Balap MXGP 2023 Berpeluang Digelar di Kota Mataram 

Eks Bandara Selaparang diusulkan jadi Sirkuit MXGP

Mataram, IDN Times - Kejuaraan dunia balap motocross atau Motocross Grand Prix (MXGP) 2023 berpeluang besar digelar di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Eks Bandara Selaparang yang berada di tengah Kota Mataram akan dijadikan Sirkuit MXGP.

Penyelenggara MXGP, Infront Moto Racing telah memutuskan dua seri gelaran MXGP Indonesia akan diadakan di NTB. Satu seri akan digelar di Rocket Motor Circuit Samota, Kabupaten Sumbawa. Sedangkan satu seri akan diadakan di Pulau Lombok.

1. Tiga lokasi gelaran MXGP 2023 diusulkan di Pulau Lombok

Balap MXGP 2023 Berpeluang Digelar di Kota Mataram Eks Bandara Selaparang Kota Mataram. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ada tiga lokasi yang diusulkan menjadi venue MXGP 2023 di Pulau Lombok. Yaitu, Sirkuit Motocross Lantan Batukliang Utara Lombok Tengah, Mandalika dan Kota Mataram. Namun dari tiga lokasi tersebut, Kota Mataram berpeluang besar menjadi tuan rumah gelaran MXGP Indonesia seri kedua di NTB.

"Saya sudah sampaikan ke pak Walikota Mataram. Pak Wali sudah setuju. Kemudian Angkasa Pura sebagai pemilik ek Bandara Selaparang juga setuju. Di situ bangunannya sudah ada. Tinggal dibangun sirkuitnya saja," kata Gubernur NTB Zulkieflimansyah dikonfirmasi di Mataram, Rabu (3/8/2022).

Baca Juga: 12 Jemaah Haji Kloter 2 Embarkasi Lombok Positif COVID-19 

2. Letak strategis di tengah kota

Balap MXGP 2023 Berpeluang Digelar di Kota Mataram Pembalap MXGP menjalani sesi latihan bebas di Rocket Motor Circuit, Samota Sumbawa. Pembalap Honda Racing Team, Tim Gajser berhasil menjadi yang tercepat. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Gubernur mengatakan letak eks Bandara Selaparang yang berada di tengah-tengah Kota Mataram yang akan menjadi salah satu lokasi gelaran MXGP 2023 cukup strategis. Kota Mataram dekat dengan daerah wisata Senggigi Lombok Barat dan Gili Trawangan Lombok Utara.

Dari sisi kesiapan akomodasi perhotelan juga cukup banyak yang tersebar di Kota Mataram, Senggigi dan Lombok Utara. Menurut Gubernur, jika MXGP 2023 digelar di Kota Mataram, Lombok Barat dan Lombok Utara juga akan kena impact-nya.

Disinggung mengenai peluang MXGP 2023 di Sirkuit Lantan dan Mandalika Lombok Tengah. Gubernur mengatakan akses menuju Sirkuit Lantan juga masih sempit. Belum lagi persoalan akomodasi. Selain itu, Lombok Tengah juga sudah menjadi tuan rumah dua event balap internasional yaitu World Superbike (WSBK) dan MotoGP.

3. Infront akan turun cek lokasi

Balap MXGP 2023 Berpeluang Digelar di Kota Mataram Pembalap muda binaan Astra Honda Racing Team (AHRT), Muhammad Delvintor Alfarizi (dok Astra Honda Racing Team)

Namun, kata Gubernur, semua keputusan nanti berada di tangan Infront Moto Racing sebagai penyelenggara MXGP. Infront akan turun mengecek tiga calon lokasi gelaran MXGP di Pulau Lombok pada saat gelaran WSBK Mandalika atau sekitar bulan November mendatang.

Gubernur yang biasa disapa Bang Zul ini mengungkapkan alasan Infront Moto Racing memutuskan menggelar dua seri MXGP di NTB. Daripada setelah MXGP Samota di Sumbawa lemudian pindah ke Sumatera atau Jawa, agak kejauhan. Sehingga mengusulkan satu seri MXGP digelar di Lombok.

Untuk menarik penonton, Bang Zul juga mengusulkan harga tiket MXGP kelas festival Rp50 ribu. Pada gelaran MXGPSamota pada 24 - 26 Juni lalu, harga tiket kelas festival sebesar Rp150 ribu. Sedangkan tiket VIP dan VVIP antara Rp2 - 3 juta.

"Saya sarankan panitianya bikin tiket festival yang murah. Kemarin Rp150 ribu. Bikin Rp50 ribu. Pasti akan ramai penontonnya. Kemarin tiket VIP dan VVIP harganya Rp2 - 3 juta. Itu habis terjual cepat. Mungkin VIP dan VVIP bikin jadi Rp5 - 10 juta. Jadi dia subsidi silang. Karena tiket kemarin itu habis cepat. Itu yang mensubsidi kelas festival," katanya.

Baca Juga: 10,34 Hektare Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani Terbakar

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya