Catat! ini Daftar Wilayah Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Awal Desember

Waspada banjir dan tanah longsor

Mataram, IDN Times - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Nusa Tenggara Barat (NTB) memperkirakan seluruh wilayah NTB berpeluang terjadi hujan pada dasarian I Desember 2023 atau periode 1 - 10 Desember. Curah hujan dengan intensitas tinggi atau hujan lebat berpotensi terjadi di sejumlah wilayah di Pulau Lombok dan Sumbawa.

Prakirawan BMKG Stasiun Klimatologi NTB Suci Agustiarini mengatakan pada masa peralihan menuju musim hujan 2023/2024, masyarakat NTB perlu mewaspadai adanya potensi bencana hidrometeorologi seperti hujan lebat, angin kencang yang dapat terjadi secara tiba – tiba dan bersifat lokal.

"Di beberapa wilayah yang memiliki peluang hujan dengan kategori tinggi perlu mewaspadai terjadinya bencana banjir dan tanah longsor," kata Suci, Kamis (30/11/2023).

1. Daftar wilayah yang berpotensi diguyur hujan lebat pada awal Desember

Catat! ini Daftar Wilayah Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Awal DesemberCurah hujan di wilayah NTB pada dasarian III November 2023. (dok. Staklim NTB)

Suci menyebutkan sejumlah wilayah di NTB berpotensi diguyur hujan lebat. Antara lain, curah hujan dengan intensitas tinggi di atas 150 mm/dasarian berpeluang terjadi di sebagian wilayah Lombok Tengah dan Lombok Barat bagian utara dengan peluang 30 - 50 persen.

Kemudian, sebagian wilayah Sumbawa bagian barat dan Bima bagian utara atau sekitar Tambora terdapat peluang curah hujan dengan intensitas 100-150 mm/dasarian.

Selanjutnya, hujan dengan intensitas 50-100 mm/dasarian berpeluang terjadi di seluruh Pulau Lombok, sebagian Bima bagian barat, Sumbawa Barat, dan sebagian Sumbawa bagian barat dengan peluang di atas 50 persen.

Baca Juga: Rincian Lengkap UMK Tahun 2024 di NTB, Mataram dan KSB Tertinggi 

2. Curah hujan di wilayah NTB pada dasarian III November 2023

Catat! ini Daftar Wilayah Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Awal DesemberIlustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Suci menjelaskan pada dasarian III November 2023 atau periode 20 - 30 November, curah hujan di wilayah NTB secara umum dalam kategori rendah yaitu 0 - 50 mm/dasarian hingga menengah yaitu 101 - 150 mm/dasarian.

Hanya di sebagian wilayah Lombok Barat, Lombok Tengah dan Sumbawa yang tercatat terjadi hujan dengan intensitas tinggi yaitu 151 sampai di atas 300 mm/dasarian.

Dijelaskan sifat hujan pada dasarian III November 2023 di wilayah NTB umumnya pada kategori atas normal kecuali di wilayah wilayah pesisir utara dan timur Pulau Lombok, pesisir utara Sumbawa dan sebagian Bima bagian timur yang memiliki sifat hujan dengan kategori bawah normal. Disebutkan, curah hujan tertinggi di pos hujan Selong Belanak, Kabupaten Lombok Tengah sebesar 333 mm/dasarian.

3. Masih ada daerah yang belum diguyur hujan selama 214 hari

Catat! ini Daftar Wilayah Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Awal DesemberIlustrasi kekeringan. IDN Times/Margith Juita Damanik

Berdasarkan monitoring Hari Tanpa Hujan Berturut – turut (HTH) provinsi NTB, kata Suci, secara umum bervariasi dari sangat pendek (1 – 5 hari) hingga masih ada hujan pada saat updating. Terdapat beberapa daerah berada pada kategori ekstrem panjang yaitu di atas 60 hari.

Terdapat di Bayan, Pringgabaya dan pesisir timur Bima. HTH terpanjang tercatat di pos hujan Bayan, Kabupaten Lombok Utara selama 214 hari tanpa hujan. Dikatakan, El Nino moderat diprediksi terus bertahan hingga April 2024.

Baca Juga: Pro Kontra Soal Nyamuk Wolbachia, NTB Tak Menjadi Daerah Percobaan

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya