Kontingen NTB Ikuti 44 Cabor di PON Aceh-Sumut 2024

NTB juga andalkan cabor baru untuk dapatkan medali

Mataram, IDN Times - Kontingen Nusa Tenggara Barat (NTB) bersiap menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang akan digelar di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara (Aceh-Sumut) pada 8-20 September 2024. KONI NTB telah menetapkan 44 cabang olahraga (cabor) yang diikuti pada pesta olahraga empat tahunan itu.

Ketua Umum KONI NTB, Mori Hanafi mengatakan dari 44 cabor itu, sebanyak 250 atlet yang akan dibawa ke PON Aceh-Sumut 2024.

”Kita sudah tetapkan ada 44 cabor dan 250 atlet yang akan bertarung membela NTB di PON XXI,” kata Mori di Mataram, Rabu (10/7/2024).

1. Jumlah pelatih dan ofisial menyesuaikan

Kontingen NTB Ikuti 44 Cabor di PON Aceh-Sumut 2024ilustrasi cara memegang raket tenis meja (Freepik.com/EyeEm)

Selain penetapan jumlah atlet, Mori menyebutkan komposisi pelatih yang akan menangani para atlet tersebut. Namun untuk sebaran pelatih, tidak merata di setiap cabor. Jumlah pelatih disesuaikan dengan jumlah atlet masing-masing cabor.

”Rata-rata cabor beregu yang banyak atletnya atau cabor yang menurunkan nomor beregu. Jadi jumlah pelatih dan ofisialnya menyesuaikan,” jelas Mori.

Baca Juga: Kejati NTB Selidiki Dugaan Korupsi Event Lombok Sumbawa Motocross 2023

2. Daftar 44 cabor yang diikuti kontingen PON NTB

Kontingen NTB Ikuti 44 Cabor di PON Aceh-Sumut 2024ilstrasi perempuan senam atletik (canva/@peopleinmotion)

Mantan Wakil Ketua DPRD NTB ini menyebutkan 44 cabor yang diikuti kontingen PON NTB. Di antaranya, Atletik, Aerosport (Gantole), Akuatik, Anggar, Angkat Besi, Biliar, Balap Sepeda, Bermotor, Bridge, Bulutangkis, Berkuda, Catur, Esport, Gateball, Gulat, Hapkido, Hoki.

Kemudian, Kabaddi, Karate, Kurash, Kempo, Kickboxing, Menembak, Muaythai, Panahan, Pencak Silat, Panjat Tebing, Petanque, Soft Tennis, Senam, Sport Dance, Squash, Selancar Ombak, Selam, Sepatu Roda, Sepak Takraw, Tenis Lapangan, Tarung Derajat, Taekwondo, Tinju, Tenis Meja, Triathlon, Voli Pasir, dan Wushu.

Dari 44 cabor tersebut, skuad terbesar berada di cabor atletik yang membawa 18 atlet dan 7 pelatih. Kemudian Tarung Derajat dengan 18 atlet dan 4 pelatih.

Disusul Kabaddi dengan 17 atlet dan 4 pelatih. Menembak menurunkan 15 atlet dengan 4 pelatih. Cabor Bulutangkis juga disebutkan membawa banyak pasukan, yakni 14 atlet dan 4 pelatih dan Hoki 12 atlet dengan 2 pelatih.

3. Cabor baru berpeluang menyumbang medali

Kontingen NTB Ikuti 44 Cabor di PON Aceh-Sumut 2024Ilustrasi pria sedang memegang medali (freepik.com/freepik)

Kontingen NTB sendiri tidak hanya diperkuat cabor-cabor unggulan yang memiliki tradisi menyumbangkan medali emas. Sejumlah cabor baru juga masuk dalam jajaran patriot olahraga NTB. Seperti Kurash, Soft Tennis, Squash, Gula, Hoki, dan Kabaddi.

”Untuk cabor baru ini peluang medali emas sangat besar. Karena semua provinsi juga baru membesarkan cabor ini,” pungkas Mori.

Mori optimis cabor-cabor baru memiliki peluang besar mempersembahkan medali. Dikarenakan ini cabor baru dan menjadi hal baru bagi seluruh provinsi maka peta persaingan merata bagi peserta PON XXI.

Baca Juga: 165.917 Wajib Pajak di NTB Belum Padankan NIK-NPWP, Bakal Kena Sanksi?

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya