319 JCH Telah Lunasi BPIH, Kemenag Mataram Siapkan Jemaah Cadangan 

Batas pelunasan BPIH sampai 20 Mei 2022

Mataram, IDN Times - Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram mencatat sebanyak 319 jemaah calon haji (JCH) telah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2022. Tahun ini, Kota Mataram mendapatkan kuota JCH sebanyak 401 orang.

JCH yang belum melunasi BPIH diingatkan agar segera melakukan pelunasan. Karena batas pelunasan BPIH pada 20 Mei 2022. Mengantisipasi adanya JCH yang tidak melakukan pelunasan BPIH, Kemenag Kota Mataram menyiapkan sebanyak 74 jemaah haji cadangan.

1. JCH tak lunasi BPIH diganti jemaah cadangan

319 JCH Telah Lunasi BPIH, Kemenag Mataram Siapkan Jemaah Cadangan Kepala Kemenag Kota Mataram, Muhammad Amin (IDN Times/Muhammad Nasir)

Kepala Kemenag Kota Mataram, Muhammad Amin menyebutkan JCH yang sudah melunasi BPIH di Kota Mataram sebanyak 319 orang berdasarkan data akhir pekan kemarin. Ia menyebut, JCH yang belum melunasi BPIH tinggal sedikit.

"Imbauan kita kepada jemaah yang belum supaya segera melunasi karena batasnya sampai tanggal 20 Mei. Karena kalau tidak melunasi nanti akan diisi oleh jemaah cadangan," kata Amin di Mataram, Selasa (17/5/2022).

Baca Juga: Mengejutkan! Pengakuan Gubernur Sering Jatuh Tinjau Daerah Terpencil

2. Siapkan 74 jemaah cadangan

319 JCH Telah Lunasi BPIH, Kemenag Mataram Siapkan Jemaah Cadangan Ilustrasi jemaah haji Indonesia (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Amin menyebut pihaknya menyiapkan sebanyak 74 jemaah haji cadangan untuk mengantisipasi JCH yang tidak melunasi BPIH. Sebanyak 74 jemaah haji cadangan tersebut bahkan dianjurkan untuk melunasi BPIH.

Setelah batas waktu pelunasan BPIH pada 20 Mei mendatang, biasanya ada pemberitahuan dari Kemenag RI. Apakah ada perpanjangan waktu atau tidak.

"Mungkin sebelum tanggal 20 ini nanti ada pemberitahuan dari Jakarta apakah tidak ada perpanjangan kalau yang tidak melunasi atau tidak konfirmasi itu akan diganti oleh jemaah cadangan," katanya.

Amin mengaku belum ada informasi lebih lanjut. Pihaknya masih menunggu dalam dua hari ke depan. Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan Kanwil Kemenag Provinsi NTB terkait JCH yang belum melunasi BPIH.

3. Rincian kuota JCH per kabupaten/kota di NTB

319 JCH Telah Lunasi BPIH, Kemenag Mataram Siapkan Jemaah Cadangan Suasana Haji di tengah pandemik COVID-19 tahun 2020 (Youtube.com/Makkah Live - Hajj 2020)

Provinsi NTB mendapatkan kuota JCH tahun 2022 sebanyak 2.042 orang. JCH NTB akan terbagi dalam 6 kelompok terbang (kloter). Sebanyak 2.042 JCH tahun ini akan ditambah 12 pendamping haji.

Adapun rincian kuota haji tahun ini, yaitu, Kota Mataram 401 orang, Kabupaten Lombok Tengah 331 orang, Kabupaten Lombok Timur 311 orang, Kabupaten Lombok Barat 243 orang.

Kemudian Kabupaten Bima sebanyak 228 orang, Kabupaten Sumbawa sebanyak 180 orang, Kabupaten Dompu 127 orang, Kota Bima 111 orang, Kabupaten Sumbawa Barat 68 orang dan Kabupaten Lombok Utara 42 orang.

Bagi 2.042 JCH yang berangkat tahun ini diwajibkan telah melakukan vaksinasi booster. Karena pelaksanaan ibadah haji masih di masa pandemik Covid-19. Sehingga syarat yang harus dipenuhi oleh JCH yaitu telah melaksanakan vaksinasi dosis 1, 2 hingga booster.

Baca Juga: Rumah Kakek Terduga Pelaku Pencabulan di Kota Bima Dirusak Warga 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya