Nekat, Tiga Pencuri Gasak Kantor PDAM Dompu Siang Hari Bolong

Ketiga pelaku gasak uang , BPKB dan STNK

Dompu, IDN Times - Nekat, itu mungkin kata paling tepat untuk mengartikan aksi tiga pencuri ini. Bagaimana tidak? Mereka menggasak Kantor PDAM Dompu di Nusa Tenggara Barat (NTB) pada siang hari bolong, tepatnya Sabtu 12 April 2022 pukul 13.00 Wita. 

Pencurian di Kelurahan Simpasai Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu ini, mereka menggondol brankas, BPKB, dan STNK kendaraan bermotor menjadi aset Kantor PDAM Dompu. 

1. Identitas ketiga pelaku pencurian

Nekat, Tiga Pencuri Gasak Kantor PDAM Dompu Siang Hari BolongBarang bukti CCTV yang diamankan polisi (Dok. Polres Dompu)

Kasat Reskrim Polres Dompu Ajun Komisaris Pol Adhar menyebutkan, identitas ketiga pelaku pencurian di PDAM Dompu. Mereka adalah YM (22) dengan alamat Kelurahan Simpasai, Kecamatan Woja, Kabuoaten Domp. Kemudian AW (23) beralamat Dudun Saleko, Desa Sorisakolo, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu.

Pelaku ketiga adalah S (28) beralamat Lingkungan Simpasai, Kelurahan Simpasai, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu.

Adhar menjelaskan penangkapan ketiga orang pelaku berdasarkan laporan pengaduan AS (50), pegawai honorer PDAM Dompu.

Baca Juga: Perantau Asal Pelembang di Lombok ini Akhirnya Bisa Mudik Lebaran

2. Masuk Kantor PDAM lewat plafon

Nekat, Tiga Pencuri Gasak Kantor PDAM Dompu Siang Hari BolongBarang bukti kipas angin yang diamankan polisi (Dok. Polres Dompu)

Menindaklanjuti laporan itu, Tim Puma Polres Dompu melakukan penyelidikan terkait keberadaan pelaku dan barang-bukti. Setelah memastikan keberadaan pelaku akhirnya Tim Puma Polres Dompu dipimpin Inspektur Dua Bayoe Wicaksono melakukan penangkapan terhadap ketiga pelaku pencurian.

Adapun kronologis kejadian, ketiga pencuri masuk ke Kantor PDAM melewati plafon bagian utara. Kemudian mengambil kipas angin beserta CCTV yang ada di dalam kantor.

Setelah itu, ketiga pelaku membuka brankas dan mengambil isinya berupa uang, BPKP, dan STNK.

Uang yang ada di brankas dibagi 3 dengan jumlah uang sekitar Rp 7 juta. Sementara STNK dan BPKB dibuang ke sungai. "Akibat kejadian tersebut pelapor mengalami kerugian sekitar Rp12 juta," sebutnya, Minggu (24/4/2022).

3. Ketiga pelaku diamankan di Mapolres Dompu

Nekat, Tiga Pencuri Gasak Kantor PDAM Dompu Siang Hari BolongIlustrasi tersangka (IDN Times/Mardya Shakti)

Korban AS merasa keberatan dan melaporkan kejadian tersebut ke Mako Polres Dompu untuk proses hukum lebih. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, ketiganya pun lantas digelandang ke Mapolres Dompu untuk proses lebih lanjut.

"Pelaku pencurian sudah kami tangkap tanpa melakukan perlawanan, dan untuk saat ini pelaku beserta barang bukti sudah kami amankan di Mapolres Dompu untuk proses lebih lanjut," katanya.

Baca Juga: Event MotoGP Tarik Investor Bikin Lapangan Golf di Mandalika

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya