Ketua DPP PKS Sebut AHY Cocok Dampingi Anies di Pilpres 2024 

PKS tidak paksakan kader jadi bakal calon wakil presiden

Mataram, IDN Times - Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Bidang Pembinaan Kepala Daerah Zulkieflimansyah mengatakan sosok Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono yang cocok mendampingi Bakal Calon Presiden Anies Baswedan pada Pilpres 2024. PKS sendiri sudah mendeklarasikan Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Kamis (23/2/2023) lalu.

"Kalau kami dari PKS yang pas mendampingi Anies adalah AHY. Menurut Bang Zul yang pas mendampingi Anies adalah AHY," kata Zulkieflimansyah usai acara Misi Dagang dan Investasi Jawa Timur - NTB di Mataram, Senin (27/2/2023).

1. Supaya Nasdem, PKS dan Demokrat solid

Ketua DPP PKS Sebut AHY Cocok Dampingi Anies di Pilpres 2024 Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bertemu dengan Gubernur Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta pada Kamis (6/5/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Menurut pria yang akrab disapa Bang Zul ini, sosok AHY dinilai cocok menjadi bakal Calon Wakil Presiden mendampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024 supaya tiga partai yang tergabung dalam Koalisi Perubahan semakin solid. Tiga partai politik yang tergabung dalam Koalisi Perubahan antara lain Partai Nasdem, PKS dan Demokrat.

Menurut Bang Zul, jika Partai Demokrat tidak ikut maka Koalisi Perubahan tidak akan bisa mengusung Capres 2024. PKS sendiri, kata Gubernur NTB ini, tidak memaksakan kadernya untuk menjadi bakal calon Wakil Presiden mendampingi Anies Baswedan.

"PKS tidak memaksakan diri untuk mengusung Wapres. Menurut kami, PKS legowo secara rasional memang AHY yang pas mendampingi Anies. Sehingga Demokrat memastikan dukungan dengan tiga partai ini, tiketnya sudah ada," katanya.

Baca Juga: Ajukan Protes Keras, Sumbawa Naik Peringkat 4 Porprov NTB 2023 

2. Mayoritas penduduk NTB pendukung Anies

Ketua DPP PKS Sebut AHY Cocok Dampingi Anies di Pilpres 2024 IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Dari survei yang dilakukan PKS, kata Bang Zul, pendukung Anies Baswedan di NTB relatif banyak bahkan mayoritas. Namun, ia tidak menyebutkan persentase penduduk NTB yang mendukung Anies dalam Pilpres 2024.

Disinggung mengenai kans Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada Pilpres 2024, Bang Zul mengatakan Khofifah merupakan salah satu sosok kepala daerah yang diperbincangkan elit politik di Jakarta. Karena Khofifah merupakan Gubernur yang memimpin daerah dengan penduduk cukup besar di Pulau Jawa.

"Saya lihat Khofifah sosok yang diperbincangkan di kalangan elit di Jakarta. Karena dia tidak terikat oleh kalangan satu partai politik manapun," ucapnya.

3. NTB - Jawa Timur perkuat kerja sama dagang dan investasi

Ketua DPP PKS Sebut AHY Cocok Dampingi Anies di Pilpres 2024 Pemprov NTB dan Pemprov Jawa Timur menjalin kerja sama sejumlah bidang di Mataram, Senin (27/2/2023). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa langsung datang ke NTB pada acara Misi Dagang dan Investasi antara Jawa Timur dan NTB. Pemprov NTB dan Pemprov Jawa Timur menandatangani kerja sama dalam sejumlah bidang.

Kerja sama itu ditandatangani Gubernur NTB Zulkieflimansyah dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Selanjutnya, penandatangan kerja sama juga dilakukan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov NTB dan Pemprov Jawa Timur. Kemudian kerja sama antara BUMD Pemprov NTB dan BUMD Pemprov Jawa Timur serta Kamar Dagang dan Industri (Kadin).

Baca Juga: Porprov NTB 2023: Mataram Juara Umum dan Dompu Peringkat Kedua

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya