Seorang Pria di Bima Dibacok Hingga Kritis, Pelaku Tewas Diamuk Massa

Motifnya karena dendam

Bima, IDN Times - Seorang warga Desa Tangga Kecamatan Monta Kabupaten Bima berinisial SR (44) menjadi pelaku pembacokan korban berinisal AR alias Atok (45), warga Desa Sakuru Kecamatan Monta. Peristiwa itu terjadi di tengah kerumunan warga Sakuru lainnya yang tengah menggali kubur di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Sakuru.

Penganiayaan tersebut berlangsung sekitar pukul 08.45 wita, Minggu (28/11/21). Hal itu mengakibatkan korban terkapar tak sadarkan karena luka parah di bagian kepalanya.

1. Korban sedang gali kubur

Seorang Pria di Bima Dibacok Hingga Kritis, Pelaku Tewas Diamuk MassaPolisi berjaga di sekitar TKP (Dok Polres Bima)

Kasi Humas Polres Bima, Iptu Adib Widayaka WDP, dalam keterangannya mengatakan bahwa saat korban bersama warga Sakuru lainnya sedang menggali kuburan, tiba-tiba datang pelaku dengan membawa sebilah parang dari arah belakang korban.

Setelah pelaku berada tepat di belakang korban, pelaku langsung membacok korban hingga korban jatuh terkapar tidak sadarkan diri. Korban langsung dilarikan ke Puskesmas Monta untuk mendapatkan penanganan medis.

“Akibat kejadian tersebut, korban mengalami luka robek pada kepala bagian kiri,” ungkap Adib.

Karena kondisi korban yang kritis, pihak PKM Monta merujuk korbn yang masih tak sadarkan diri itu ke RSUD Bima dengan menggunakan ambulance.

2. Pelaku berusaha melarikan diri dan tewas diamuk massa

Seorang Pria di Bima Dibacok Hingga Kritis, Pelaku Tewas Diamuk MassaPolisi berjaga di sekitar TKP (Dok Polres Bima)

Sementara itu, pelaku sempat melarikan diri ke arah persawahan di sebelah timur perkampungan Desa Sakuru. Meski demikian, upaya pelaku melarikan diri tidak berjalan mulus. Karena setelah dikejar oleh sekelompok warga Sakuru, beberapa saat kemudian pelaku terkepung.

“Pelaku terkepung dan tidak bisa lari ke arah timur (Desa Tangga) sehingga pelaku kembali ke arah barat (Desa Sakuru),” terang Adib.

Pelaku sempat bersembunyi di salah satu rumah warga. Namun warga yang mengejar kemudian masuk ke rumah itu dan membawa pelaku keluar. Pelaku kemudian dipukul oleh warga yang mengejarnya hingga tewas.

“Pelaku meninggal dunia di tempat, kemudian langsung dibawa ke RSUD Bima,” Ujar Adib.

3. Motif pelaku

Seorang Pria di Bima Dibacok Hingga Kritis, Pelaku Tewas Diamuk MassaPolisi berjaga di sekitar TKP (Dok Polres Bima)

Adib mengatakan bahwa motif pelaku adalah balas dendam. Karena pada hari Rabu, 17 November 2021, sekitar pukul 09.30 wita, pada saat pelaku mengunjungi sepupunya di Desa Sakuru, pelaku dilempar oleh korban dengan menggunakan batu yang mengakibatkan luka lecet pada tangan kiri pelaku.

“Pelaku dilempar dengan menggunakan batu oleh korban karena pelaku belum bisa membayar bawang milik korban,”ungkapnya.

Sementara untuk menghindari adanya ketegangan lanjutan akibat kejadian tersebut, pihak kepolisian langsung melakukan sejumlah upaya pengamanan. Kepolisian mengimbau kepada keluarga korban tewas agar tidak melakukan aksi balas dendam akibat kejadian tersebut. Polisi juga meyakinkan keluarga korban agar penyelesaian dari kasus penganiayaan yang menewaskan pelaku itu diserahkan dan dipercayakan sepenuhnya kepada pihak kepolisian.

Saat ini polisi sedang melakukan penyelidikan terhadap pelaku pengeroyokan yang menyebabkan SR tewas

“Situasi di Desa Sakuru dan Desa Tangga pasca kejadian tersebut masih terpantau aman dan terkendali,” pungkas Adib.

Baca Juga: Sadis! Seorang Pria di Dompu Dibacok Berkali-kali Usai Nonton Hiburan

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya