Ngos-ngosan, Penonton MXGP Keluhkan Jauhnya Jarak Parkiran ke Tribun

Ada yang langsung pulang meski tiket untuk besok masih ada

Mataram, IDN Times - Perhelatan kejuaraan dunia Motocross Grand Prix (MXGP) of Indonesia di Rocket Motor Circuit, Samota Sumbawa, Provinsi NTB terlaksana sesuai jadwal pada 25 - 26 Juni 2022. Namun sejumlah penonton mengeluhkan jauhnya jarak antara parkiran kendaraan dengan tribun penonton MXGP Samota.

Penonton harus berjalan sekitar 700 meter dari parkiran dan menaiki bukit yang menjadi venue MXGP Samota. Lokasi Sirkuit MXGP Samota berada di perbukitan dengan ketinggian sekitar 80 meter di atas permukaan laut. Pada Sabtu (25/6/2022) mulai digelar sesi latihan bebas pertama dan kedua serta babak kualifikasi untuk kelas MX2 dan MXGP.

1. Hanya mengobati rasa penasaran

Ngos-ngosan, Penonton MXGP Keluhkan Jauhnya Jarak Parkiran ke TribunPenonton MXGP Samota berteduh di bawah pohon karena cuaca yang panas di Rocket Motor Circuit Samota. (IDN Times/Muhamad Nasir)

Salah seorang penonton asal Kota Mataram, Rizal mengeluhkan banyaknya penyekatan menuju lokasi menonton MXGP Samota. Ia mengatakan jarak parkiran kendaraan menuju lokasi menonton cukup jauh.

"Terlalu jauh dari lokasi parkir lokasi nonton. Sampai sini perasaan ingin nonton sudah hilang. Shuttle bus tidak ada. Gak kayak Mandalika. Dari parkiran ke tribun sudah ada bus yang mengantar kita," kata Rizal.

Selain itu, lokasi UMKM dengan sirkuit juga cukup jauh. Penonton yang kehabisan makanan dan minuman harus turun bukit. Rizal mengaku datang menonton hanya untuk mengobati rasa penasaran.

Ia mengaku telah membeli tiket untuk nonton sampai hari Minggu (26/6/2022). Tetapi ia hanya akan menonton pada hari Sabtu (25/6/2022) saja. "Tiket kita sampai besok. Tapi akan langsung pulang kayaknya ini. Saya ke sini mengobati penasaran saja," katanya.

Baca Juga: MXGP Samota Bisa Digelar, Terima Kasih Ali BD Telah Meminjamkan Lahan!

2. Tribun beratap diperbanyak

Ngos-ngosan, Penonton MXGP Keluhkan Jauhnya Jarak Parkiran ke TribunPenonton MXGP Samota berteduh di bawah pohon karena cuaca yang panas di Rocket Motor Circuit Samota. (IDN Times/Muhamad Nasir)

Penonton lainnya, Helmi mengatakan perlu ada perbaikan yang dilakukan panitia untuk penyelenggaraan MXGP Samota tahun depan. Seperti tribun penonton perlu diperbanyak yang beratap. Pasalnya, kondisi cuaca di lokasi cukup panas.

"Tribun penonton yaang beratap diperbanyak karena panas. Karena kebanyakan penonton nyari pohon untuk berteduh," kata Helmi.

Helmi juga mengeluhkan jauhnya jarak parkiran kendaraan dengan tribun penonton. "Tahun depan supaya jarak antara tempat parkir dengan tribun penonton diperpendek atau berikan opsi kendaraan bisa dinaikkan ke atas. Begitu juga posisi UMKM juga agar lebih didekatkan ke area sirkuit," pintanya.

3. Masukan untuk perbaikan tahun depan

Ngos-ngosan, Penonton MXGP Keluhkan Jauhnya Jarak Parkiran ke TribunPenonton harus berjalan kaki dari parkiran menuju tribun yang berlokasi di atas perbukitan. (IDN Times/Muhamad Nasir)

Sementara itu, Komandan Lapangan MXGP Samota Ridwan Syah mengatakan apa yang menjadi kritikan dan masukan menjadi atensi untuk perbaikan penyelenggaraan MXGP tahun depan. Ridwan mengajak masyarakat NTB agar bersyukur karena MXGP Samota dapat dilaksanakan.

"Jadi masyarakat NTB saya ajak bersyukur. Kita masih punya kesempatan. Kalaupun ada kekurangan tahun ini kita perbaiki tahun depan. Dan tahun depan tidak capek-capek lagi kita. Sirkuitnya sudah jadi. Kita sudah punya pengalaman," katanya.

Pembalap Honda Racing Team, Tim Gajser merajai babak kualifikasi kejuaraan dunia Motocross Grand Prix (MXGP) of Indonesia di Rocket Motor Circuit, Samota, Kabupaten Sumbawa Provinsi NTB, Sabtu sore (25/6/2022).

Gajser meraih pole position setelah melahap 12 lap Rocket Motor Circuit Samota dalam waktu 24 menit 45,559 detik. Sehingga ia akan start di posisi terdepan pada balapan MXGP Samota, Minggu (26/6/2022) besok.

Sementara itu, pembalap Indonesia Farhan Hendra Fahrodjie harus puas start dari posisi ke-17. Pada babak kualifikasi, Hendra mencatatkan waktu 25 menit 29,023 detik.
Hendra mampu memperbaiki posisinya pada babak kualifikasi. Pada sesi latihan bebas atau free practice dan time practice, Hendra berada pada posisi ke-18. Hendra mencatatkan waktu tercepat pada time practice 2 menit 19,910 detik.

Baca Juga: Kualifikasi MXGP Samota, Tim Gajser Raih Pole Position

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya