Panitia Klaim Balapan MXGP Samota Dihadiri 40.000 Penonton 

Infront akan gelar MXGP di Lombok dan Sumbawa

Lombok Timur, IDN Times - Ketua Harian Persiapan MXGP Samota Lalu Herman Mahaputra menyebutkan balapan kejuaraan dunia Motocross Grand Prix (MXGP) of Indonesia, Minggu (26/6/2022) dihadiri sebanyak 40.000 penonton. Penonton sebanyak itu sesuai dengan jumlah tiket yang terjual.

"Tiket yang terjual 40.000 tiket. Tadi malam saja sampai pukul 12 malam macet total di Samota karena ada pertunjukan Band Slank juga," kata Herman Mahaputra dikonfirmasi di Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur, Senin (27/6/2022) sore.

1. Evaluasi kekurangan MXGP Samota

Panitia Klaim Balapan MXGP Samota Dihadiri 40.000 Penonton Ketua Harian Persiapan MXGP Samota Lalu Herman Mahaputra (IDN Times/Muhammad Nasir)

Pria yang akrab disapa Dokter Jack ini mengatakan gelaran MXGP of Indonesia di Rocket Motor Circuit, Samota Sumbawa berjalan sukses. Di tengah berbagai kekurangan yang ada, event internasional tersebut mampu membuat penyelenggara MXGP Infront Moto Racing merasa puas melaksanakan seri ke-12 MXGP 2022 di Samota.

"Mereka sangat apresiasi. Dengan segala kekurangan tetapi event internasional bisa sukses. Kita juga bangga menjadi masyarakat NTB. Sirkuit motocross terbaik dunia ada di Samota. Kita harus bangga," ungkapnya.

Adapun kekurangan yang ada akan menjadi bahan evaluasi. Seperti banyak yang mengeluh area sirkuit berdebu dan jarak parkiran dengan tribun penonton cukup jauh.

"Pasti ada pembenahan. Dari event ini kita evaluasi kekurangannya," kata Dokter Jack.

Baca Juga: Tim Gajser Juarai MXGP Samota, Makin Kokoh di Klasemen 2022

2. MXGP Digelar Dua Seri di NTB

Panitia Klaim Balapan MXGP Samota Dihadiri 40.000 Penonton Penonton kelas festival menyaksikan aksi para pembalap MXGP di Rocket Motor Circuit, Minggu (26/6/2022). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Karena sukses menyelenggarakan MXGP Samota 2022, Infront akan menggelar dua seri MXGP di NTB mulai tahun depan. Seri pertama akan digelar di Sirkuit Samota dan seri kedua di Lombok.

Untuk gelaran MXGP di Lombok, ada dua lokasi yang menjadi alternatif yaitu Sirkuit Lantan Batukliang Utara Lombok Tengah dan Kawasan Mandalika, Kuta Lombok Tengah.

"Nanti akan dilihat bisa saja pakai Sirkuit Lantan karena sudah jadi atau di kawasan Mandalika. Pemkab Lombok Tengah mungkin akan melengkapi sarana pendukungnya yang lain di Sirkuit Lantan termasuk penginapan atau akomodasi," imbuhnya.

3. Ajak IMI Pusat maintenance Sirkuit Samota

Panitia Klaim Balapan MXGP Samota Dihadiri 40.000 Penonton Rocket Motor Circuit Samota Sumbawa. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) NTB ini mengungkapkan Sirkuit Samota merupakan sirkuit motocross yang diinginkan para pembalap atau kroser. Karena sirkuit sepanjang 1,8 km dengan 18 tikungan dan 11 tantangan ini diakui oleh para pembalap terbaik di dunia.

"Kita juga meminta IMI Pusat benar-benar me-maintenance sirkuit ini. Artinya IMI ikut menjadi bagian dari pemeliharaan dan pengawasan Sirkuit Samota," ucap Dokter Jack.

Sirkuit Samota telah berhasil menggelar MXGP 2022 seri ke-12. Dimana, pembalap Honda Racing Corporation (HRC) Team, Tim Gajser menjadi juaranya. Kemenangannya di Sirkuit Samota semakin mengokohkan posisi Gajser di klasemen sementara MXGP 2022. Pembalap asal Slovenia ini menduduki puncak klasemen MXGP 2022 dengan 535 poin.

Baca Juga: Stres Gagal Naik Haji, Pria Paruh Baya di Lombok Ngamuk Bawa Tombak 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya