Inggris Jajaki Peluang Kerja Sama Energi Terbarukan dengan NTB 

Dijadwalkan bertemu Wagub NTB pekan depan

Mataram, IDN Times - Pemerintah Inggris akan menjajaki kerja sama bidang energi terbarukan dengan Pemprov Nusa Tenggara Barat (NTB). Selain itu, mereka juga akan menjajaki kerja sama di bidang transportasi berkelanjutan, digital dan pendidikan.

Wakil Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Matt Downing direncanakan akan berkunjung ke Bali dan Lombok pada 6 - 8 Februari 2023. Dalam kunjungannya ke NTB, Downing akan bertemu dengan Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah.

"Di Lombok, Bapak Downing akan bertemu dengan Wakil Gubernur NTB Dr Sitti Rohmi Djalilah untuk membahas potensi kemitraan di bidang energi terbarukan, transportasi berkelanjutan, digital dan pendidikan," kata Juru Bicara Kedutaan Inggris di Jakarta, Faye Belnis dalam keterangan yang diterima IDN Times, Sabtu (4/2/2023).

1. Kunjungan resmi pertama untuk membahas hubungan bilateral

Inggris Jajaki Peluang Kerja Sama Energi Terbarukan dengan NTB Energi Baru Terbarukan di Bendungan Jatibarang Semarang_Bendungan Jatibarang_Dhana Kencana (IDN Times/Dhana Kencana)

Dijelaskan, kunjungan Wakil Wakil Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Matt Downing ke Bali dan Lombok merupakan kunjungan resmi pertamanya. Dalam kunjungannya ke Bali, Downing dijadwalkan bertemu dengan Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra untuk membahas hubungan bilateral sekaligus mengucapkan selamat atas kesuksesan Bali menjadi tuan rumah KTT G20 tahun 2022.

Downing juga akan bertemu dengan Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara untuk menjajaki peluang kerja sama seputar pendidikan, pengelolaan limbah, kesehatan dan industri kreatif. Dia juga akan bertemu dengan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati untuk membahas kolaborasi di bidang pariwisata, digital, transportasi berkelanjutan, manajemen bencana dan mencari cara untuk mendukung Bali dalam memenuhi ambisinya menjadi nol emisi pada tahun 2045.

Baca Juga: IATC Ditiadakan, WSBK Mandalika 2023 Bakal Diisi Balap Sportbike 250cc

2. Hadiri pelatihan untuk polisi dan petugas garda depan dalam melindungi korban pemerkosaan

Inggris Jajaki Peluang Kerja Sama Energi Terbarukan dengan NTB ilustrasi korban pemerkosaan (freepik.com/doidam10)

Kunjungan Downing ke Bali, bertepatan dengan diadakannya program pelatihan untuk polisi dan petugas garda depan dalam melindungi korban pemerkosaan atau kekerasan seksual dan penanganan kasus kesehatan mental di Bali dan Lombok, yang diprakarsai oleh Konsulat Inggris di Bali.

"Perwakilan senior dari Kementerian Pariwisata dan Bapak Downing dijadwalkan hadir dan berpartisipasi di acara tersebut," terangnya.

3. Bali dan Lombok merupakan destinasi wisata bagi 390.000 wisatawan asal Inggris

Inggris Jajaki Peluang Kerja Sama Energi Terbarukan dengan NTB Wisatawan mancanegara mengunjungi Gili Trawangan Lombok Utara, Rabu (30/11/2022). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sementara, Wakil Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Matt Downing mengatakan Bali dan Lombok merupakan destinasi wisata bagi lebih dari 390.000 turis Inggris per tahun sebelum pandemik Covid-19. Tahun lalu, Bali berhasil menjadi tuan rumah salah satu acara terbesar dan bergengsi di dunia, yaitu KTT G20.

Ia memberikan selamat kepada Indonesia, khususnya pemerintah provinsi Bali, atas keramahan dan profesionalisme mereka dalam menjadi tuan rumah bagi para menteri Inggris dan Perdana Menteri Rishi Sunak di KTT Kepala Negara G20. Ia mengatakan sangat senang bertemu dengan mitra di Bali dan Lombok untuk mendiskusikan kerja sama di berbagai bidang.

"Seperti energi terbarukan, pendidikan, digital dan teknologi, serta meningkatkan keterlibatan kami dengan pemerintah di Bali dan Lombok untuk memastikan wisatawan Inggris tetap aman dan menikmati liburan yang menyenangkan di destinasi yang indah ini," katanya.

Baca Juga: Waspada! Tinggi Gelombang Perairan Selatan NTB hingga 6 Meter 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya