18.856 Warga NTB Terdampak Banjir Bandang di Tiga Kabupaten 

Gubernur kunjungi korban banjir bandang di Sumbawa Barat

Sumbawa Barat, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB mencatat sebanyak 18.856 jiwa atau 5.199 KK terdampak banjir bandang di tiga kabupaten, yaitu Lombok Barat, Sumbawa Barat dan Dompu. Bencana banjir bandang menerjang sejumlah wilayah di NTB sejak Senin (13/2/23) hingga Selasa (14/2/2023).

Gubernur NTB Zulkieflimansyah turun ke Kabupaten Sumbawa Barat menyambangi korban banjir sekaligus memberikan bantuan, Selasa (14/2/2023). Banjir bandang di Sumbawa Barat menerjang Kecamatan Brang Rea dan Kecamatan Taliwang.

1. Gubernur berikan bantuan selimut dan sembako

18.856 Warga NTB Terdampak Banjir Bandang di Tiga Kabupaten Gubernur NTB Zulkieflimansyah meninjau korban banjir bandang di Kabupaten Sumbawa Barat, Selasa (14/2/2023). (dok. Diskominfotik NTB)

Bantuan yang diberikan kepada korban banjir bandang di Sumbawa Barat antara lain selimut, sembako, makanan siap saji, dan berbagai keperluan lainnya. Banjir bandang yang terjadi akibat hujan lebat mengguyur Kabupaten Sumbawa Barat. Namun, kondisi terakhir banjir yang menggenangi rumah warga dan jalan-jalan sudah mulai berangsur surut.

Gubernur didampingi oleh Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifuddin dan jajarannya, Forkopimda Sumbawa Baray, Kadis Kominfotik NTB, Najamuddin Amy, Kadis PUPR NTB Ridwan Syah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan NTB Abdul Aziz, Kepala Dinas Sosial NTB Ahsanul Khalik, Kepala Pelaksana BPBD NTB Ruslan Abdul Gani, Kepala BRIDA NTB Amry Rakhman dan Tim PT AMMAN Mineral Nusa Tenggara (AMNT).

"Tim kita dari provinsi sudah standby dari tadi malam," kata Gubernur Zulkieflimansyah.

Baca Juga: Seorang Anak Tewas saat Banjir dan Longsor di Lombok Barat

2. Banjir bandang menerjang 6 kecamatan di tiga kabupaten

18.856 Warga NTB Terdampak Banjir Bandang di Tiga Kabupaten Air menggenangi jalan di Kabupaten Sumbawa Barat. (dok. Istimewa)

Sementara, Kepala Pelaksana BPBD NTB Ruslan Abdul Gani banjir bandang yang terjadi sejak Senin (13/2/2023) berada di tiga kabupaten yaitu Lombok Barat, Sumbawa Barat dan diDompu. Sebanyak 22 desa di 6 kecamatan pada tiga kabupaten diterjang banjir bandang.

Di Kabupaten Lombok Barat terjadi di Kecamatan Sekotong dan Kecamatan Batulayar. Sedangkan di Dompu, banjir bandang terjadi di Kecamatan Dompu dan Kecamatan Woja. Masyarakat terdampak di Kabupaten Lombok Barat sebanyak 1.275 KK atau 2.400 jiwa, Kabupaten Sumbawa Barat 2.952 KK atau 11.800 jiwa dan Kabupaten Dompu 1.162 KK atau 4.648 jiwa.

3. Satu korban meninggal dunia, sejumlah rumah warga rusak

18.856 Warga NTB Terdampak Banjir Bandang di Tiga Kabupaten Gubernur NTB Zulkieflimansyah memberikan bantuan kepada korban banjir di Kabupaten Sumbawa Barat. (dok. Diskominfotik NTB)

Banjir bandang yang terjadi disebabkan cuaca ekstrem berupa hujan lebat yang terjadi hampir di semua wilayah NTB. Dampak banjir bandang, satu warga di Lombok Barat meninggal dunia. Selain itu, 6 unit rumah warga rusak sedang dan satu rusak berat.
Upaya yang dilakukan berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten/Kota terdampak.

Kemudian, kata Ruslan, melakukan koordinasi dengan BMKG terkait perkembangan cuaca. Serta memberikan dukungan logistik dan personil ke Kabupaten/Kota terdampak.

"Kondisi terkini di Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Dompu sudah kondusif sedangkan di Kabupaten Sumbawa Barat masih terjadi banjir," katanya.

Masyarakat diimbau untuk tetap waspada terhadap cuaca ekstrem berupa angin kencang dan hujan lebat. Hal ini berpotensi menyebabkan terjadinya bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung serta gelombang pasang.

Baca Juga: Realisasi Investasi Proyek Smelter AMMAN di Atas 51 Persen

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya