Comscore Tracker

Kasus Meningkat, 34 Jemaah Haji NTB Positif COVID-19 

Kasus aktif COVID-19 di NTB sebanyak 34 orang

Mataram, IDN Times - Kasus COVID-19 di NTB kembali meningkat pada awal Agustus ini. Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi NTB per 7 Agustus 2022, jumlah kasus aktif COVID-19 sebanyak 34 orang.

Asisten III Setda Provinsi NTB, dr. Nurhandini Eka Dewi mengatakan bahwa memang ada peningkatan kasus COVID-19 di NTB pada Agustus ini. Bertambahnya kasus COVID-19 karena ada jemaah haji yang baru pulang dari Arab Saudi terpapar Corona.

1. Swab antigen, 34 jemaah haji NTB positif COVID-19

Kasus Meningkat,  34 Jemaah Haji NTB Positif COVID-19 Pemeriksaan swab antigen kepada jemaah haji di Asrama Haji NTB. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Mataram, dr. Aulianto menyebutkan jumlah jemaah haji NTB yang positif COVID-19 berdasarkan hasil swab antigen sebanyak 34 orang. Namun, semua jemaah yang positif COVID-19, orang tanpa gejala (OTG).

"Sehingga tidak ada yang dirujuk ke rumah sakit," kata Aulianto di Mataram, Senin (8/8/2022).

Aulianto menyebutkan jumlah jemaah haji Embakrkasi Lombok yang pulang sebanyak 2.063 orang dan satu orang meninggal di Arab Saudi. Hasil pemeriksaan swab antigen di Asrama Haji NTB, sebanyak 34 orang atau 1,65 persen, positif COVID-19. Sedangkan 2.029 orang atau 98,35 persen, negatif COVID-19.

Baca Juga: Seorang Pendaki Terpeleset dan Dievakuasi dari Gunung Rinjani

2. Pelaku perjalanan sumbang kenaikan kasus COVID-19

Kasus Meningkat,  34 Jemaah Haji NTB Positif COVID-19 Asisten III Setda Provinsi NTB, dr. Nurhandini Eka Dewi (IDN Times/Muhammad Nasir)

Asisten III Setda Provinsi NTB, dr. Nurhandini Eka Dewi mengatakan penambahan kasus COVID-19, salah satunya akibat pelaku perjalanan. Pada minggu pertama Agustus 2022, ada kepulangan jemaah haji.

"Minggu ini ada penambahan dari jemaah haji yang pulang, itu kan ada yang positif. Laporan dari KKP sebelumnya 12 orang positif berdasarkan tes antigen," terang Eka.

Tambahan kasus COVID-19 di NTB pada minggu ini semuanya orang dewasa, tidak ada anak-anak. Rata-rata, mereka yang terkonfirmasi positif merupakan pelaku perjalanan dan komorbid.

Adapun sebaran 34 kasus aktif COVID-19 per 7 Agustus 2022, yaitu Kota Mataram 9 orang, Lombok Barat 4 orang, Lombok Tengah 4 orang, Kabupaten Sumbawa 2 orang, Kabupaten Bima 8 orang dan Kota Bima 5 orang.

3. Belum ada varian baru masuk NTB

Kasus Meningkat,  34 Jemaah Haji NTB Positif COVID-19 Jemaah haji NTB kloter 6 saat tiba di Asrama Haji NTB. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Meskipun ada tambahan kasus baru COVID-19 dari pelaku perjalanan luar negeri, tetapi Eka mengatakan belum ada varian baru yang masuk NTB. Mantan Kepala Dinkes Provinsi NTB ini menjelaskan varian baru dapat dipastikan setelah dilakukan pemeriksaan.

Varian baru COVID-19 dapat diketahui setelah dilakukan pemeriksaan sequensing di Litbangkes Kementerian Kesehatan (Kemenkes). "Kalau kita lihat, kita belum ada varian baru," ucapnya.

Eka menjelaskan bagi jemaah haji yang positif COVID-19 berdasarkan hasil swab antigen, mereka harus isolasi mandiri bagi yang tanpa gejala. Namun bagi jemaah yang positif COVID-19 dengan gejala, maka harus dirawat di rumah sakit.

Baca Juga: Kasus Melandai, 84.600 Ternak Kena PMK di Lombok Dinyatakan Sembuh

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya