Drone Dilarang Terbang, 2.196 Personel Amankan MXGP Samota 

Terjunkan pasukan penghalau drone dan anjing pelacak

Sumbawa, IDN Times - Sebanyak 2.196 personel gabungan diterjunkan mengamankan kejuaraan dunia balap motocross atau Motocross Grand Prix (MXGP) Samota di Kabupaten Sumbawa, Provinsi NTB. Selain mengamankan situasi di lokasi, polisi juga melarang drone untuk terbang pada saat gelaran berlangsung.

"Ada sekitar 2.196 anggota keamanan gabungan dari TNI, Polri, dan pihak terkait yang akan kita libatkan dalam pengamanan," sebut Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Artanto, Jumat (17/6/2022).

1. Libatkan pasukan K9 Mabes Polri

Drone Dilarang Terbang, 2.196 Personel Amankan MXGP Samota IDN Times/Axel Joshua Harianja

Artanto menyebutkan sebanyak 2.196 personel gabungan itu terdiri dari anggota TNI/Polri dan stakeholder lainnya. Jumlah anggota Polri sendiri sebanyak 1.860 personel.

Terdiri dari personel Polda NTB, Polres Sumbawa, Brimob Polda NTB, Brimob Mabes Polri, Obvit Mabes Polri, Samapta Mabes Polri dan anggota BKO dari Polres jajaran. Termasuk TNI, Satpol PP dan Dishub Pemda Sumbawa serta pihak terkait lainnya.

Pengamanan juga melibatkan personel Pam Samapta Mabes Polri, yang merupakan pasukan K9 untuk antisipasi bahan peledak dan narkoba. Pamobvit juga akan bertugas sebagai check door di sirkuit.

"Pam Obvit Detasemen K9 merupakan pasukan anjing pelacak," jelas Artanto.

Baca Juga: Kronologis Lengkap Tenggelamnya Kapal TKI Ilegal Asal NTB di Batam 

2. Personel penghalau drone dari Mabes Polri

Drone Dilarang Terbang, 2.196 Personel Amankan MXGP Samota Tim Anti Drone Polda NTB mengintai drone-drone ilegal yang diterbangkan saat gelaran MotoGP Mandalika (IDN Times/Dok. Polda NTB)

Sedangkan anggota Brimob dari Mabes Polri nantinya akan bertugas sebagai penghalau drone yang kemungkinan ada yang terbang saat race atau balapan MXGP berlangsung.

Ribuan personel pengamanan gabungan ini, lanjut Artanto, akan bertugas selama balapan MXGP Samota pada tanggal 24 - 26 Juni 2022. Baik yang bertugas di pos pengamanan, pos penyekatan dan pengamanan sekitar sirkuit.

3. Jadwal MXGP Samota

Drone Dilarang Terbang, 2.196 Personel Amankan MXGP Samota mxgp.com

Jadwal acara utama MXGP Samota 2022 dimulai hari Jumat 24 Juni 2022 dengan pemeriksaan trek di pagi hari oleh FIM dilanjutkan dengan rangkaian pertemuan teknis dengan IMI yang akan memimpin komite balap lokal.

Sore harinya acara penyambutan resmi disiapkan oleh Pemerintah Daerah Sumbawa di dalam kota, dilanjutkan dengan pagelaran musik Rocket Motor Circuit selepas senja di area komersil sirkuit yang terletak bersebelahan dengan trek MXGP.

Pada Sabtu 25 Juni 2022 adalah hari penentuan kualifikasi para pembalap peserta MXGP Samota 2022 yang terdiri dari 2 kelas, yaitu MX 2 (250cc) dan MXGP (450cc). Diperkirakan ada lebih dari 10 pembalap yang akan turun di tiap kelasnya dengan tambahan beberapa pembalap wild card dari Indonesia dan negara lain yang lolos babak kualifikasi.

Puncak acara MXGP Samota 2022 pada 26 Juni 2022 diawali dengan upacara pembukaan di Sirkuit MXGP Samota yang akan dihadiri seluruh undangan VIP, pejabat pemerintahan daerah dan nasional, serta para peserta MXGP. Selanjutnya babak final berlangsung setiap kelasnya, ditutup dengan penyerahan piala kepada para juara di putaran ke 12 FIM Motocross World Championship.

Baca Juga: Air Sungai Meninting Meluap, Warga Diminta Waspada

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya