Comscore Tracker

Gubernur NTB Ungkap Strategi Pulihkan Ekonomi Pasca Pandemik 

Serius jadi tuan rumah event internasional

Lombok Tengah, IDN Times - Gubernur NTB, Zulkieflimansyah mengungkapkan sejumlah strategi untuk memulihkan ekonomi pasca pandemik COVID-19. Salah satu strategi yang dilakukan NTB adalah keseriusan menjadi tuan rumah event internasional seperti World Superbike (WSBK), MotoGP dan MXGP.

Hal itu disampaikan Gubernur NTB Zulkieflimansyah pada acara workshop The Social and Ecological Market Economy (SEME) 2022 dengan tema Strategy for Economic Development for Post-Pandemic Recovery di Hotel Novotel Lombok Resort and Villas, Kuta, Mandalika Lombok Tengah, Rabu (10/8/2022). Gubernur berbagi pengalaman tentang Perkembangan Ekonomi Pasar Sosial di NTB pasca pandemik COVID-19.

1. Serius menjadi tuan rumah event internasional

Gubernur NTB Ungkap Strategi Pulihkan Ekonomi Pasca Pandemik Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez melaju menuju lintasan pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022) (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Pada acara tersebut, Gubernur Zulkieflimansyah mengungkapkan strategi-strategi yang telah dilakukan NTB untuk memulihkan dan menumbuhkan perekonomian pasca pandemik COVID-19. Salah satu strateginya adalah menjadi tuan rumah event-event besar internasional.

“Kenapa kita sangat serius menjadi tuan rumah event-event besar internasional seperti MotoGP, WSBK dan MXGP. Karena itu semua ada maksudnya untuk membangun ekonomi. Perlu ada strategi yang melingkar," kata Zulkieflimansyah.

Satu event internasional seperti MotoGP mempunyai eksternalitas positif ke banyak sektor-sektor lain. Sehingga memaksa pemerintah pusat untuk hadir bersama Pemda di NTB untuk mendukung perhelatan event internasional itu agar terselenggara dengan sukses. "Impactnya pun is so powerful,” jelasnya.

Baca Juga: Mandalika Gak Jadi Lokasi Tes Pramusim MotoGP 2023, Ini Alasannya! 

2. Pertumbuhan ekonomi bergantung pada industrialisasi

Gubernur NTB Ungkap Strategi Pulihkan Ekonomi Pasca Pandemik UMKM yang jualan saat perhelatan MotoGP Mandalika pada Maret 2022. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Strategi berikutnya untuk memulihkan ekonomi pasca pandemik adalah industrialisasi. Dijelaskan, pertumbuhan ekonomi sangat bergantung pada proses industrialisasi.

“Kalau diberi kesempatan, UKM-UKM di daerah tertinggal itu pasti bisa. Selama pandemik kami di NTB ini telah mampu melahirkan lebih dari 5.000 UMKM dengan produk-produk lokalnya. UKM kita mampu membuat apa saja asal ada pembelinya. Setelah pandemik, di sinilah kemudian peran pemerintah untuk mengendalikan kemudinya,” tuturnya.

Selain itu, sains dan teknologi juga secara tidak langsung bisa menumbuhkan perekonomian. Sehingga dalam hal ini, Pemerintah Provinsi NTB banyak mengirimkan mahasiswanya ke luar negeri.

3. Dampak MotoGP dan MXGP terhadap kegiatan ekonomi di NTB

Gubernur NTB Ungkap Strategi Pulihkan Ekonomi Pasca Pandemik Pembalap MXGP menjalani sesi latihan bebas di Rocket Motor Circuit, Samota Sumbawa. Pembalap Honda Racing Team, Tim Gajser berhasil menjadi yang tercepat. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Perhelatan MotoGP Mandalika pada 18 - 20 Maret 2022bberdampak pada kegiatan ekonomi di NTB. Berdasarkan perhitungan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTB, perputaran uang selama gelaran MotoGP Mandalika sebesar Rp606,7 miliar.

Gelaran MotoGP Mandalika berdampak pada Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) NTB. BPS menyebut MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret 2022, cukup banyak menyedot penonton. Saat gelaran World Superbike (WSBK) pada November 2021, ekonomi NTB bisa terdongkrak cukup baik. Pada triwulan IV 2021, ekonomi NTB bisa tumbuh menjadi 3,41 persen.

Selama satu tahun pertumbuhan ekonomi NTB sebesar 2,30 persen. Sedangkan gelaran kejuaraan dunia motocross atau Motocross Grand Prix (MXGP) Samota di Kabupaten Sumbawa pada 24 - 26 Juni 2022, perputaran uang mencapai Rp154 miliar lebih.

Kepala BPS NTB Wahyudin menyebabkan sektor-sektor yang mendapatkan dampak ekonomi dari perhelatan MXGP Samota sebesar Rp154 miliar. Sektor akomodasi dan makan minum mendapatkan dampak ekonomi terbesar mencapai Rp35 miliar lebih. Kemudian sektor konstruksi mencapai Rp34 miliar, dan sisanya sektor transportasi, pertanian danblainnya. Khusus untuk sektor pertanian, kata Wahyudin, perputaran uang mencapai Rp12 miliar lebih

Baca Juga: Menteri BUMN Erick Thohir Rombak Total Direksi ITDC 

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya