Insan Sepak Bola NTB Menaruh Harapan Besar pada Erick Thohir 

Ketum PSSI terpilih diharapkan perhatikan daerah

Mataram, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI La Nyalla Mattalitti resmi maju menjadi calon Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Pemilihan Ketum PSSI akan digelar dalam Kongres Luar Biasa (KLB) pada 16 Februari 2023.

Dari dua nama calon Ketum PSSI, insan sepak bola di Nusa Tenggara Barat (NTB) lebih menjagokan Menteri BUMN, Erick Thohir. Seperti disampaikan Ketua Badan Liga Sepakbola Pelajar Indonesia (Blispi) NTB Muhammad Jaelan. Ia mengatakan majunya Erick Thohir sebagai calon Ketum PSSI membawa harapan besar untuk perubahan sepak bola nasional.

"Kita berharap besar kepada pak Erick Thohir dengan segala pengalaman dan kemampuannya sampai tingkat internasional. Agar dunia sepak bola Indonesia ke depan lebih baik dan berprestasi," kata Jaelan dikonfirmasi IDN Times di Mataram, Sabtu (21//2023).

1. Pembinaan sepak bola usia muda diharapkan lebih baik

Insan Sepak Bola NTB Menaruh Harapan Besar pada Erick Thohir Pertandingan Liga 3 Bank NTB Syariah antara Perslotim dan Mandalika FC di GOR 17 Desember Kota Mataram. (dok. Asprov PSSI NTB)

Jaelan mengatakan kedua calon Ketum PSSI punya kelebihan dan kekurangan. La Nyalla Mattaliti pernah menjadi Ketum PSSI 2015 - 2016 dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

"Saya kira beliau harus legowo memberikan kepada orang baru. Karena prestasi sepak bola kita sudah sekian puluh tahun tidak ada. Piala AFF saja kita tak pernah menjuarai sampai sekarang. Filipina sudah 7 kali juara, kita belum sama sekali," katanya.

Di bawah Erick Thohir, ia yakin pembinaan usia muda akan lebih baik. Karena Erick Thohir pernah menjadi pemilik klub sepak bola di tingkat internasional seperti Inter Milan Italia. Dengan pengalaman di tingkat internasional, Jaelan yakin, Erick Thohir juga akan bisa membenahi kompetisi liga 1, liga 2 dan liga 3 di Tanah Air.

"Erick Thohir sebagai orang yang mengerti manajemen sepak bola, telah melanglang sampai internasional kita harapkan dia bisa menjadi Ketua Umum PSSI dan membawa sepak bola nasional lebih baik ke depan. Kita berharap lebih besar kepada Erick Thohir ketimbang La Nyalla Mattaliti," ucap Jaelan.

Pemilik Sekolah Sepak Bola (SSB) Selaparang, Kota Mataram ini berharap kepada Ketum PSSI yang terpilih nantinya supaya dapat memperhatika. struktur organisasi sepak bola sampai tingkat daerah. Karena dari sisi kompetisi dan pembinaan usia muda masih jauh dari harapan.

"Di situlah titik berat perbaikan sepak bola yang harus dilakukan. Kita punya penduduk 250 juta, tapi sulit sekali cari tim 23 orang. Negara lain penduduknya 10 juta, atau 20 juta bisa jadi juara. Berarti ada something wrong di manajemen sepak bola kita," tandasnya.

Baca Juga: SSB Menjamur di NTB, Mampu Cetak Pemain Timnas 

2. Ketum PSSI terpilih diharapkan perhatikan daerah

Insan Sepak Bola NTB Menaruh Harapan Besar pada Erick Thohir Pertandingan tim sepakbola Porprov Sumut

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Provinsi PSSI NTB, Mori Hanafi berharap kepada Ketum PSSI yang terpilih nantinya memperhatikan daerah-daerah yang belum maju sepak bolanya, seperti NTB. Asprov PSSI NTB telah berusaha menggelar kompetisi sepak bola, tetapi masih kurang mendapatkan perhatian.

Mori mengungkapkan kompetisi sepak bola di NTB mulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten/kota hingga provinsi. "Tapi memang kalau kita bersaing dengan daerah lain seperti Jawa dan Sumatera, kita masih jauh. Karena memang gap atau startnya tertinggal jauh," terangnya.

Untuk itu, Ketum PSSI yang terpilih nantinya diharapkan memberikan perhatian ke daerah-daerah yang belum maju sepak bolanya. Tidak hanya fokus memperhatikan sepak bola di Pulau Jawa dan Sumatera.

"Karena sesungguhnya orang NTB dari sisi fisik sudah bagus. Dari sisi teknik yang perlu kita kembangkan. Kalau fisik gak bisa dilawan kita, tapi teknik masih kampungan. Kita berharap ada sentuhan atau intervensi PSSI Pusat untuk mengembangkan teknik pemain sepakbola di NTB," harapnya.

3. Erick Thohir dan La Nyalla Mattalitti sama-sama bagus

Insan Sepak Bola NTB Menaruh Harapan Besar pada Erick Thohir Ketua Umum Asprov PSSI NTB Mori Hanafi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Mori menilai dua calon Ketum PSSI Erick Thohir dan La Nyalla Mattalitti sama-sama bagus. Keduanya orang berani, dan punya konsep. Ia berharap nantinya terpilih Ketum PSSI yang terbaik secara demokrasi.

"Kita yakin niatnya sama-sama baik dari kedua calon ini," ucapnya.

Saat ini, kata Mori, ada satu atau dua pemain sepak bola dari NTB yang berlaga di tingkat nasional. Namun diharapkan ke depan, ada 20 pain sepak bola asal NTB yang berlaga di Timnas, liga 1 dan liga 2. "Artinya, NTB minta diberi kesempatan yang lebih di kepengurusan PSSI yang baru nanti," tambahnya.

4. Lapangan sepak bola di NTB tidak memenuhi syarat

Insan Sepak Bola NTB Menaruh Harapan Besar pada Erick Thohir GOr 17 Desember, Turida, Kota Mataram. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Anggota DPRD Provinsi NTB ini mengungkapkan sampai saat ini NTB belum memiliki lapangan sepak bola yang memenuhi syarat. Meskipun ada GOR 17 Desember di Kota Mataram, tetapi belum layak untuk menjadi lokasi pertandingan liga 1 dan liga 2.

Supaya dapat digunakan menjadi lokasi pertandingan sepak bola liga 1 dan 2, GOR 17 Desember Kota Mataram perlu direnovasi besar-besaran. Untuk itulah, kata Mori, salah satu ikhtiar NTB menjadi tuan rumah PON 2028, salah satunya supaya dibangun stadion standar internasional di NTB.

"Kalau kita punya stadion, ada klub yang home base di NTB. Dia bisa pakai stadion kita," ujarnya.

Pembinaan pesepakbola usia muda di NTB, kata Mori, saat ini mentok sampai usia 12 tahun. Untuk itu, ia berharap ke depannya di bawah Ketum PSSI terpilih supaya memperbanyak pusat-pusat latihan di daerah dalam menjaring atlet berprestasi.

Baca Juga: Korban Eksploitasi Mandi Lumpur TikTok Dapat Pendampingan Psikologis 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya