ITDC Fokus Persiapkan Event GT World Challenge Asia 2022 di Mandalika 

Belum ada pembicaraan lanjutan untuk balap F1

Mataram, IDN Times - PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sedang fokus mempersiapkan event balap mobil GT World Challenge Asia yang akan digelar pada 21 - 23 Oktober mendatang.

Sementara untuk gelaran balap Formula One (F1) di Sirkuit Mandalika masih belum ada pembicaraan lanjutan. Pasalnya, salah satu syarat untuk menggelar F1 harus tersedia akomodasi perhotelan bintang 5 sebanyak 3.000 kamar di sekitar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

1. Jadwal telah diterapkan, ITDC masih negosiasi

ITDC Fokus Persiapkan Event GT World Challenge Asia 2022 di Mandalika Managing Director The Mandalika, Bram Subiandoro (IDN Times/Muhammad Nasir)

Managing Director The Mandalika Bram Subandioro mengatakan Circuit Inspector Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) Scot Elkins telah melakukan inspeksi ke Sirkuit Mandalika pada 24 Maret 2022 lalu. Mereka melihat kesiapan Sirkuit Mandalika untuk menggelar balapan roda empat.

"Sementara kita belum bicarakan lagi kemungkinan F1. Tapi yang jelas GT World Challenge Asia, balap mobil, kita dengan FIA melakukan itu dulu. Sementara ini, kita sudah dapat jadwalnya. Masih negosiasi untuk hal-hal lainnya," kata Bram dikonfirmasi di Mataram, Jumat (20/5/2022).

Baca Juga: Event "Track Day" di Sirkuit Mandalika, Harga Tiket Rp10 Ribu 

2. Syarat 3.000 kamar hotel bintang 5

ITDC Fokus Persiapkan Event GT World Challenge Asia 2022 di Mandalika Vila di Hotel Pullman Mandalika (Dok. Humas ITDC)

Salah satu syarat agar balap F1 dapat digelar di Sirkuit Mandalika adalah kesiapan akomodasi. Promotor balap F1 mensyaratkan minimal tersedia 3.000 kamar hotel bintang 5 di Kawasan Mandalika.

Bram mengatakan akomodasi perhotelan ini tidak mesti di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Tetapi maksimal hotel bintang 5 tersebut berada 3 km dari KEK Mandalika.

3. FIA telah lakukan inspeksi ke Sirkuit Mandalika

ITDC Fokus Persiapkan Event GT World Challenge Asia 2022 di Mandalika Circuit Inspector FIA Scot Elkins melakukan inspeksi di Sirkuit Mandalika dalam rangka persiapan balap roda empat (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sebelumnya, Circuit Inspector Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) Scot Elkins melakukan inspeksi ke Sirkuit Mandalika, Kamis (24/3/2022) lalu. Inspeksi FIA ke Sirkuit Mandalika dalam rangka menuju homologasi untuk persiapan gelaran balap roda empat seperti World GT Challenge dan Formula 1.

"FIA mengirimkan Scot Elkins untuk melihat Pertamina Mandalika International Street Circuit dalam rangka mendapatkan homologasi untuk kendaraan roda empat," kata Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria.

Setelah kunjungan Circuit Inspector FIA, MGPA kemudian mengirimkan dossier atau bahan-bahan terkait dengan pembangunan Sirkuit Mandalika. Seperti lebar lintasan, run off, gravel, dinding pagar lintasan hingga susunan ban.

Pemerintah Indonesia menginginkan adanya event-event internasional dalam rangka memperkenalkan Indonesia di dunia. Apabila dari hasil inspeksi yang dilakukan FIA, Sirkuit Mandalika memenuhi standar atau ada yang perlu dilakukan perubahan maka akan dilakukan pembenahan dalam rangka menuju homologasi yang dikeluarkan oleh FIA.

Sirkuit Mandalika sendiri memiliki panjang lintasan 4,3 kilometer, dengan lebar 15 meter, dan dilengkapi dengan 17 tikungan. Serta memiliki speed trap (gaya dorong pemicu pembalap untuk memaksimalkan kecepatan saat berlaga) yang cukup lebar dan tinggi.

Trek ini dilengkapi dengan dua service road, yaitu service road inner panjang 3,8 kilometer dan lebar 14 meter dan service road outter panjang 4,32 kilometer dan lebar 14 meter, serta pit lane dengan panjang 835 meter dan lebar 14 meter.

Baca Juga: Dijual Awal Juni, Harga Tiket Kelas Festival MXGP Samota Rp100 Ribu 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya