Harga Mulai Rp7 Juta, Ribuan Paket Nonton MotoGP 2023 Sudah Terjual  

Pemda perlu menyiapkan destinasi wisata baru

Mataram, IDN Times - Meskipun penyelenggara belum merilis harga tiket MotoGP Mandalika 2023, namun ribuan paket bundling sudah terjual oleh anggota Asosiasi Travel Agen Indonesia (Astindo) NTB. Paket bundling nonton MotoGP Mandalika 2023 dijual mulai dengan harga Rp7 juta.

"Paket nonton MotoGP Mandalika 2023 sudah banyak terjual, satu anggota saja bisa menjual 1.500 paket. Anggota kita 68 perusahaan perjalanan wisata. Kalau saya sendiri sekitar 700 tamu sudah kita dapat," ungkap Ketua DPD Astindo NTB Sahlan M. Saleh dikonfirmasi di Mataram, Rabu (24/5/2023).

1. Dua paket nonton MotoGP yang dijual

Harga Mulai Rp7 Juta, Ribuan Paket Nonton MotoGP 2023 Sudah Terjual  Ketua DPD Astindo NTB Sahlan M. Saleh. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sahlan menyebutkan dua jenis paket bundling nonton MotoGP Mandalika 2023 yang dijual. Yaitu, paket tiga hari dua malam dan paket empat hari tiga malam.

"Ribuan paket yang sudah terjual. Range harganya lumayan mahal karena akomodasinya mahal. Harga paket minimal Rp7 juta, stay 3 malam," terang Sahlan.

Dijelaskan, dengan membeli paket bundling nonton MotoGP 2023, penonton juga diajak menikmati sejumlah destinasi wisata yang ada di Pulau Lombok. "Selama ini kita jual di luar harga tiket. Sekarang kita jual dengan harga tiket diserbu juga sama penonton melalui cara pemasaran kita," terangnya.

Baca Juga: Ada Konser Coldplay, MotoGP Mandalika 2023 Dikhawatirkan Tidak Ramai 

2. Sekitar 20 persen paket nonton MotoGP Mandalika 2023 dibeli penonton luar negeri

Harga Mulai Rp7 Juta, Ribuan Paket Nonton MotoGP 2023 Sudah Terjual  Pembalap Repsol Honda Team Pol Espargaro mengendarai sepeda motor keluar dari garasi tim saat sesi latihan bebas 1 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Dari ribuan paket bundling nonton MotoGP Mandalika 2023 yang sudah terjual oleh anggota Astindo NTB, kata Sahlan, sekitar 20 persen dibeli penonton dari luar negeri. Biasanya penonton luar negeri menghabiskan waktu paling singkat 5 - 7 hari.
Paket nonton MotoGP Mandalika 2023 dijual anggota Astindo NTB melalui mitranya di seluruh Indonesia.

"Masing-masing anggota sudah booking sendiri hotel. Astindo membantu fasilitasi saja," terangnya.

3. Pemda perlu menyiapkan destinasi

Harga Mulai Rp7 Juta, Ribuan Paket Nonton MotoGP 2023 Sudah Terjual  Air Terjun Aik Kelep Lingsar Lombok Barat. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Supaya penonton MotoGP 2023 lebih lama tinggal di Lombok, Sahlan berharap Pemda menyiapkan destinasi-destinasi wisata. Karena di Lombok banyak destinasi wisata alam seperti air terjun yang belum dikembangkan secara maksimal. Padahal, katanya, penonton atau wisatawan luar negeri sangat tertarik mengunjungi destinasi wisata alam seperti air terjun.

"Termasuk kita menyiapkan destinasi wisata baru kepada masyarakat seperti balon udara, golf, sepeda dan air terjun Kertagangga di Lombok Utara," ujarnya.

Menurut Sahlan, pada umumnya penonton MotoGP sudah sering datang ke Lombok. Sehingga perlu disuguhkan destinasi wisata yang baru. "Kita berikan hal-hal yang baru supaya mereka betah di Lombok," tandasnya.

MotoGP Mandalika 2023 akan digelar pada 13 - 15 Oktober mendatang. MotoGP Mandalika 2023 merupakan kali kedua setelah digelar pertama kali pada Maret 2022.

Baca Juga: Ada Fenomena Kabut Tebal di Lombok, BMKG Sebut Itu Kabut Radiasi

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya