Balap Liar Meresahkan di Jalan Udayana, Polisi Angkut Puluhan Motor  

Mereka pakai sepeda motor dengan knalpot bising

Mataram, IDN Times - Aparat kepolisian Polresta Mataram mengangkut puluhan sepeda motor dalam kegiatan patroli yang digelar di Jalan Udayana, Kota Mataram, selama dua malam berturut-turut yaitu Kamis (6/4/2023) dan Jumat (7/4/2023) dini hari. Polisi mengamankan puluhan sepeda motor yang dikendarai para remaja itu untuk mengantisipasi balap liar yang cukup meresahkan masyarakat di sepanjang Jalan Udayana, Kecamatan Selaparang, Kota Mataram.

Kepala Bagian Operasi Polresta Mataram Kompol I Gede Sumadra Kerthiawan mengatakan patroli digelar mulai pukul 00.00 Wita dengan melibatkan 35 personel gabungan. Dijelaskan, patroli dilakukan untuk menciptakan kondusivitas keamanan di wilayah hukum Polresta Mataram.

"Sejak lebih dari 6 hari kami lakukan penyisiran di lokasi, benar saja masih ditemukan anak-anak remaja yang membawa kendaraan menggunakan knalpot brong dan tidak dilengkapi dengan surat-surat kendaraan," kata Gede.

1. Polisi lakukan pemeriksaan senjata tajam dan narkoba

Balap Liar Meresahkan di Jalan Udayana, Polisi Angkut Puluhan Motor  Para remaja yang dilakukan penilangan karena memakai sepeda motor knalpot brong dan tanpa dilengkapi surat-surat kendaraan. (dok. Polresta Mataram)

Gede mengatakan dari hasil pemeriksaaan terhadap sepeda motor yang tidak standar dan menggunakan knalpot brong, polisi berhasil mengamankan sebanyak 15 kendaraan roda 2. Selanjutnya belasan kendaraan itu dibawa ke Mapolresta Mataram untuk dilakukan penindakan

"Di samping itu selain knalpot brong, kelengkapan surat-surat kendaraan kami juga lakukan pemeriksaan seperti senjata tajam, narkoba maupun barang-barang yang mencurigakan. Kegiatan ini akan terus dilakukan secara masif baik gabungan personel Polresta Mataram dan jajaran Polsek untuk menjamin kepastian keamanan dan kenyamanan masyarakat," ucap Gede.

Baca Juga: Polda NTB Tangkap Distributor dan Sita Satu Truk Pakaian Bekas Impor

2. Angkut 25 sepeda motor

Balap Liar Meresahkan di Jalan Udayana, Polisi Angkut Puluhan Motor  Kapolresta Mataram Kombes Pol Mustofa. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sehari sebelumnya, Polresta Mataram juga mengangkut sebanyak 25 sepeda motor dalam kegiatan patroli di Jalan Udayana, Kota Mataram, Kamis (6/4/2023) dini hari. Sebanyak 25 sepeda motor yang menggunakan knalpot brong tersebut diberikan penindakan dengan melakukan penilangan oleh tim patroli yang terdiri dari semua fungsi yang ada di Polresta Mataram.

Kapolresta Mataram Kombes Pol Mustofa mengatakan tindakan penilangan ini dalam rangka menindaklanjuti laporan dari masyarakat yang merasa sangat terganggu dengan banyaknya kendaraan yang menggunakan knalpot brong melewati jalur Udayana. Sehingga mengganggu ketenangan masyarakat sekitar, terlebih pada saat bulan Ramadan seperti saat ini.

3. Mengganggu kenyamanan masyarakat

Balap Liar Meresahkan di Jalan Udayana, Polisi Angkut Puluhan Motor  Pemeriksaan kendaraan roda 2 di Jalan Udayana Kota Mataram untuk mencegah balap liar. (dok. Polresta Mataram)

Mustofa mengatakan di jalur Udayana, ada beberapa Musala dan hotel. Adanya sepeda motor yang menggunakan knalpot brong cukup mengganggu ketenangan dan kenyamanan masyarakat yang melaksanakan ibadah salat maupun kenyamanan tamu dari beberapa hotel yang ada di seputaran Jalan Udayana.

"Kegiatan ini sebagai upaya menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat selama bulan Ramadhan sekaligus menindak lanjuti laporan dan keluhan dari masyarakat Kota Mataram," kata Mustofa.

Penindakan yang dilakukan untuk memberikan efek jera terhadap pengguna sepeda motor knalpot brong. Juga diharapkan sebagai edukasi agar masyarakat lebih taat aturan. Untuk sepeda motor yang terjaring dalam kegiatan tersebut dilakukan penindakan tilang dan prosesnya akan diserahkan ke pengadilan.

"Sepeda motor baru bisa dikeluarkan setelah proses sidang, ya bisa saja habis lebaran tergantung jadwal sidangnya," ucap Mustofa.

Baca Juga: Kajati NTB Kantongi Calon Tersangka Baru Kasus Tambang Pasir Besi  

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya