Comscore Tracker

Harga Tiket MXGP Samota Termurah Rp75 Ribu  

Progres pembangunan sirkuit telah mencapai 30 persen

Mataram, IDN Times - Perhelatan kejuaraan dunia Motocross Grand Prix (MXGP) Samota di Kabupaten Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sebentar lagi akan digelar pada 24 - 26 Juni 2022. Penjualan tiket ajang balap motocross dunia tersebut akan mulai dilakukan.

Ketua Harian Persiapan MXGP Samota, dr. Lalu Herman Mahaputra memberikan bocoran harga tiket ajang balap tersebut. Ia menyebut harga tiket untuk kelas festival antara Rp75 ribu sampai Rp100 ribu. Sedangkan untuk kelas VIP sekitar Rp1 - 2 juta.

1. Lebih banyak tiket untuk kelas festival

Harga Tiket MXGP Samota Termurah Rp75 Ribu  Proses pembangunan Sirkuit MXGP Samota (Dok. Istimewa)

Berdasarkan hasil rapat terakhir, kata Herman Mahaputra, tiket yang dijual lebih banyak untuk kelas festival. Karena karakteristik daripada penonton MXGP berbeda dengan MotoGP.

"Dari rapat kemarin harga tiketnya antara Rp75 - 100 ribu yang (kelas) festival. Modelnya lebih natural mungkin pakai grandstand atau panggung biasa. Ada tiket VIP juga nanti, dari Rp1 sampai Rp2 juta," ungkapnya.

Baca Juga: Pembangunan Dimulai, Ini Nama Resmi Sirkuit dan Balapan MXGP Samota 

2. IMI akan gelar touring Jakarta - Sumbawa

Harga Tiket MXGP Samota Termurah Rp75 Ribu  Ketua IMI Provinsi NTB, dr. Lalu Herman Mahaputra (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Provinsi NTB ini, mengatakan pihaknya nanti akan membuat kegiatan overland dengan mengundang penggemar roda 2 dan rida 4 untuk touring dari Jakarta - Sumbawa. Nantinya penggemar balap roda 2 maupun roda 4 ini bisa membeli paket nonton MXGP Samota sambil berwisata.

Penjualan tiket MXGP Samota, lanjut Dokter Jack - sapaan akrabnya, akan ditangani oleh event organizer (EO). Selain nonton MXGP, panitia juga akan menghadirkan festival musik menampilkan group band Slank.

Mengenai progres pembangunan Sirkuit MXGP Samota, Dokter Jack mengatakan sekitar 30 persen. Menurutnya, pembangunan Sirkuit MXGP lebih gampang dibandingkan sirkuit untuk MotoGP.

3. Jumlah penonton ditargetkan 50.000 orang

Harga Tiket MXGP Samota Termurah Rp75 Ribu  Kepala Dispar Provinsi NTB Yusron Hadi (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi NTB Yusron Hadi mengungkapkan jumlah penonton MXGP Samota ditargetkan sebanyak 50.000 orang.

Dari jumlah penonton 50.000 orang, sebanyak 2.500 orang kuota untuk luar Pulau Sumbawa, 7.500 orang kuota untuk kabupaten/kota di Pulau Sumbawa selain Kabupaten Sumbawa.

Sedangkan Kabupaten Sumbawa sendiri, kuota penonton lokal sebanyak 40.000 orang.

"Target jumlah penonton 50.000 orang. Kemudian 2.500 orang penonton dari luar Pulau Sumbawa baik dari Lombok, Bali, Pulau Jawa atau provinsi lainnya. Kemudian 7.500 penonton berasal dari Bima, Sumbawa Barat dan Dompu. Selebihnya adalah penonton dari Kabupaten Sumbawa sendiri sebanyak 40.000 orang," kata Yusron.

Artinya, jumlah penonton MXGP dari luar Kabupaten Sumbawa sebanyak 10.000 orang. Dengan jumlah penonton sebanyak 10.000 orang dari luar Kabupaten Sumbawa, maka hanya butuh 5.000 kamar penginapan. Meskipun jumlah potensi penginapan mencapai 11.000 kamar di Kabupaten Sumbawa, namun penyelenggara juga akan menyiapkan camping ground sebanyak 3.500 tenda.

Baca Juga: Kericuhan di Lombok, Warga Sepakat Damai dan Kembali Hidup Rukun 

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya