Revitalisasi Pasar Cakra, Pemkot Mataram Usulkan Anggaran Rp12 Miliar

Tujuannya agar pasar rapi dan gak semerawut

Mataram, IDN Times  - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, mengusulkan anggaran sebesar Rp12 miliar ke Menteri Perdagangan untuk revitalisasi Pasar Cakranegara atau Pasar Cakra agar lebih representatif. Pasar itu selalu ramai, sehingga perlu dilakukan revitalisasi demi kenyamanan warga Kota Mataram.

Dilansir dari Antara pada Kamis (9/6/2022), Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Mataram Uun Pujianto mengatakan anggaran sebesar Rp12 miliar itu diusulkan melalui dana tugas perbantuan (TP) APBD Kementerian Perdagangan 2022. Harapannya, revitalisasi itu bisa menambah kenyamanan semua pihak yang beraktivitas di pasar.

1. Revitalisasi menyeluruh

Revitalisasi Pasar Cakra, Pemkot Mataram Usulkan Anggaran Rp12 MiliarIlustrasi Pasar (IDN Times/Besse Fadhilah)

Dengan dana tersebut, katanya, kegiatan revitalisasi Pasar Cakranegara akan dilakukan secara menyeluruh hingga rampung dengan mengoptimalkan los pasar di lantai dua. Para pedagang sembako, konfeksi, dan lainnya akan menempati los lantai dua Pasar Cakranegara, sehingga parkir kendaraan bisa masuk dan tidak ada lagi menggunakan tepi atau badan jalan.

"Jika proposal pengajuan dana untuk revitalisasi Pasar Cakranegara bisa disetujui, kegiatan fisik bisa segera dilaksanakan," katanya.

Baca Juga: 7.000 Tenaga Honorer Pemprov NTB Terancam Dihapus 

2. Pasar sempit dan semerawut

Revitalisasi Pasar Cakra, Pemkot Mataram Usulkan Anggaran Rp12 MiliarIlustrasi Pasar (IDN Times/Besse Fadhilah)

Kendaraan yang parkir di badan jalan, tambahnya, juga berdampak pada kemacetan di jalan utama yang semestinya kawasan tersebut harus steril dari parkir pinggir jalan.

"Karena itu, kita berharap usulan anggaran Rp12 miliar bisa disetujui, agar kawasan tersebut bisa tertata lebih baik dan bisa mengoptimalkan pendapatan daerah," katanya.

Dia mengatakan bahwa selama ini Pasar Cakranegara terkesan sempit dan semerawut. Sehingga dengan revitalisasi itu, Pasar Cakra bisa lebih luas dan lebih tertata rapi.

3. Berharap retribusi parkir meningkat

Revitalisasi Pasar Cakra, Pemkot Mataram Usulkan Anggaran Rp12 MiliarIlustrasi tukang parkir. nu.or.id

Dikatakan, apabila parkir sudah masuk ke areal pasar maka itu bisa mengoptimalkan pendapatan dari retribusi parkir, begitu juga dengan pedagang bisa lebih optimal memanfaatkan los di lantai dua.

"Setiap harinya, Pasar Cakranegara menyumbang retribusi sekitar Rp600 ribu. Harapannya, setelah ditata retribusi bisa meningkat," ujarnya.

Baca Juga: 11 Proyek di Kota Bima Diduga Bermasalah Berdasarkan Temuan BPK NTB

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya