jambu Luwuk Gili Trawangan. (Dok. Istimewa)

Para petugas hotel dan warga setempat berjibaku memadamkan kobaran api. Para tamu langsung dievakuasi menuju lokasi yang aman ke pinggir pantai.

Warga dan pegawai hotel memadamkan api dengan peralatan seadanya. Pemadaman hanya menggunakan tabung pemadam kebakaran dan air dari kolam. Lokasi tersebut memang tidak tersedia petugas pemadan kebakaran sesuai standar keselamatan. 

Itu yang menyebabkan kobaran api baru bisa dikendalikan pada pukul 21.30 Wita.

Baca Juga: Jelang WSBK Mandalika, NTB Mulai Siapkan Akomodasi Perhotelan  

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya