Gubernur NTB Janji Harga Jagung Segera Stabil 

Harga jagung di gudang Rp4.200 - 4.400 per kg

Mataram, IDN Times - Gubernur NTB Zulkieflimansyah berjanji harga jagung yang sempat anjlok dalam waktu tidak terlampau lama akan kembali stabil. Ia telah meminta Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) NTB menghadirkan pembeli jagung yang lebih banyak.

"Sudah ada intervensi. Kami yakin dalam waktu tidak terlampau lama akan stabil lagi," kata Gubernur Zulkieflimansyah dikonfirmasi Jumat (3/6/2022).

1. Distanbun NTB diminta hadirkan banyak pembeli

Gubernur NTB Janji Harga Jagung Segera Stabil Ilustrasi panen jagung (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)

Ia mengatakan telah meminta Distanbun NTB menghadirkan lebih banyak lagi perusahaan yang menyerap jagung petani NTB. Perusahaan yang membeli jagung petani jangan hanya dikontrol oleh satu pembeli.

"Saya minta mereka menghadirkan pembeli yang lebih banyak. Bukan hanya dikontrol oleh satu pedagang," pintanya.

Baca Juga: Harga Jagung Anjlok, Petani di Bima Frustasi dan Blokade Jalan

2. Tindaklanjuti instruksi Gubernur

Gubernur NTB Janji Harga Jagung Segera Stabil Kepala Distanbun NTB Fathul Gani (IDN Times/Muhammad Nasir)

Kepala Distanbun NTB Fathul Gani yang dikonfirmasi IDN Times, Jumat sore (3/6/2022) mengatakan Pemprov NTB terus melakukan upaya untuk memperbaiki harga jagung di tingkat petani. Salah satunya dengan menfasilitasi petani dengan pembeli jagung.

Menindaklanjuti instruksi khusus Gubernur NTB Zulkieflimansyah, untuk serius membantu menyikapi turunnya harga jagung, Fathul Ghani menyampaikan bahwa harga jagung saat ini semakin membaik. "Alhamdulillah, harga jagung berangsur membaik," ucapnya.

3. Harga jagung Rp4.200 - 4.400 per kg

Gubernur NTB Janji Harga Jagung Segera Stabil Panen jagung di Ciamis (dok. Kementerian Pertanian)

Dijelaskan, harga pembelian jagung gudang PT.Seger sebesar Rp. 4.200,-/kg, harga gudang UD. Subur Sumbawa di Kabupaten Sumbawa sebesar Rp. 4.250,-/kg.
Sedangkan di Kabupaten Dompu, harga pembelian di gudang sebesar Rp. 4.200,-/kg, dan harga pembelian di gudang UD. Pemuda Kreatif yang ada di Kabupaten Bima sebesar Rp. 4.400,-/kg.

"Ini berdasarkan hasil pantauan Distambun Provinsi NTB berkoordinasi dengan petugas Pelayanan Informasi Pasar (PIP) Lapangan Kabupaten/Kota tentang harga jagung pada hari Kamis tanggal 2 Juni 2022," terangnya.

Ia berharap, para petani jagung ikut proaktif memantau dan melaporkan harga serapan jagung yang ada di lapangan. Selain pembelian jagung oleh perusahaan, Fathul Gani menyatakan Pemkab Bima juga berkoordinasi dengan salah satu Pemda di Pulau Jawa yang juga akan menyerap jagung petani di Bima.

Baca Juga: Banjir Bandang Jadi Bencana yang Paling Banyak Terjadi di NTB

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya