Comscore Tracker

MGPA: Sirkuit Mandalika Siap Jadi Pembuka MotoGP 2023 

Sirkuit Mandalika akan dibuka untuk kunjungan wisata

Lombok Tengah, IDN Times - Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah berpeluang menggelar seri pembuka MotoGP 2023. Pasalnya, Sirkuit Losail Qatar pada musim 2023 mendatang tak akan menjadi seri pembuka MotoGP seperti biasanya, karena akan dilakukan renovasi besar-besaran pada beberapa bagian.

Sementara itu, Koordinator Trek Sirkuit Mandalika dari Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Deny Pribadi mengatakan Sirkuit Mandalika sangat siap untuk digunakan balapan. Apalagi, pascagelaran MotoGP Mandalika, 18 - 20 Maret lalu, Sirkuit Mandalika tetap dilakukan perawatan atau maintenance.

"Kalau dari sisi kesiapan sirkuit kita siap, sudah sangat siap," kata Deny dikonfirmasi IDN Times, Selasa (17/5/2022).

1. Sirkuit Mandalika dilakukan perawatan tiap hari dan dijaga Brimob

MGPA: Sirkuit Mandalika Siap Jadi Pembuka MotoGP 2023 Inspeksi FIA ke Sirkuit Mandalika beberapa waktu lalu (IDN Times/Muhammad Nasir)

Deny mengungkapkan sirkuit dengan panjang lintasan 4,31 kilometer tersebut setiap hari dilakukan perawatan. Bahkan, Sirkuit Mandalika dijaga 24 jam oleh Brimob. Baik di paddock, gedung utama, tunnel hingga pintu masuk.

Sehingga, tidak sembarangan orang yang bisa masuk ke area sirkuit. Kecuali, kata Deny, orang yang sudah mengantongi izin. "Semua orang bisa masuk sirkuit tapi harus berizin. Kalau gak ada izin gak bisa masuk," terangnya.

Setelah gelaran MotoGP Mandalika, lanjut Deny, lintasan Sirkuit Mandalika tetap dicek setiap hari. Sehingga, Sirkuit Mandalika tetap ready apabila ada event balap.

"Umpama ada balap maka ready sekali. Perawatan setiap hari. Ketika ada sesuatu langsung kita pelihara. Setiap hari pasti ada petugas yang jalan," ungkapnya.

Baca Juga: 15.500 Ekor Sapi NTB Dikirim Lewat Tol Kapal Laut ke Jabodetabek

2. Tidak ada catatan krusial pascagelaran MotoGP Mandalika

MGPA: Sirkuit Mandalika Siap Jadi Pembuka MotoGP 2023 Koordinator Trek Sirkuit Mandalika Deny Pribadi (Dok. Istimewa)

Pascagelaran MotoGP pada Maret lalu, Deny mengungkapkan tidak ada catatan yang krusial terkait Sirkuit Mandalika. Hal yang menjadi catatan terkait dengan pembersihan trek saja.

"Tidak ada aspal ulang lagi kayak tes pramusim. Catatannya trek yang kotor kita cat lagi. Gravelnya kita pelihara lagi, bajak lagi. Tidak ada aspal yang mengelupas. Catatannya ternyata hanya perawatan saja," kata Deny.

3. Sirkuit Mandalika direncanakan akan dibuka untuk kunjungan wisata

MGPA: Sirkuit Mandalika Siap Jadi Pembuka MotoGP 2023 Inspeksi Sirkuit Mandalika (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sirkuit Mandalika rencananya akan dibuka untuk kunjungan wisata atau tour sirkuit. Saat ini, kata Deny, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), MGPA dan Injouney sedang melakukan pembicaraan kaitan dengan hal tersebut.

"Sekarang kita lagi menjajaki. Seperti apa bentuknya dan peraturannya. Nantinya akan ada tour sirkuit. Kita sedang mempelajari bagaimana aturannya. Sedang dibicarakan terus oleh ITDC, MGPA dan Injourney," paparnya.

Baca Juga: Keren! Ada 'Event Track Day' di Sirkuit Mandalika pada 21 Mei 2022 

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya