BMKG Catat NTB Digoyang 465 Gempa Bumi dalam Sebulan 

465 kejadian gempa bumi terjadi selama bulan Mei 2023

Mataram, IDN Times - BMKG Stasiun Geofisika Mataram mencatat wilayah NTB dan sekitarnya digoyang sebanyak 465 kejadian gempa bumi selama bulan Mei 2023. Kejadian gempa bumi yang terjadi didominasi magnitudo di bawah 3 dan kedalaman dangkal di bawah 60 kilometer.

"Dari 465 kejadian tersebut terdapat 2 kejadian gempa bumi yang dirasakan di wilayah NTB," kata Kepala Stasiun Geofisika Mataram Ardhianto Septiadhi di Mataram, Jumat (2/6/2023).

1. Gempa bumi terbanyak pada 18 Mei 2023

BMKG Catat NTB Digoyang 465 Gempa Bumi dalam Sebulan Kepala Stasiun Geofisika Mataram Ardhianto Septiadhi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ardhianto menjelaskan gempa bumi yang terjadi di NTB dikelompokkan menjadi 4 bagian. Yaitu, berdasarkan magnitudo, frekuensi kejadian, kedalaman tiap kejadian dan dominasi sumber gempabumi.

"Berdasarkan grafik frekuensi kejadian gempa bumi di Bulan Mei 2023 terbanyak pada tanggal 18 Mei 2023 sebanyak 34 kejadian," sebut Ardhianto.

Baca Juga: Fenomena 'Full Moon', Pesisir Lombok dan Bima Terancam Banjir Rob 

2. Didominasi gempa bumi di bawah magnitudo 3

BMKG Catat NTB Digoyang 465 Gempa Bumi dalam Sebulan Ilustrasi gempa (IDN Times/Sukma Shakti)

Ardhianto menjelaskan gempa bumi yang terjadi di NTB didominasi magnitudo di bawah 3. BMKG Stasiun Geofisika Mataram mencatat sebanyak 333 kejadian gempa bumi magnitudo di bawah 3. Kemudian magnitudo 3 sampai 5 sebanyak 131 kejadian. Selanjutnya, magnitudo di atas 5 sebanyak satu kejadian.

Sedangkan berdasarkan kedalaman gempa bumi dengan kedalaman di bawah 60 kilometer sebanyak 364 kejadian. Gempa bumi dengan kedalaman antara 60 km - 300 km sebanyak 87 kejadian dan satu kejadian gempa bumi dengan kedalaman di atas 300 kilometer.

3. Didominasi daerah sumber gempa bumi back arc thrust Utara Lombok dan Bima

BMKG Catat NTB Digoyang 465 Gempa Bumi dalam Sebulan Ilustrasi gempa (IDN Times/Arief Rahmat)

Dijelaskan aktivitas gempa bumi yang terjadi di NTB selama bulan Mei 2023 didominasi di daerah sumber gempa back arc thrust Utara Lombok dan Bima. Meskipun terjadi ratusan kejadian gempa bumi di NTB dan sekitarnya pada bulan Mei 2023, Ardhianto berharap masyarakat tetap tenang.

"Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," tandasnya.

Baca Juga: Pra Pendaftaran PPDB SMA/SMK di NTB, 32.000 Calon Siswa Baru Mendaftar

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya