MXGP Samota Sebentar Lagi, Vaksinasi di Sumbawa Belum 100 Persen

Suling air laut untuk kebutuhan air bersih saat MXGP

Sumbawa, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Sumbawa menargetkan cakupan vaksinasi dosis kedua dan booster jelang perhelatan kejuaraan dunia Motocross atau Motocross Grand Prix (MXGP) mencapai 70 persen. Sedangkan untuk cakupan vaksinasi dosis pertama dan kedua belum 100 persen.

Pemda Kabupaten Sumbawa terus mematangkan persiapan jelang gelaran MXGP Samota 2022. Sebagaimana diketahui, MXGP Samota akan digelar pada 26 Juni mendatang.

1. Bupati Sumbawa minta vaksinasi segera dituntaskan

MXGP Samota Sebentar Lagi, Vaksinasi di Sumbawa Belum 100 PersenBupati Sumbawa Mahmud Abdullah (Dok. Prokopim Sumbawa)

Bupati Sumbawa, Mahmud Abdullah saat memimpin rapat koordinasi bersama Forkopimda membahas masalah vaksinasi, penyelenggaraan MXGP, serta masalah kelangkaan pupuk dan sembako, Selasa (22/2022). Dalam arahannya terkait vaksinasi, Bupati meminta agar pelaksanaan vaksinasi dapat segera dituntaskan.

"Terutama menjelang event MXGP yang mensyaratkan capaian vaksinasi dosis 1 sebesar 100 persen, dosis 2 sebesar 70 persen, dan dosis 3 atau booster sebesar 70 persen," kata Bupati yang biasa disapa Haji Mo ini.

Capaian vaksinasi di Kabupaten Sumbawa per 22 Februari 2022 berdasarkan data manual Dinas Kesehatan untuk dosis 1 mencapai 90,86 persen, dosis 2 sebesar 66,21 persen, dosis 3 untuk tenaga kesehatan mencapai 95,24 persen, dan dosis 3 untuk masyarakat umum sebesar 2,46 persen.

Capaian vaksinasi anak usia 6-11 tahun, dosis 1 sebesar 73,73 persen, dosis 2 sebesar 16,75 persen. Sedangkan untuk lansia, capaian dosis 1 sebesar 66,29 persen, dosis 2 sebesar 51,39 persen, dan dosis 3 sebesar 3,11 persen.

Baca Juga: Samota Sumbawa Resmi Masuk Kalender MXGP 2022 

2. Pemda membantu penyiapan lahan untuk lokasi MXGP

MXGP Samota Sebentar Lagi, Vaksinasi di Sumbawa Belum 100 PersenMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Bandara Sultan Kaharuddin III Sumbawa, Kamis (14/1/2022) untuk mendukung gelaran MXGP2022 yang akan digelar di Samota (Dok. Diskominfotik NTB)

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Sumbawa, Lalu Suharmaji Kertawijaya selaku Ketua Tim Kecil MXGP yang dibentuk Bupati menyebutkan, penyelenggaraan MXGP secara teknis akan dilaksanakan oleh event organizer yang ditunjuk oleh Infront selaku prinsipal MXGP.

Pemerintah daerah akan membantu penyiapan lahan tempat berlangsungnya event MXGP serta infrastruktur pendukungnya. Berdasarkan hasil pembicaraan terakhir antara Pemerintah Provinsi dengan Promotor MXGP, telah diputuskan tempat penyelenggaraan event di lahan milik Ali BD di Kawasan Samota.

3. Penyulingan air laut untuk kebutuhan MXGP

MXGP Samota Sebentar Lagi, Vaksinasi di Sumbawa Belum 100 PersenPulau Moyo (instagram.com/imilaaaa_)

Selanjutnya dalam rangka penyediaan air minum atau air bersih di lokasi MXGP, Suharmaji mengatakan Perumdam Batulanteh telah bekerja sama dengan PT. Tiara Cipta Nirwana dalam penyediaan air minum melalui teknologi SWRO untuk penyulingan air laut.

Menurutnya, kerja sama dengan skema business to business kedua perusahaan telah mendapat pendampingan hukum dari Kejaksaaan Negeri Sumbawa. Ia menyebutkan pada awal Februari ini telah dilakukan survei oleh Tim Promotor MXGP untuk persiapan logistik dan hospitality. Direncanakan pada akhir Februari atau awal Maret 2022, akan datang Tim untuk melakukan finalisasi rencana layout lokasi dan persiapan teknis lainnya.

Baca Juga: Masjid Ar Ridwan, Akulturasi Budaya China di Bumi Seribu Masjid 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya