Comscore Tracker

Miliki Sirkuit untuk MotoGP dan MXGP, NTB akan Bentuk Akademi Balap  

Cetak atlet balap internasional

Mataram, IDN Times - Gubernur NTB Zulkieflimansyah mendorong Ikatan Motor Indonesia (IMI) membentuk akademi balap di Nusa Tenggara Barat (NTB). Pasalnya, NTB telah memiliki sirkuit balap standar internasional untuk gelaran MotoGP, World Superbike (WSBK) dan Motocross Grandprix (MXGP).

Menurutnya, sangat lucu apabila NTB yang memiliki venue balap standar internasional tetapi tidak mampu melahirkan pembalap-pembalap yang dapat berkiprah di ajang MXGP, WSBK dan MotoGP.

"IMI NTB harus berkonsentrasi untuk membangun sekolah pembalap. Lucu kalau MXGP di Lombok dan Sumbawa, tapi gak ada pembalap lokal," kata Zulkieflimansyah saat pelantikan Pengurus IMI 10 Kabupaten/Kota di NTB, Jumat (4/11/2022).

1. Jadikan NTB barometer otomotif di Indonesia

Miliki Sirkuit untuk MotoGP dan MXGP, NTB akan Bentuk Akademi Balap  Gubernur NTB Zulkieflimansyah (Dok Diskominfotik NTB)

Gubernur berharap NTB dapat menjadi barometer olahraga otomotif di Indonesia. Karena NTB memiliki Sirkuit MotoGP di Mandalika, Lombok Tengah dan Sirkuit MXGP di Samota, Sumbawa.

Keberadaan Sirkuit MotoGP dan MXGP diharapkan dapat melahirkan talenta-talenta muda untuk menjadi pembalap profesional. Karena menurut Gubernur, pembalap asal luar daerah dan luar negeri saja, sangat ingin latihan di sirkuit MXGP yang ada di NTB.

Baca Juga: Infront Pilih Eks Bandara Selaparang Jadi Sirkuit MXGP Lombok 2023

2. IMI NTB akan wujudkan akademi balap

Miliki Sirkuit untuk MotoGP dan MXGP, NTB akan Bentuk Akademi Balap  Ketua Umum IMI NTB dr. Lalu Herman Mahaputra. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sementara itu, Ketua Umum IMI NTB, dr. Lalu Herman Mahaputra mengatakan pihaknya akan mewujudkan akademi balap agar bisa dibangun di NTB. IMI NTB akan berkoordinasi dengan IMI Pusat kaitan dengan rencana membangun akademi atau sekolah balap di NTB.

"Karena kita memiliki Sirkuit Mandalika dan Sirkuit MXGP Samota. Dan sekolah balap itu, insyaAllah kita akan wujudkan. Kita akan koordinasi dengan PP IMI sebagai induk kita. Kita akan mohon arahan dari Ketua Umum IMI seperti apa teknisnya," kata pria yang biasa disapa Dokter Jack ini.

3. Harus lahir atlet balap internasional

Miliki Sirkuit untuk MotoGP dan MXGP, NTB akan Bentuk Akademi Balap  para pembalap IATC (IDN Times/asiatalentcup.com)

Pembalap Offroad ini mengatakan NTB merupakan provinsi yang memiliki venue atau sirkuit balap standar internasional baik untuk MotoGP dan MXGP. Untuk itu, harus lahir pembalap-pembalap internasional dari NTB dengan membentuk akademi balap.

Pada Desember mendatang, IMI NTB akan menggelar kejuaraan Road Race Gubernur Cup di Sirkuit Mandalika. "Ada rencana kita mendatangkan motor dan mobil sport di tempatkan di kawasan Mandalika. Kalau tidak ada lomba, bisa dikomersilkan. NTB harus melahirkan atlet potensial," tandas Dokter Jack.

Baca Juga: One Gate System Gili Trawangan Dihentikan, Rute Bali-Trawangan Normal

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya