Catat! ini Syarat Menonton WSBK Mandalika 2022  

Gak wajib PCR lho!

Mataram, IDN Times - Persyaratan menonton World Superbike (WSBK) Mandalika pada 11 - 13 November 2022, tidak seketat tahun sebelumnya. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dr. Lalu Hamzi Fikri mengatakan penonton tidak lagi diwajibkan melakukan swab antigen atau polymerase chain reaction (PCR).

Tetapi penonton WSBK Mandalika minimal sudah divaksinasi Covid-19 dosis kedua. Lebih bagus lagi, kata Fikri, penonton sudah divaksinasi booster atau dosis ketiga. "Artinya lebih longgar dari sebelumnya. Kita juga sudah rapat koordinasi. Memang yang disampaikan panitia di situ, lebih longgar, tidak seketat sebelumnya," kata Fikri dikonfirmasi di Mataram, Kamis (29/9/2022).

1. Siapkan tempat vaksin di bandara dan pintu masuk Sirkuit Mandalika

Catat! ini Syarat Menonton WSBK Mandalika 2022  Vaksinasi booster sebagai salah satu upaya mencegah diri dari paparan COVID-19 varian Omicron. Tampak salah seorang warga melakukan skrining sebelum penyuntikan vaksin booster di Rumah Sakit Mandalika, Rabu (19/1/2022). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Meskipun persyaratan menonton WSBK Mandalika lebih longgar dibandingkan tahun sebelumnya, tetapi akan disiapkan tempat vaksinasi di sejumlah tempat. Seperti Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) Lombok.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) BIZAM Lombok akan menyiapkan tempat vaksinasi bagi pelaku perjalanan, baik Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) maupun Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN). Kemudian, Dinas Kesehatan Provinsi NTB akan menyiapkan tempat vaksinasi di beberapa pintu masuk menuju Sirkuit Mandalika.

"Itu salah satu upaya kita seperti itu. Seperti PCR dan antigen, itu cukup memberatkan juga. Tapi yang jelas kita lebih dorong ke vaksinasi. Pelaku perjalanan yang belum vaksin, divaksinasi di bandara," teangnya.

Baca Juga: TPP ASN Tangani Stunting Tuai Polemik, Instruksi Gubernur NTB Dicabut

2. Penonton diimbau vaksin booster

Catat! ini Syarat Menonton WSBK Mandalika 2022  Ilustrasi vaksin COVID-19 untuk disuntikkan ke penerima vaksin. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Dijelaskan dalam rapat koordinasi persiapan WSBK Mandalika 2022, panitia tidak mewajibkan penonton telah divaksinasi booster. Tetapi minimal telah divaksinasi Covid-19 dosis kedua.

Namun, kata Fikri, pihaknya mendorong penonton yang akan menyaksikan balap motor bergengsi di dunia itu telah vaksin booster. "Kami mendorong yang belum vaksin booster, biar lebih kuat lagi imunitas masyarakat," harapnya.

3. Capaian vaksinasi di NTB

Catat! ini Syarat Menonton WSBK Mandalika 2022  Ilustrasi pasien COVID-19. (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi NTB hingga 28 September 2022, capaian dosis pertama sebesar 99,29 persen atau 3.882.865 orang. Kemudian dosis kedua sebesar 87,38 persen atau 3.417.274 orang.

Selanjutnya vaksinasi dosis ketiga atau booster sebesar 38,4 persen atau 1.487.619 orang. Sedangkan vaksinasi dosis keempat untuk tenaga kesehatan (nakes) sebesar 42,43 persen atau 11.726 orang. Sementara itu, total kasus positif Covi-19 di NTB sebanyak 36.154 kasus, sembuh 35.138 orang, meninggal 999 orang, dan kasus aktif tinggal 17 orang.

Dalam gelaran WSBK Mandalika 2022, jumlah penonton ditargetkan sebanyak 45.000 orang. Tiket WSBK Mandalika paling murah untuk kelas festival dijual seharga Rp74.750.

Baca Juga: Promosi Wisata NTB dari 'Senggigi Sunset Colour Run'

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya